Queen Seon Deok – Episode 13

Deok Man melihat Putri dan terkejut, jadi dia benar Putri..
Raja masuk dan melihat Hwa Jung yang tewas di lantai. Mi Shil bertanya apa yang mambawa Raja ke tempat ini. Raja melihat ke arah Putri dan Putri melaporkan bahwa pembunuh Kim Seo Hyun sudah ditangkap oleh Kim Yu Shin, Deok Man tidak bersalah. Raja memandang Deok Man dan Putri meyakinkan Raja.

Cheon Myeong menjelaskan tentang Deok Man pada orang tuanya. Mereka akhirnya tahu kalau Deok Man sudah berjasa menolong Putri. Kalau kau ingin membalas jasanya mengapa kau tidak mengangkatnya menjadi pengawalmu sejak semula? Putri tidak ingin Deok Man hanya menjadi pengawal. Ia ingin melatih Deok Man sampai kuat. Apa ia begitu penting bagimu tanya Raja. Kim Yu Shin dan Deok Man adalah sepasang sayap untukku kata Putri.Raja mengerti dan mengijinkan Putri merekrut Deok Man sebagai sekutunya.Raja memerintahkan untuk merawat Deok Man.

Deok Man mulai sadar dan Kim Yu Shin bertanya apa ia baik2 saja. Deok Man bangun dan bertanya apa Kim Yu Shin melihat biarawati itu, ..Kim Yu Shin membenarkan memang ia adalah Putri. Jadi itu bukan ilusi tanya Deok Man. Putri datang menemui mereka. Deok Man masih menganggap Cheon Myeong sebagai temannya sehingga ia berbicara dengan akrab, Kim Yu Shin mengingatkannya tentang aturan dan hati2 dengan cara bicara Deok Man.

Cheon Myeong mengingatkan Deok Man, saat pertama kita bertemu kau bahkan tidak menganggapku sebagai manusia apalagi seorang Putri. Cheon Myeong juga berkata Kim Yu Shin juga sama saja, tidak mengenalinya sebagai Putri. Tapi itu bukan masalah, mereka berdua telah menyelamatkan nyawanya.

Eul Jae heran saat Raja akan memberikan tugas pada Putri. Eul Jae meragukan kemampuan Putri tapi Raja yakin Cheon Myeong akan melawan Mi shil. Raja berkata ini akan melatih Cheon Myeong dan sejarah terulang kembali.

Cheon Myeong berbicara secara pribadi dengan Deok Man tentang tugas yang akan ia berikan pada Deok Man dan meminta kesetiaan Deok Man. Cheon Myeong ingin mengurangi kekuatan Mi Shil dan mengembalikan kekuasaan pada keluarga Raja. Apa yang terjadi setelah Cheon Myeong berhasil mendapatkannya tanya Deok Man. Cheon Myeong ingin mewujudkan impian kakek buyutnya Raja Jinheung, Cheon Myeong akan mencari tahu apa impian mendiang Raja Jinheung dan meminta Deok Man membantunya.

Mi Shil memperlihatkan rasa kecewanya pada Bo Jong. Mi Shil mengingatkan, jika ia membunuh berarti itu adalah seseorang yang mengganggu dan tidak bernilai. Saat orang itu menjadi berharga, Mi shil harus menariknya menjadi sekutunya. Mi Shil berkata mereka harus tahan dengan kenyataan bahwa mereka tidak memiliki darah Seonggol, sehingga mereka harus memiliki orang yang dapat dipercaya masuk ke pihak mereka.
Seol Won berkata pada Bo Jong bahwa Mi Shil adalah orang dengan takdir dari langit, itulah sebabnya mereka harus setia pada Mi Shil sepenuh hati.

Ha Jong masuk dan berkata bahwa Kim Seo Hyun dan Putri Man Myeong datang mengunjungi Mi Shil. Ha Jong berkata Kim Seo Hyun dan isterinya akan meminta Mi Shil membubuhkan cap kerajaan pada surat keputusan yang menaikkan kasta mereka menjadi Seonggol. Mi shil berkata baiklah dan ia menemui Kim Seo Hyun.

Saat Mi Shil hendak membubuhkan cap, ia memancing mengapa Kim Seo Hyun bersanding dengan Raja Jinpyeong. Mi Shil berkata Raja tidak mempunyai putra mahkota, sehingga semua orang ada di bawahnya. Kim Seo Hyun bertanya apa sebenarnya maksud Mi shil. Mi Shil ingin Kim Seo Hyun membuka topengnya, bukankah semua orang berambisi untuk naik takhta? Apakah ia menikahi Putri Man Myeong dengan alasan cinta semata atau ada maksud lain? Putri Man myeong mengingatkan Mi Shil agar hati2 dalam berbicara. Putri Man Myeong mengingatkan bahwa sekarang statusnya sudah dipulihkan dan Mi Shil hanya penjaga stempel kerajaan. Mi Shil bangun dan menghormat pada mereka. MI Shil menggulung surat keputusan itu tapi putri Man Myeong merampasnya begitu saja, Mi Shil kelihatan tidak senang.

Kim Seo Hyun sedikit khawatir dengan perkataan Mi Shil, tapi isterinya berkata tidak perlu dipikirkan mereka sekarang adalah keluarga Raja.
Mi Shil ingin mengetahui kelemahan Kim Seo Hyun. Seol won Rang memastikan bahwa pasti anaknya, Kim Yu Shin. Mi Shil ingin tahu apakah ada orang disekitar Kim Yu shin yang dapat ditarik kepihak mereka, Mi Shil juga curiga mengenai Deok Man. Seol Won mengatakan Deok Man sepertinya memiliki hubungan spesial dengan Putri Cheon Myeong.

Kim Yu shin mengetahui hubungan Cheon Myeong dengan Deok Man. Cheon Myeong merasa geli karena akibatnya ia juga mendengar semua keluhan Deok Man mengenai Kim Yu Shin. Deok Man minta masalah itu jangan dibicarakan.
Eul Jae masuk dan meminta Putri mengikutinya. Raja meminta Eul Jae menunjukkan sesuatu pada Putri.Eul Jae minta Kim Yu shin dan Deok Man menunggu sebentar.

Eul Jae membawa Cheon Myeong ke sebuah Bi Gu atau ruang bawah tanah di bawah istana Raja. Cheon Myeong baru mengetahui tempat ini. Eul Jae berkata ini tempat penyimpanan rahasia. Eul Jae berkata Raja memberi ijin Putri untuk memasuki ruangan ini kapanpun Putri mau. Putri merasa heran.

Eul Jae memperlihatkan pada Putri wasiat terakhir Raja Jinheung dan kesaksian yang diberikan Mon Noh. Raja Jinheung meminta Raja Jinpyeong menyelidiki sumber kekuatan Mi Shil. Ia yakin Mi Shil telah mencuri sesuatu dan menyimpannya untuk membuatnya berkuasa atas kerajaan dan meminta Moon Noh menyelidikinya.

Putri berkata itu karena Raja Jinheung yang sudah memberikan kekuasaan pada Mi Shil. Eul Jae juga berkata Raja Jinheung selalu keluar untuk berperang dan jarang di ibukota. Sehingga Mi shil dan Hwarang mulai menggalang kekuatan mereka.

Cheon Myeong berkata bahwa saat Raja Jinheung memerintah ada kekeringan. Eul Jae berkata saat itu rakyat tidak pernah menyalahkan langit atas setiap bencana tapi menyalahkan Raja. Raja membuat 8 persembehan dan tidak terjadi apa-apa. Tapi saat Mi shil yang sedang sakit dan demam dibawa ke altar, ia menangis, air mata Mi Shil membuka langit dan hujan mulai turun.

Eul Jae berkata karena insiden itu, rakyat menganggap Mi Shil adalah anugerah dari langit dan Mi Shil mulai berpartisipasi dalam perayaan2. Cheon Myeong berkata bukankah perayaan2 seperti itu adalah bagian dari anggota keluarga kerajaan yang wanita. Eul Jae berkata karena Raja Jinheung sering keluar berperang, sehingga Mi Shil semakin populer.

Sehingga Raja harus berbagi kekuasaan dengan Mi Shil. Putri bertanya apa Moon Noh sudah menemukan rahasianya? Belum. Eul Jae hanya menyeahkan peninggalan Moon Noh, sebuah penanggalan atau almanak.

Kemudian mereka kembali untuk menemui Kim Yu Shin dan Deok Man. Eul Jae berkata Im Jong yang mengambil alih tugas Moon Noh dan meneruskan tradisi berdoa di altar gunung Jung Ah. Eul Jae mengeluarkan buku peninggalan Moon Noh. Deok Man mempelajarinya. Eul Jae berkata Moon Noh sangat hati2 dalam bersembunyi. Dimana? tanya Kim Yu Shin, di Kuil Yeo Ha. Deok Man bertanya mengenai apa maksud bunga persik Sadaham (Mae Hwa), Eul Jae tidak mengetahuinya, mungkin tentang Mi Shil.

Deok Man bertanya apa bunga persik adalah Mi Shil. Eul Jae berkata Sadaham adalah cinta pertama Mi Shil. Kim Yu Shin berkata ini adalah cerita yang baru didengar Deok Man, Cheon Myeong berkata ia juga baru tahu. Eul Jae bercerita Mi Shil dan Sadaham saling mencintai, tapi Sadaham harus berperang, saat Sadaham kembali ia menemukan bahwa Mi Shil harus menikahi Sejong. Setelah itu Sadaham meninggal (mungkin karena merana..) bersama sahabat baiknya Mun Gwan Rang. Sadaham meninggalkan sesuatu untuk Mi Shil yaitu bunga persik. Kim Yu Shin berkata Sadaham dikuburkan di Dong bae, mungkin bunga persik melambangkan Sadaham.Deok Man tidak mengerti mengapa Moon Noh menulis hal ini? Tak seorang pun tahu

Mi Shil senang mendengar bahwa Bunga Persik Sadaham sudah menuju Silla. Seo ri berkata itu akan masuk bersamaan dengan Duta dari Cina dan pedagang asing. Mi Shil berkata, Mi Saeng akan sangat sibuk mulai dari sekarang. Mi Saeng berkata serahkan semuanya padanya.

Mi Shil bertanya kapan akan sampai, Seo Ri berkata sekitar 10 hari lagi. Sudah lama sekali sejak…
Sementara itu, Cheon Myeong heran mengapa Raja membuka semua ini padanya. Itu karena Raja ingin Cheon Myeong menyelesaikan buku yang sudah ditinggalkan Moon Noh. Eul Jae percaya bahwa buku ini akan membuat mereka mengerti sumber kekuatan Mi Shil.

Mi Saeng berkata bahwa duta dari Cina akan sampai sekitar 10 hari lagi bersama para pedagang asing. Apakah mereka membawa pesanan kita tanya Raja. Mi saeng belum mendapat konfirmasi akan hal itu. Negara mana saja yang akan datang ? tanya Raja. Cina, arab, India, dan Thailand.

Raja meminta Menteri Pertahanan untuk diberitahu mengenai kedatangan mereka dan menyiapkan keamanan. Seo Ri memberitahu para Hwarang untuk menyiapkan makanan untuk tamu asing. Seo Ri memberikan bubuk kari untuk bumbu makanan tamu dari India dan berkata hati2 karena sangat mahal.

Cheon Myeong berkata keselamatan duta dari Cina akan menjadi tanggung jawab menteri, tapi keselamatan para pedagang adalah tanggung jawab hwarang dari Il Wyol Seong Do dan Cheon Ryeong in Do. Bo Jong dan Seok Bum mengerti. Al Cheon, Seol Yeol, dan Deok Chung akan menghibur mereka. Im Jong, Hwang Yon dan Phil Tan akan memainkan musik. Dae Nam Bo dan Baek Yul akan membantu Ho Jae untuk yang lainnya.
Cheon Myeong berkata ini kesempatan untuk belajar dari para pedagang asing itu. Seok Bum bertanya mengapa Kim Yu Shin tidak ada, Cheon Myeong berkata ia sedang menugaskan sesuatu pada Kim Yu Shin.

Kim Yu Shin dan Deok Man melakukan perjalanan. Deok Man masih saja ketinggalan di belakang Kim Yu Shin. Berhenti kita istirahat sebentar kata Deok Man. Ini bukan latihan, jadi istirahat saja. Deok Man mencoba memukul Kim Yu Shin tapi dia berbalik dan Deok Man mengalihkan pukulannya. Kim Yu shin berkata Deok Man masih saja lambat.

Mi Shil minta Mi Saeng dan Seo Ri menyiapkan pembayaran untuk pesanan mereka dan meminta mereka berhenti di Kuil Yeo Ham. Mengapa Kuil Yeo Ham? tanya Seo Ri. Mi shil dengar bahwa Pendeta sedang sakit dan Mi shil ingin mendapat informasi yang jelas mengenai hal ini.

Deok Man dan Kim Yu Shin memandang tanah didepannya. Deok Man ingin tahu apa yang membuat Moon Noh begitu hebat karena ia seringsekali mendengar nama Moon Noh.
Bo Jong menemui ayahnya dan heran mengapa Mi Saeng dan Seo Ri pergi diam2. Seol Won berkata ada prosedur tetap setiap kali pedagang datang ke ibukota. Bo Jong bertanya mengenai bunga persik Sadaham. Seol Won mengingatkan anaknya agar hati2 menjaga para pedagang.

Deok Man merasa Kim Yu Shin tersesat. Deok Man bertanya apa Kim Yu Shin dapat membedakan mana Utara Selatan Timur Barat, jika ia tahu mengapa mereka ke arah sini, bisa2 mereka masuk ke wilayah Goguryeo. Saat Kim Yu Shin minum, Deok Man tertarik sesuatu. Mereka melihat Mi Saeng, Seo Ri dan beberapa pengawal ingin bertemu Pendeta. Mereka berkata bahwa Bunga Persik Sadaham sudah memasuki ibukota.

Kim Yu Shin menarik Deok Man dan mereka kembali ke istana. Kita harus memberi tahu Putri mengenai ini. Putri terkejut saat mendengar Bunga persik Sadaham memasuki ibukota.

Mi Shil memandangi sebuah pohon dan Seo Ri berkata Mi Shil takpernah berubah untuknya. Mi shil berkata di pohon inilah ia berjanji bertemu dengan Sadaham. Semua lelaki di sekitar Mi Shil selalu menginginkan sesuatu darinya hanya Sadaham yang selalu memberi pada Mi shil dan tidak pernah meminta balasan.
Mi shil bertanya apa perjalanannya berhasil. SeoRi merasa ada begitu banyak transaksi sehingga akan sedikit sulit.
Mi Shil heran saat Pendeta ingin menemuinya.Mi Saeng membawa Dae Man Bo dan berkata ia adalah kapten Baek Hu Bi Do, putranya.

Mi Shil bertanya skill Dae nam Bo di militer. Dae Nam Bo mengakui belum sehebat Bo Jong. Mi Shil mengijinkan Dae Nam Bo melewati Bo Jong. Mi Shil meminta Dae Nam Bo mengikutinya.
Kim Yu Shin dan Deok Man berusaha mendekati para pedagang untuk menyelidiki Bunga persik Sadaham. Cheon Myeong berkata mungkin akan susah karena semua sudah diatur. Deok Man bertanya apa mereka bisa menyusup di bagian hiburan, apa Kim Yu Shin bisa menari yang langsung disambut dengan gelengan kepala oleh Kim Yu Shin. Putri akan mencari cara. Deok Man sedikit kecewa.

Ha Jong membawa pamannya ke tempat para Gisaeng dan berusaha mengorek informasi apa yang dilakukan pamannya dengan para pedagang itu. Mi Saeng berbisik bahwa ada pedagang bernama Jang Dae yang akan membawakannya viagra kuno. Awalnya Ha Jong percaya tapi ia sadar sudah ditipu oleh Mi Saeng.

Putri mengatakan apa yang diketahuinya pada Raja. Raja memerintahkan Kim Seo Hyun untuk memeriksa kuil itu dan memperhatikan setiap temuan.
Deok Man dan Kim Yu Shin mengantar Kim Seo Hyun ke kuil. Pendeta kaget mengapa mereka datang malam2, Kim Seo Hyun berkata mereka curiga ada mata2 Baekje di sini. Mereka kaget ketika melihat Mi Shil. Kim seo Hyun bertanya apa yang dilakukan Mi shil di sini. Mi Shil berkata ia ingin mencari ketenangan apa itu salah. Kim Seo Hyun memeriksa semua bagian kuil dan tidak menemukan apapun. Kim Seo Hyun minta maaf karena mengganggu Mi Shil dan pergi. Deok Man melihat ke arah Mi Shil.

Kim Yu Shin berkata lain kali pasti akan menemukan sesuatu. Tidak akan ada lain kali karena Mi Shil tahu mereka mencurigai sesuatu jadi tempat ini pasti selesai.
Mi Saeng datang dan Mi Shil menyalahkannya atas kecerobohannya. Mi shil berkata mereka mencari seseorang dan bukan sesuatu. Kim Seo Hyun meminta maaf pada Raja karena tidak menemukan apapun. Deok Man berkata mereka harus mendekati pedagang karena tidak menemukan apapun. Cheon Myeong merasa ini sulit, tapi Deok Man berkeras dan bahkan ingin menyelinap.

Mi Saeng mengetahui bahwa bubuh kari yang dibawa dari pedagang sudah rusak. Ternyata dayang Sam Wyol yang telah merusakkannya.
Deok Man dan Kim Yu Shin pulang, Kim yu Shin memperingatkan jika mereka bertindak gegabah maka mereka akan gagal. Kemudian mereka mendengar tentang insiden Sam Wyol. Joo Bang tidak pernah mendengar mengenai bubuk kari. Deok Man bertanya apaah bubuk kari untuk membuat nasi kari, bagaimana Deok Man tahu tanya Joo Bang. Deok Man menjelaskan itu adalah bumbu masakan dari India yang terdiri dari 10 macam rempah2. Deok Man berkata beberapa rempah2 tidak ada di Silla. Rempah utamanya adalah kunyit tapi ia juga tidak tahu apakah di Silla ada.

Mi saeng marah karena Sam Wyol merusakkan bubuk kari, sekarang ia tidak dapat membuat makanan untuk para pedagang India. Ia ingin menjamu pedagang itu. Deok Man merasa ini adalah kesempatan. Sam Wyol menunjuk Deok Man, ia tahu mengenai bubuk kari. Benarkah? Deok Man membenarkan, kita harus menemukan Ah Chui atau kunyit. Bahkan Mi Saeng tidak tahu apa itu kunyit. Ia minta Deok Man menjelaskan pada Hwarang. Deok Man berkata kunyit memiliki aroma kuat, berwarna kuning, dan berupa umbi. Semua hwarang berusaha mencarinya ada yang memberikan jerami bahkan melon Korea ha..ha

Deok Man masih mencari kunyit kemudian Joo Bang datang memberikan Yul Geum atau kunyit Korea. Deok Man merasakannya dan menemukan rasa yang sama. Mi Saeng heran bagaimana Deok Man mengetahuinya, Deok Man berkata ayahnya adalah pedagang dan sering membawa kunyit. Mi Saeng menyeret Deok Man ke dapur dan berkata ia akan membantu membuat nasi kari. Deok Man merasa ia punya kesempatan mendekati para pedagang. Deok Man minta Joo Bang dan Go Do membantunya.

Cheon Myeong senang Deok Man berhasil menyusup masuk. Duta dari Cina datang ke istana. Mi Saeng menyambut mereka dengan bahasa Mandarin. Mi Saeng memperkenalkan Sejong sebagai tuan rumah. Duta dari Cina itu sangat senang dengan sambutan mereka dan berkata ia membawa banyak pedagang dan berharap mereka dapat bekerja sama.

Duta dari Cina itu duduk dan memasuki istana Raja. Saat memasuki istana, Deok Man yang berada di kerumunan orang mengenali Chil Sook diantara para pedagang. (surprise..surprise..So Hwa sepertinya masih hidup deh..)

sumber : kadorama-recaps.blogspot.com

Jangan lupa meninggalkan jejakmu ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s