Queen Seon Deok – Episode 36

Deok Man tahu ini strategi Mi Shil. Kim Yu Shin berkata orang2 itu hanya bertani di tanah milik keluarganya. Apa salah menghargai orang dengan membiarkan mereka bercocok tanam untuk makanan mereka karena tanah mereka dulu tandus. Kim Yu Shin berkata mereka yang kurang beruntung dan dalam situasi yang tidak adil mati karena mencari kehidupan justru dianggap kejahatan. Kim yu Shin berkata pada Seol Won bahwa ini hanya asumsi saja yang tidak punya bukti kuat. Seol Won berkata memang tidak ada bukti tapi ia akan memeriksa hal ini. Kim Yu Shin bertanya pada Seol Won apa yang harus dia lakukan. Seol Won menawarkan bantuan ia akan bekerja bersama Yu Shin sehingga Kim Yu Shin akan menjadi Pungwolju tanpa keraguan.

Deok Man bertanya apa Mi Shil yang merencanakan ini untuk menjegal pengangkatan Kim Yu Shin, padahal tidak ada bukti. Mi Shil berkata tidak ada asap tanpa api. Mi shil berkata apa Deok Man dapat membuktikan bahwa Kim Yu Shin tidak ada hubungannya dengan masalah ini. Apa Deok Man dapat mempercayai Kim Yu Shin sepenuhnya. Deok Man harus melihat Kim Yu Shin bukan hanya sebagai pribadi tetapi siapa dia, Kim Yu Shin adalah keturunan Gaya dan ia adalah keluarga pemimpin. Ini membuktikan kekuatan Kim Yu Shin tapi juga kelemahannya. Mi Shil berkata bukan Kim Yu Shin-nya tapi kekuatan yang melingkupinya dan yang harus diwaspadai Deok Man. Mi Shil berkata masalah ini tidak dapat dipisahkan dengan garis yang tegas. Mi Shil mengingatkan, suka atau tidak Kim Yu Shin harus memikul beban rakyat Gaya di pundaknya. Kim Yu Shin tidak dapat membuang mereka dan dia dapat membawa mereka ke medan pertempuran.

Deok Man bertanya apa yang Mi Shil coba tawarkan. Seol Won minta Kim Yu Shin membawa pemimpin Bo Gya Hoe, maka semua kecurigaan akan sirna. Kim Yu Shin bertanya bagaimana ia tahu siapa pemimpin Bo Gya Hoe. Seol Won berkata ia mungkin tidak tahu siapa pemimpin Bo Gya Hoe, tapi jika Kim Yu Shin berhasil menangkapnya maka akan bagus sebagai jasa untuk Kim Yu Shin. Ini akan membantu pengangkatannya sebagai Pungwolju.

Al Cheon memberi salam pada Deok Man dan Kim Yu Shin. Al Cheon heran mengapa dewan Hwa Rang keberatan dengan pengangkatan Kim Yu Shin sebagai Pungwolju. Al Cheon berkata bagaimana orang2 itu yang sudah melihat perjuangan Yu Shin dalam Bi Jae bisa melakukan itu. Bahkan orang seperti Seok Bum juga tidak protes. Kim Yu Shin berkata ini karena masalah usal usul-nya sebagai orang Gaya. Ini juga mengenai pemindahan pengungsi Gaya dari Samnyangju ke tanahnya. Kali ini mereka ingin Bo Gya Hoe. Al Cheon berkata, mereka juga menyadari Bo Gya Hoe? Kim Yu Shin berkata mereka tidak asing dengan Bo Gya Hoe. Deok Man mengerti ini adalah rencana mereka dan pihak Deok Man sudah terperangkap.

Seol Won berkata mereka akan menghadapi dilema karena tangannya sudah terikat. Mi Shil berkata Kim Yu Shin harus memberikan pemimpin Bo Gya Hoe untuk menyelesaikan masalah ini. Kim Yu Shin akan kehilangan kepercayaan dari rakyat Gaya. Seol Won berkata Jika Kim Yu Shin tidak dapat mengusir kecurigaan darinya maka ia akan gagal diangkat sebagai Pungwolju. Mi Shil setuju, ini akan menghantui Kim Yu shin dalam sepanjang hidupnya. Seol Won berkata strategi terbaik yang harus diambil Yu Shin adalah bergabung dengan Mi Shil. Tapi Seol won tidak yakin bila Yu Shin akan segera menyadarinya. Mi shil berkata mereka harus paling tidak bisa memberikan bukti atas tuduhan ini. Seol Won berkata ia sudah menempatkan orang namanya Bangso di pihak Kim Seo Hyeon. Mereka selalu berkomunikasi dengan merpati pos di Iseo. Mi Shil bertanya apa Seol Won sudah menempatkan orang ini sejak Kim Seo Hyeon masuk ke Seorabeol?

Bangso melaporkan pada Kim Seo Hyeon bahwa dewan Hwa Rang menolak pengangkatan Kim Yu shin sebagai Pungwolju. Kim Seo Hyeon bertanya apa alasan mereka. Karena mereka curiga Kim Yu Shin terlibat dengan kelompok Bo Gya Hoe. Putri Man Myeong merasa nama itu tidak asing dan Kim Seo Hyeon memotong isterinya. Dia membubarkan Bangso dll. Setelah mereka pergi, Kim Seo Hyeon berkata pada isterinya ia akan ke istana. Kim seo Hyeon minta isterinya menyimpan dekrit/perjanjian dengan hati-hati. Kim Seo Hyeon menegaskan agar semua dilakukan dengan hati-hati. Kim Seo Hyeon menuju istana dan minta anak buahnya membuat persiapan. Dia meminta Bangso tinggal sampai ia kembali. Kemudian Bangso melihat Putri Man Myeong menyimpan sebuah kotak dan ia curiga.

Seo Ji menemui resimen Yonghwa dan ia masih punya urusan dengan Joo Bang. Wyol Ya datang. Seo Ji mengumumkan ini adalah anak angkat Kim Seo Hyeon dan minta mereka memberi hormat. Semua menghormat pada Wyol Ya. Wyol Ya berkata saat Kim Yu Shin diangkat menjadi Pungwolju, ia akan menggantikan Kim Yu Shin memimpin resimen Yonghwa Hyangdo. Ia akan membantu Kim yu Shin membuat resimen ini menjadi resimen terbaik di Seorabeol. Beberapa nangdo dari resimen Yonghwa berkata Kim Yu shin menghadapi halangan untuk dipilih menjadi Pungwolju. Mereka berkata Kim Yu Shin dituduh mempunyai hubungan dengan pemberontak Bo Gya Hoe.

Raja mendapat laporan dari Kim Seo Hyeon dan kaget. Raja bertanya apa benar Yu Shin memiliki hubungan dengan pemberontak Bo Gya Hoe. Kim Seo Hyeon berkata ini strategi yang dirancang Mi Shil. Raja berkata jika mereka tahu ini akan terjadi, bukankah lebih baik mereka membiarkan Bo Jong sebagai Pungwolju daripada membiarkan mereka melancarkan strategi yang lebih bagus.

Ratu Maya menemui Deok Man dan melihat Deok Man benar2 terganggu dengan masalah Kim Yu Shin dengan Mi Shil. Deok Man juga melihat ibunya tidak tenang. Deok MAn bertanya ada apa, Ratu berkata Kim Chun Chu meninggalkan istana lagi. Deok Man berkata Kim Chun Chu tidak tinggal di istana seharipun dan menolak bertemu siapapun. Ratu berkata mereka tidak perlu terlalu mencemaskan Chun Chu, karena ia masih sangat muda. Ratu merasa Chun Chu bertingkah seperti itu karena ia merindukan ibunya dan ia juga masih muda jadi reaksi pemberontakannya ini masih dapat dimengerti.

Mi Saeng mengenalkan anggur yang berkualitas dan berumur pada Chun Chu. Dia mempromosikan bahwa anggur ini sangat bagus karena disuling dengan baik tapi tidak akan memabukkan karena kadar alkoholnya rendah dan berkata bahwa ini adalah untuk panjang umur dan awet muda.

Mi Saeng mengenalkan Cheongju pada Kim Chun Chu. Cheonju adalah anggur yang bening atau transparan seperti sake. (skr harganya 33.000 won/botol).

Mi Saeng bertanya bagaimana rasanya. Kim Chun Chu mencicipi anggurnya dan berkata bahwa saat ia merasakan kelembutan dan kekuatan anggur saat masuk ke mulut dan lidahnya dengan keharuman air. Mi Saeng senang sekali karena Kim Chun Chu tepat sekali menggambarkan rasa anggur itu. Kim Chun Chu berkata saat anggur ini disuling pasti dicampur dengan bunga dan rempah2 dalam proses dasarnya. Kim Chun Chu menebak itu pasti kamperfuli dan bunga seruni. Mi Saeng heran bagaimana anak semuda Kim Chun Chu mengetahui tentang anggur sedemikian akurat. Kim Chun Chu berkata bahwa Dinasti Sui dari Cina menyuling anngurnya dengan bunga2.

Mi Saeng memperlihatkan ketakutan karena masalah ini. Kim Chun Chu menyadari ketakutan Mi Saeng dan ia tanya apa yang Mi Saeng takutkan? Mi Saeng berkata, mereka baru saja bertemu tapi sudah seperti teman lama dengan kesukaan yang sama. Mi Saeng berkata ia dengar Chun Chu tidak bisa naik kuda, ia juga sama. Tapi Mi saeng berkata ia punya bakat di bidang lain. Mi Saeng menyesap anggurnya dan menggambarkan rasanya seperti perjalanan antara kehidupan nyata dan khayangan. Kim Chun Chu berkata ini seperti seorang wanita cantik dari tanah yang sangat jauh yang menari dengan indahnya. Dae Nam Bo tidak mengerti apa yang dibicarakan oleh ayahnya dan Kim Chun Chu. Mi Saeng berkata bahwa ia harus bertemu belahan jiwanya dan mengundang Kim Chun Chu mengikutinya.

Mi Saeng mengundang Chun Chu ke Gibang (semacam tempat hiburan). Mi saeng tahu Kim Chun Chu ingin main. Mi saeng membawa Chun Chu ke kamar private dan ia menuangkan anggur untuk Chun Chu. Kemudian Mi Saeng memerintahkan layar dibuka. Seorang wanita keluar dan Mi Saeng minta gadis itu senyum dan berputar, lalu bertanya pada Chun Chu apa pendapatnya. Kim Chun Chu berkata bahwa proporsi tubuh dan wajahnya tidak konsisten. Maksudnya? Kim Chun Chu berkata jarang kecantikan tidak bisa ditemukan pada sesuatu yang tidak simetris. Kemudian wanita ke 2, Kim Chun Chu merasa ia juga sama saja. Mi Saeng dapat melihat apa maksud Chun Chu. Kim Chun Chu berkata gadis itu tidak memiliki kecantikan yang alami. Mi Saeng berkata untuk meminta gadis yang ke-3. Mi Saeng tanya bagaimana dengan dia? Kim Chun Chu ingin gadis ke-3 itu menunjukkan tangannya. Kemudian Chun Chu memintanya berputar.
Kim Chun Chu : berbaliklah dan angkat rambut diatas lehermu.

Mi Saeng berpikir Kim Chun Chu menyukai hal ini.

Kim Yu SHin menemui Moon Noh. Moon Noh ingin mendengar hal sesungguhnya dari Kim Yu Shin. Moon Noh berjanji apapun itu, ia akan merahasiakannya. Moon Noh percaya jika Kim Yu SHin menjadi Pungwolju maka akan membawa manfaat lebih dan juga sangat berarti bagi Hwa Rang tapi bagaimanapun hubungan Kim Yu Shin dengan Gaya adalah halangan. Hal ini tidak bisa dilihat dengan sederhana seperti memberi tanah untuk bercocok tanam bagi pengungsi Gaya. Moon Noh bertanya apa benar pengungsi Gaya ada di tanah Yu Shin di Amnyangju. Kim Yu Shin membenarkan. Kim Yu Shin juga berjanji tidak akan memungut pajak untuk mereka.

Moon Noh heran bahwa Yu Shin sama sekali tidak mendapat apapun. Kim Yu shin membenarkan. Kim Yu Shin melakukannya untuk mendapatkan kesetiaan dan aliansi dengan mereka. Ia akan menggunakan aliansi itu untuk memperkuat Gaya dalam jumlah dan kemudian akan mempengaruhi politikus Silla. Kim Yu Shin tahu bahwa Gaya tidak akan pernah menjadi negara sendiri dan meskipun bisa tidak akan mendapat manfaat apapun. Kim Yu Shin percaya untuk membangun kekuatan politik yang kuat di Silla, sebagai bagian dari negeri ini, mereka akan membantu Silla meraih ambisi besarnya yaitu menyatukan 3 negara dengan terjun ke medan peperangan. Ini adalah cara agar keturunan Gaya dapat bertahan. Bahkan jika ia tidak mungkin menjadi Pungwolju, ia tidak akan mengkhianati rakyat Gaya.

Bi DAm ingat Moon Noh berkata ia tidak diperlukan di Seorabeol dan minta Bi Dam pergi dengannya dan membuat persiapan. Kemudian Moon Noh berkata Bi Dam bodoh, biarpun Bi Dam memberikan semua usahanya , Moon Noh tidak yakin Bi Dam dapat melampaui Kim YU SHin. Bi Dam bertanya pada dirinya mengapa ia harus pergi.

Moon Noh berpikir Kim Yu Shin benar2 orang hebat tapi terlalu berterus terang, yang hanya akan membawa hambatan baginya. Moon Noh berpikir apa yang harus ia lakukan.

Bi Dam pergi ke kuil Deok Il Sa. Dia pergi ke kamar Moon Noh dan mencari peta topografi, tapi ia benar2 bingung saat peta itu hilang. Ia teringat Moon Noh memarahinya saat tahu Bi Dam pergi ke kuil ini.

Wyol Ya dan Seo Ji menemui Kim yu Shin, mereka mencemaskan keberatan atas pengangkatan Yu SHin sebagai Pungwolju. Seo Ji mengatakan ia bersedia ditangkap sebagai pemimpin Bo Gya Hoe. Wyol Ya berkata mereka tidak punya pilihan. Ini demi pengangkatan Kim Yu Shin. Jika Kim Yu Shin melepaskannya, ia akan terbukti bersalah dengan tuduhan mereka. Seo Ji minta Kim Yu Shin membuat keputusan dan tidak memikirkannya lagi.

Kim YU Shin bertanya mengapa mereka bereaksi seperti keinginan Mi Shil. Apa pantas membersihkan kesalahan dengan mengorbankan seseorang di altar. Wyol Ya berkata mereka tidak punya pilihan. Jika mereka dipaksa untuk menyerahkan sesuatu, paling tidak mereka harus memotong kekalahannya sedikit mungkin. Kim yu Shin bertanya apa mereka harus menyerah pada kekuatan yang lebih besar mereka tidak menyadari bahwa mereka perlu bersatu untuk menjadi kuat dan menjadi dasar ambisi besar mereka. Seo ji juga tahu itu tapi kondisinya meminta demikian. Ini satu2nya pilihan yang dapat mereka ambil. Wyol Ya minta Yu shin berpikir dengan skala luas. (Tirza : istilah forexnya, dg time-frame yang lebih besar he..he)

Kim Yu Shin menemui Deok Man dan Mi Shil. Ia berniat mundur dari pencalonan. Deok Man heran dan Mi Shil senang. Kim Yu Shin berkata ini akan menyelesaikan semua keraguan. Mi Shil bertanya apa hanya ini yang bisa ditawarkan Kim Yu Shin. Kim Yu Shin berkata ia percaya Mi Shil akan mengangkat Bo Jong sebagai Pungwolju tapi dia ingin tahu berapa yang akan menerima keputusan itu. Kim yu Shin mengingatkan bahwa semua menyaksikan apa yang terjadi di Bi Jae. Kim Yu Shin berkata ia sudah memperoleh hak untuk menjabat Pungwolju dari kemenangan Bi Jae dan kemudian digagalkan dengan situasi dan keputusan yang memberatkan pengangkatannya. Kim Yu Shin bertanya bagaimana mereka akan mengurusnya. Seol Won Rang menyerahkan pada Deok Man sebuah dokumen yang sudah ditulis Kim Yu shin untuk Bo Gya Hoe. Deok Man membukanya dan ia terkejut. Mi Shil berkata bahwa dokumen ini akan menjelaskan situasinya dan bukti semua keraguan.

Putri Man Myeon berkata pada suaminya bahwa dokumen itu hilang. Kim Seo Hyeon : apa maksudmu dokumen itu hilang?! Putri Man Myeong berkata mengenai dokumen tentang pajak tanah itu. Putri Man Myeong takut menyembunyikan dokumen itu di dalam rumah, makanya ia sembunyikan dalam kamar Mun Hee. (Pertama kalinya nama Kim Mun Hee disebut, ia adik perempuan Kim Yu Shin, kelak akan menikah dengan Kim Chun Chu dan menjadi Ratu Munmyeong)

Anak buah Kim Seo Hyeon melaporkan bahwa salah satu teman mereka Bangso menghilang. Kim Seo Hyeon kaget dan putri Man myeong bertanya apa sudah diperiksa dibagiannya. Orang itu berkata, Bangso menghilang dengan semua teman dekatnya.

Deok Man kaget dengan apa yang sudah ia baca. Seol Won menjelaskan dokumen itu adalah bukti bahwa Kim yu Shin dengan sengaja tidak memungut pajak atas tanah Amnyangju. Seol Won berkata tidak peduli sebaik apa niat Kim Yu Shin, tapi bukankah ini berarti juga mendanai Bo Gya Hoe. Mi Shil melihat Yu Shin dengan pandangan menang.

Al Cheon bertanya bagaimana dokumen itu jatuh di tangan Mi Shil. Kim Yu Shin curiga mereka telah mencurinya dari rumah keluarganya. Al Cheon curiga dengan niat mereka, seharusnya mereka langsung menangkap Kim Yu Shin ke kementrian militer dan pertahanan. Tapi mengapa mereka hanya memperlihatkannya saja pada Yu Shin dan Deok Man. Deok Man berkata sejak awal mereka tidak akan menangkap Yu Shin. Kim Yu Shin ingat Mi Shil tidak berniat bermusuhan dengannya. Al Cheon heran, lalu apa? Deok Man berkata Mi Shil menginginkan Kim Yu Shin. Al Cheon shock. Deok Man kesal dan berkata dalam hati, ini yang paling membuatku kesal. Deok Man dan Yu Shin berpikir. Moon Noh juga sepertinya sudah membuat suatu keputusan dan meninggalkan kediamannya.

Deok Man menemui Kim Yu SHin. Deok Man berkata mereka harus menyerahkan Seo Ji sebagai pemimpin Bo Gya Hoe. Kim Yu Shin menolaknya. Deok Man berkata mereka tidak punya pilihan lain. Kim Yu Shin berkata, sekali mereka menyerahkan Seo Ji, maka Mi Shil akan meminta yang lainnya dan akan terus berlanjut sampai semua keinginan mereka terpenuhi. Deok Man berkata itu harus dilakukan.

Kim Yu Shin bertanya apa Deok Man tahu artinya, jika mereka menyerahkan Seo Ji maka akan membuktikan bahwa pengungsi Gaya terlibat dengan Bo Gya Hoe dan jika Kim Yu Shin masih gagal meyakinkan mereka, kemudian mereka akan meminta orang2 di Amnyangju, satu demi satu akan dituduh memberontak. Bi Dam dan Moon Noh tidak sengaja mendengar percakapan mereka. Jika ia terus menolak, maka satu demi satu orang2nya akan dibantai. Kim Yu Shin minta Deok Man menyadari bahwa orang2 Gaya Kim Yu Shin adalah bagian dari orang2 Silla milik Deok Man. Yu Shin bertanya apa Deok Man akan membuang mereka? Deok Man bertanya apa ia harus melepaskan Kim Yu Shin. Deok Man berkata hanya karena ia tidak pernah mengatakannya pada Kim Yu Shin, apa Kim yu Shin pikir ia tidak memiliki perasaan terhadapnya.

Kim Yu Shin menjelaskan bahwa perjalanan ini adalah sesuatu yang harus diputuskan Deok Man. Apa menjadi Ratu itu mudah. Kim Yu SHin minta ia menjaga rakyatnya dengan bijak dan bukan hanya dengan tangan besi. Kim Yu Shin berkata rakyat harus dilindungi dan itu yang diharapkan rakyat pada penguasanya, yaitu nyawa mereka dilindungi dan untuk mencapai itu, maka ia harus melakukannya dan ia berharap Deok Man akan melakukan hal yang sama. Deok Man bertanya lalu bagaimana dengan aku. Kim Yu Shin memberikan realita, ini adalah jalan yang harus ditempuh Deok Man sendiri.

Deok Man pergi dan Moon Noh menemui Kim yu Shin. Moon Noh berkata ia mendengar percakapan mereka secara kebetulan. Moon Noh bertanya apa mereka perlu mendapatkan hati rakyat untuk meraih dunia. Ini karena penguasa perlu memiliki fondasi dari rakyat yang mendukungnya. Orang tidak dilahirkan sebagai pahlawan, tapi dibentuk oleh orang2 disekitarnya.Moon Noh berkata apa yang ia katakan pada Putri Deok Man mungkin tidak akan membuatnya senang. Menjadi penguasa bukan hal yang mudah. Kemudian Moon Noh bertanya mengenai pilihan lain yang dikatakan Putri Deok Man.

Deok Man menangis terisak dan Bi Dam datang dan melihatnya menangis. Bi Dam mencoba bertanya ada apa (padahal ia sudah tahu). Deok Man bergumam ia tidak sama dengan Mi Shil dan bersumpah tidak akan pernah menjadi seperti Mi Shil. Bi Dam tidak mengerti perkataan Deok Man. Bi Dam minta Deok Man menjelaskan maksudnya. Deok Man mengaku bahwa ia tidak akan pernah sanggup melepaskan Kim Yu Shin tapi ia tidak bisa mengaku kenyataan bahwa ia menyukai Kim Yu Shin dan harus merelakan semuanya terjadi. Bi Dam mencoba menghibur Deok Man tapi ia ragu-ragu, tapi akhirnya ia memegang bahu Deok Man dan menenangkan Deok Man yang menangis.

Moon Noh bertanya apa ini yang direncanakan Kim Yu Shin dan apa ia bisa melakukannya. Kim Yu shin berkata ini yang harus ia lakukan. Kim Yu Shin membungkuk dan pergi. Bi Dam meninggalkan kediaman Deok Man. Moon Noh berpikir apa Deok Man benar2 memiliki kehendak langit atau ia salah menilainya dari awal bahwa langit memiliki rencana lain. Moon Noh bertanya apa itu adalah Kim Yu Shin. Bi Dam menemui Moon Noh. Moon Noh bertanya apa yang dipikirkan Bi Dam dengan masalah ini. Bi Dam justru menanyakan bukunya. Moon Noh tanya apa Bi Dam pergi ke kuil Deok Il Sa lagi. Bi Dam bertanya buku itu miliknya atau bukan. Moon Noh berkata Bi Da benar2 bodoh dan bagaimana dia bisa berubah menjadi demikian, lalu Moon Noh jalan melewatinya.

Ha Jong meminta klarifikasi dari Bo Jong apa benar Mi Saeng benar2 mengatakan itu. Bo Jong mengiyakan. Mi Shil bertanya apa yang dikatakan Mi Saeng. Se Jong berkata sepertinya Kim Chun Chu menyukai Bo Ryang. Mi Saeng sudah minta Bo Jong dan Seol Won Rang untuk mengatur pertemuan mereka. (Bo Ryang adalah putri Bo Jong dan Putri Yang Myeong)

Seol Won heran Chun chu tertarik dengan Bo Ryang. Bo Jong membenarkannya. Ha Jong bertanya mengapa harus Bo Ryang, ia juga punya anak perempuan yang cantik untuk diperkenalkan. Mi Shil berkata itu benar dan bertanya dimana Mi Saeng sekarang. Bo Jong berkata dia sudah pergi lagi dengan Kim Chun Chu. Mi Shil bertanya apa Kim Chun Chu benar-benar senang dengan Mi Saeng. Bo Jong berkata, menurut Dae nam Bo mereka menyebut satu sama lain sebagai teman abadi. Mi Shil tertawa.

Mi Saeng berkata pada Chun Chu bahwa ada beberapa hal yang dapat dibandingkan dengan wanita dan anggur, tapi jika mereka mencari kesenangan, maka tidak bisa dibandingkan. Kim Chun Chu bertanya apa itu. Mi Saeng berkata ia akan menunjukkannya. Sementara itu Bi Dam mengikuti Moon Noh kemudian ia melihat Mi Saeng mengajak Kim Chun Chu ke tempat hiburan. Mi Saeng membayar biaya masuk dan mengajak Chun Chu masuk, tapi ia ditahan karena Mi Saeng hanya membayar untuk satu orang. Mi Saeng marah, bagaimana ia bisa minta Chun Chu membayar. Mi Saeng menunjukkan kekuasaannya. Akhirnya mereka mengijinkan Mi saeng dan Kim Chun Chu masuk. Mi Saeng tampak akrab dengan semua staf, sepertinya Mi saeng mengajak Chun Chu ke casino Silla. Bi Dam mencoba menyelinap ke dalam casino melalui kincir air dan berhasil masuk.

Mi Saeng menjelaskan pada Kim Chun Chu bahwa permainannya sungguh mudah. Mereka bermain dadu Juryeonggu, dadu 14 sisi, dengan no 1-7 yang diukir di kedua sisinya. Ada 2 dadu dalam mangkuk.

Kim Chun Chu merasa ia tahu cara mainnya, ia harus bertaruh diantara no 2 sampai 14. Mi Saeng memuji kecerdasan Chun Chu. Mi Saeng berkata mereka cocok sekali. Mi Saeng minta Kim Chun Chu mencoba bertaruh. Chun Chu berkata ia akan memilih no.5

Setelah dadu dikocok dan dibuka, ternyata keluar no 4 dan 1, jumlahnya 5. Mi Saeng senang dan berkata Chun Chu benar2 beruntung. Mi Saeng bertanya apa taruhan Chun Chu berikutnya. Kim Chun Chu minta no9. Mi Saeng berkata ia akan bertaruh no 8 untuk Chun Chu. Saat dadu dikocok, terlihat no 4 dan 5, jmlnya 9. Mi Saeng berkata jadi keberuntungan benar2 ada pada Kim Chun Chu. Kim Chun Chu bertaruh no 12. Mi saeng bertanya dimana Yeom Jong. Dijawab ia ke pelabuhan. Yeom Jong sepertinya bandar langganan Mi Saeng. Sepertinya Mi saeng sengaja mengatur agar Chun Chu menang.

Bandar itu berkata Mi Saeng tidak perlu cemas, Mi Saeng menunjuk Kim Chun Chu, anak muda dengan alis yang tebal itu harus menang terus dengan cara apapun. Bandar itu mengerti. Saat dadu dikocok, keluar angka 5 dan 7 jmlnya 12. Mi Saeng berlagak terkejut sekali dengan kemenangan Chun Chu. Mi Saeng kemudian mencoba bertaruh no 12. Bi Dam masuk ke casino dan heran apa yang dilakukan Moon Noh disini. Kim Chun Chu menang terus dan sekarang telah menarik banyak orang untuk melihat. Bi Dam mencoba menarik perhatian Chun Chu saat Mi Saeng mengalihkan perhatiannya. Bi Dam berusaha tidak terlihat Mi Saeng. Bi Dam kemudian mencoba memberi isyarat pada Chun Chu bahwa permainan ini sudah diatur, dan Kim Chun Chu berkata ia sudah tahu. (Tirza: wow..this cutie pie is indeed genius and smart) Bi Dam pergi dengan tersenyum.

Mi Shil bertanya pada Seol won apa yang dilakukan Kim Yu Shin. Seol Won berkata, baik Kim Yu Shin maupun Putri Deok Man ada di kediamannya masing2. Mi Shil berkata ia belum mendengarnya. Mi Shil berkata apa yang dikatakan Kim Yu Shin akurat. Jika mereka menangguhkan pengangkatan Yu Shin maka mereka harus mengumumkan pada publik tentang dokumen ini. Jika mereka melakukannya, mereka tidak akan pernah mendapat Kim Yu Shin, kata Seol Won. Mi Shil ingat bahwa Yu Shin pernah berkata jika Mi Shil menginginkannya ia hanya akan mendapat mayatnya. Hanya ini yang bisa ditawarkan Yu Shin pada Mi Shil, Yu Shin tidak akan pergi pada Mi Shil hidup2.

Putri Man Myeong berkata mereka memaksa Yu Shin bergabung. Yu Shin berkata ia tahu benar apa maksud mereka. Kim Seo Hyeon berkata karena Yu Shin sudah tahu mereka tidak akan minta apapun dari anaknya. Orang tua Kim Yu Shin memperlihatkan kepercayaannya pada putra mereka, Yu Shin pasti mampu memutuskan masalah ini.

So Hwa menghibur Deok Man, Deok Man menceritakan semuanya yang dikatakan Kim Yu Shin pada So Hwa. Ini adalah pilihan yang Deok Man ambil, biarpun itu diluar kehendaknya. Kim Yu Shin benar. Deok Man berkata jika ia ingin memiliki Kim Yu Shin sendiri, maka ia akan kehilangan dan membuang begitu banyak orang dan bahkan jika Deok Man melakukan itu untuk memiliki Kim Yu Shin, maka Kim Yu Shin akan meninggalkannya karena tindakan Deok Man itu. Dia tahu benar itu. So Hwa menasihati Deok Man bahwa ia harus membiarkan hatinya menuntun, apa yang hatinya lihat dan dengar, dan melihatnya lagi. Sepertinya So Hwa berbicara pada dirinya sendiri mengenai Chil Sook. Seorang pelayan Putri Deok Man bertanya apa ia perlu mengumumkan kedatangan Kim Yu Shin karena ia sudah berdiri lama disini. Kim Yu Shin berkata tidak perlu dan pergi.

(Kediaman Deok Man adalah lokasi taman Dae Jang Geum )

Kim Yu Shin duduk untuk memikirkan apa yang akan ia lakukan. (Kim Yu Shin meloncat dari taman Dae Jang Geum di Yangju, dekat Seoul ke Shilla Millenium Park di Gyeongju he..he)

Seol Won menemui Kim Yu Shin dan bertanya apa tujuan kedatangan Yu Shin. Kim Yu Shin berkata ia harus bertemu Mi Shil. Seol Won bertanya apa Kim Yu Shin sudah membuat keputusan. Sementara itu, Deok Man mendapat laporan bahwa Kim Yu Shin berdiri di luar kediamannya dan ia pergi. So Hwa heran mengapa ia tidak mengumumkan kedatangannya. Pelayan itu berkata Kim Yu Shin melarangnya untuk mengumumkan kedatangannya tapi ia berdiri lama sekali kemudian langsung pergi. Deok Man menyadari dalam hatinya apa yang akan dilakukan Kim Yu Shin dan itu menyakitkannya, kemudian ia keluar dari kediamannya. So Hwa mengikuti Deok Man.

Bi Dam mengikuti Moon Noh, saat beberapa pedagang kembali dan penjaga memberi salam. Pedagang itu, Yeon Jong bertanya apa ada yang harus dilaporkan. Penjaga bilang, Moon Noh disini. Bi Dam menajamkan pendengarannya. Yeom Jong memasuki casino. Bi Dam mengikutinya ke sebuah ruangan dimana Moon Noh menunggu. Ia minta maaf karena Moon Noh sudah menunggu lama. Moon Noh dengar ia dari pelabuhan Gaeunpo (sekarang Ulsan).

Yeom Jung berkata bahwa Pil Seon baru kembali dari Goguryeo dan ia membawa informasi baru dan bertanya apa ia perlu mengatakannya pada Moon Noh. Moon Noh berkata ia akan mendengarkan informasinya nanti tapi pertama mereka harus melengkapi topografi dan geografi dari 3 kerajaan. Bi Dam terkejut saat mendengar topografi 3 kerajaan. Yeom Jong heran bahwa mereka harus melengkapinya. Moon Noh berkata ia harus segera menyelesaikan bab terakhir dan melengkapi topografinya. Yeom Jong berkata Moon Noh pernah bilang bahwa ini harus menunggu waktu yang tepat untuk menyelesaikannya. Moon Noh berkata pemilik buku ini sudah muncul.

Yeom Jung heran bahwa ada pemilik buku ini, bukankah Moon Noh yang menyusunnya, bagaimana mungkin ada pemilik buku2 ini. Apa orang itu bisa dipercaya untuk memiliki buku2 ini. Yeom Jong mengingatkan usaha yang sudah dikeluarkan untuk menyusun buku ini dan sekarang Moon Noh akan memberikannya pada orang lain. Moon Noh menjelaskan bahwa orang itu adalah orang yang paling jujur. Bi Dam menebak dari apa yang digambarkan Yeom Jong orang itu Moon noh. Tapi Moon Noh berkata tidak. orang itu kata Moon Noh dapat menggerakkan dan menyentuh hati rakyat. Moon Noh berkata demi kebanggaannya, kebesarannya sendiri, dan keuntungannya dia memalingkan punggungnya dari dunia untuk lari dari kenyataan. Tapi orang ini tidak seperti dia. Seperti apa dia, tanya Yeom Jong. Moon Noh berkata bahkan jika orang ini ditenggelamkan dalam kotoran, dia akan tetap berkeras untuk melindungi keluarga dan bangsanya.

Bi Dam kaget, dia menyadari bahwa Moon Noh berbicara mengenai Kim Yu Shin. Yeom Jong bertanya apa orang ini layak dipercaya bahwa Moon Noh percaya padanya. Moon Noh bertemu Yu Shin dan bertanya apa lagi yang bisa dilakukan Kim yu Shin mengenai masalah ini. Kim Yu Shin : Aku akan berlutut dihadapan mereka, dan bukan itu saja, aku akan merendahkan diriku jika mereka minta, aku akan merangkak pada mereka jika mereka minta, bahkan jika mereka ingin aku menjilat kaki mereka, aku akan melakukannya. Semua penghinaan ini tidak berarti baginya. (Tirza: sigh..begitulah cara Kim Yu Shin mencintai Deok Man dan rakyatnya…dia benar2 Jenderal besar)

Kim Yu Shin menemui Mi Shil di koridor dan Deok Man juga sampai di koridor. Kim Yu Shin berlutut di hadapan Mi Shil yang membuat Deok Man kaget, ia hampir jatuh dan So Hwa memeganginya. Sementara itu Moon Noh berkata pada Yeom Jong bahwa ia memutuskan untuk bertaruh pada Kim Yu shin setelah melihat keputusan Kim Yu Shin. Moon Noh berkata sejak awal ini adalah sesuatu yang tidak ia bayangkan. Bi Dam benar2 terlihat kesal karena ia sudah dikalahkan oleh Kim Yu shin sebagai pilihan Moon Noh.

Mi shil yang melihat betapa terpukulnya Deok Man melihat ini, dengan ringan bertanya, apa maksud Kim Yu Shin. Kim Yu shin berkata ia disini berlutut untuk memohon Mi Shil menyelamatkannya. Mi Shil tidak tahu apa maksudnya menyelamatkan Kim Yu Shin. Mi Shil mengingatkan bahwa Kim Yu Shin pernah berkata jika ia berharap mendapatkan kesetiaan Yu Shin, Mi Shil hanya akan mendapatkan jasadnya. Kim Yu Shin berkata ia masih mempercayainya. Mi Shil kemudian bertanya lalu apa ini. Kim Yu Shin berkata saat Mi Shil mengusir rakyat Gaya ke Samnyangju, dan sekarang dia akan menuduh mereka dengan kejahatan yang akan membawa pada kematian. Mi Shil mengakui ia mungkin dan sepertinya ia akan melakukan itu. Kim Yu shin berkata saat ini ia dapat menerima kematiannya sendiri tapi ia tidak akan pernah menerima pengorbanan nyawa yang tidak bersalah untuk kepentingannya. Mi Shil bertanya apa Kim yu Shin datang padanya untuk menyelamatkan nyawanya.

Kim Yu Shin membenarkan bahwa dia sekarang siap menerimanya dan mengakui dimana ia berdiri dan apapun yang tidak menjadi miliknya, dia berencana akan meninggalkannya, itulah sebabnya Kim Yu shin berharap bergabung dengan Mi shil.

Mi Shil tertawa bahwa Kim Yu shin ingin datang ke dalam pelukannya. Mi Shil: pelukanku..ke dalam pelukanku? Mi Shil menyombongkan diri pada Deok Man bahwa Kim Yu Shin ingin datang ke pelukan Mi Shil. Mi Shil mengakui, jika ia masih muda dia berharap untuk memiliki Kim Yu Shin untuk dirinya sendiri, tapi sayangnya ia sudah tua. Mi shil menyarankan sebagai simbol bergabungnya Mi Shil dengan Kim yu Shin, dia minta Kim Yu Shin menikah dengan keluarganya : Yeong Mo

Kim Yu Shin : Ya, aku akan melakukannya

Deok Man kaget dengan jawaban yang diberikan.

sumber : kadorama-recaps.blogspot.com

Jangan lupa meninggalkan jejakmu ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s