Queen Seon Deok – Episode 54

Ratu pergi, Al Cheon mengikutinya. Kim Yu shin berserah pada nasibnya. Ratu berhenti sejenak dan berkata ini benar Kim Yu shin tidak tahu apa2.

Kim Yu shin diborgol. Bi Dam menanyai Yu Shin, Yu shin pasti tahu dimana Wyol Ya sekarang. Bi Dam minta Yu shin mengatakannya. Yu Shin diam saja. Mengapa kembali? Kalau tidak mau mengungkapkan keberadaan Bo Gya Hoe? Mengapa Yu shin kembali pada Ratu. Ratu datang. Bi Dam dan Kim Yu shin berdiri menghormat. Ratu minta Bi Dam keluar dulu. Saat Bi Dam akan keluar, Ratu berkata Bi Dam benar. Ratu berkata Kim Yu shin mengakui kejahatan Bo Gya Hoe, tapi masih melindunginya, Bi Dam keluar setelah senang dengan apa yang ia dengar.

Ratu berkata bukankah ini sangat serakah dan egois, apa Kim Yu shin pernah memikirkan betapa susahnya pilihan untuk pengambilan keputusannya? Ratu tanya apa Yu Shin menginginkan takhta Silla. Kim Yu shin kaget dengan perkataan Ratu, jika tidak mengapa Yu shin melindungi Bo Gya Hoe yang minta Yu shin meraih takhta. Penguasa mana yang akan membiarkan organisasi bawah tanah seperti Bogya hoe tetap ada. yu Shin berkata Ratu ada benarnya mengenai Bo Gya Hoe, tapi harus dipetimbangkan keturunan Gaya, jika Ratu gagal membuat keturunan Gaya setia padanya, maka penyatuan Silla akan gagal. Yu shin tidak ingin keturunan Gaya disingkirkan dan ia juga tidak berharap Ratu akan memerintah Gaya dengan kebencian. Yu Shin memohon pada Ratu.

Ratu berkata rakyat Gaya harus berintegrasi dengan Silla tapi tidak termasuk Bo gya Hoe. Ratu memanggil Bi dam. Bi Dam masuk dan memberi hormat. Ratu memerintah Bi Dam untuk mengerahkan tenaga mencari Wyol Ya dan Bo Gya Hoe. Bi Dam mengiyakan. Kim Yu shin kaget.

Wyol Ya heran mengapa Yu shin menyerahkan diri. Seo ji membenarkan. Wyol Ya kesal dimana ia bisa bertemu orang sebodoh itu. Seo ji tanya lalu apa yang harus mereka lakukan. Wyol Ya memerintahkan untuk meneruskan pengawasan pada situasi di istana dan semua pergerakannya dan jika ada konsekuensi yang mungkin timbul mereka harus bersiap. Seo ji mengerti.

Kim chun Chu tanya apa keputusan Ratu mengenai Kim Yu Shin. Ratu terlihat kesal. Chun Chu mengingatkan, jika Kim Yu shin tidak ada maka keseimbangan kekuatan akan bergeser ke Bi Dam dan sekutunya dan mereka tidak boleh membiarkan ini.

Ratu merasa Bo Gya Hoe ingin menjadikan Yu Shin sebagai Raja, dan apa Kim Chun Chu berpikir ia terlalu mempercayakan militer Silla pada satu orang saja. Kim Chun Chu membenarkan, tapi apa jadinya jika Bi Dam menguasai dewan? Ratu berkata apa Kim Chun Chu mengerti mengapa ia harus membasmi Bo Gya Hoe.

Ratu berkata ia sangat percaya Kim Yu Shin, tapi masalahnya adalah pada penggantinya kelak. Penggantinya harus bisa mengendalikan semua, istana, dewan, militer, tidak peduli itu Kim Yu Shin atau Bi Dam atau orang lain. Kim Chun Chu adalah Jingol, biarpun ia mengaku keturunan Putri Cheon Myeong pun jika Chun Chu tidak mempunyai kemampuan mengatur negri ini atau dewan, kau akan susah naik takhta. Tidak peduli tanganmu berlumuran lumpur atau darah atau dengan Bi Dam dan Kim Yu Shin, Kim Chun Chu harus menguasai dan mengatasi mereka sehingga takhta aman dalam tangannya.

Ratu berkata pada Kim Chun Chu, dia harus keluar dari bayang2nya dan menuju ambisi besar untuk menguasai 3 negara. Semua intrik politik membuat Ratu kesal karena memperlambat proses penyatuan 3 negara.

Dalam sidang Ratu memerintahkan Kim Yu shin diturunkan dari jabatannya dan dikirim ke perbatasan. Yaitu ke Wu San Guk (sekarang Pulau ulleung)

Ho Jae berkata biarpun ini sangat berat tapi pengucilan ini sangat keras. Bangsawan Jujin berkata mereka harus mempertimbangkan jasa militer Kim Yu Shin. Phil Dan menambahkan Yu shin kembali dan menyerahkan diri. Baek Eui berkata tidak ada bukti Yu shin terlibat dengan Bo Gya Hoe, sedang Seol Yun berkata Kim Yu shin adalah Sang Janggun mereka, jadi harus diselidiki lebih lanjut lagi. Ratu berkata tidak akan ada penyelidikan lagi. Ratu memerintahkan agar Kementrian Audit membersihkan operasi Bo Gya Hoe dan kementrian lain harus memberikan bantuan untuk Auditor.

Al Cheon berkata pada Yu Shin ia sudah diasingkan. Al Cheon berkata Ratu bukannya tidak percaya pada Yu Shin tapi Ratu marah pada Yu Shin. Ratu memberikan kepercayaan-nya pada Bi Dam dan Kim Yu Shin sebagai tangannya untuk melaksanakan tugas Ratu menjaga kualitas hidup rakyat. Al Cheon berkata, semua ini bisa hancur karena Kim Yu Shin yang keras kepala. Kim Yu Shin mengerti kebodohannya. Al Cheon tanya mengapa Yu Shin menolak menyingkirkan Wyol YA. Kim Yu shin berkata tidak peduli itu Ratu atau Al Cheon, Yu Shin malu bertemu mereka.

Go Do merasa ini omong kosong semua. Anak buah Kim Yu Shin menyatakan ketidak puasan mereka. Im Jong bahkan berkata bahwa Komandan pasukan berencana untuk mengajukan petisi pada Ratu. Go Do tidak yakin kekuatan petisi itu. Ia lebih tidak mengerti mengapa Ratu melakukan ini pada Kim Yu Shin. Guk San Heun dan Dae Pung berkata mereka harus menemui Ratu secara pribadi.

Putri Man Myeong berlutut di luar kediaman Ratu. Ratu bertanya apa tujuan Putri Man Myeong. Ibu Kim Yu Shin memohon hukuman Ratu pada Yu Shin terlalu berat dan tidak adil. Ratu minta Putri Man Myeong pergi. Putri Man Myeong tanya bagaimana Ratu bisa begitu kejam menyingkirkan Yu Shin. Go Do, Guk San Heun dan Dae Pung datang dan ikut berlutut. Putri Man myeong minta Ratu mempertimbangkan jasa2 Yu shin selama ini. Guk San Heun dkk juga tahu persis Kim yU SHin tidak akan pernah mengkhianati Ratu.

Ratu tanya apa mereka pikir ia menghianati Kim Yu Shin? Go Do berkata bukan itu maksud mereka, tapi Ratu sudah..Ratu berteriak pada mereka, Kim Yu Shin adalah orang yang melanggar batas disini. Apa hanya Ratu yang harus mengerti Yu Shin, kenapa Yu Shin tidak mengerti dirinya. Mengapa Kim Yu Shin menolak menyerahkan mereka dan membuatnya dalam posisi sulit. Ratu kembali ke kediamannya dengan marah. Go Do dll berteriak pada Ratu. Putri Man Myeong kecewa.

Bi Dam datang menghadap Ratu yang masih kesal. Bi Dam tanya Kim Yu Shin tetap di Seorabeol atau Ratu mungkin merasa terlalu berat. Bi Dam mencoba menenangkan Ratu dengan mengulurkan tangannya ke arah Ratu tapi Ratu minta Bi Dam menyingkirkannya. Maksud Ratu Kim Yu shin, dan bukan tangan Bi Dam, Ratu berkata mengingat Bo Gya Hoe sudah mengacaukan istana, Ratu minta Bi Dam mengajukan rencananya. Bi Dam mengerti dan Ratu pergi.

Joo Bang menemui Go Do yang kesal. Joo Bang menghibur Ratu tidak punya pilihan lain. Guk San Heun berkata mereka adalah pasukan Kim Yu Shin, jika Kim Yu Shin tidak ada lagi disini tidak ada artinya mereka tetap di kementrian Pertahanan. Joo Bang memarahi mereka, bodoh! Tutup mulut kalian dan tetap di tempat. Suasana sudah kacau tidak perlu ditambahi dengan ocehan kalian. Dae Pung tanya apa Joo Bang sudah tidak punya hati. Go Do kesal dan meminta Joo Bang minggir. Joo Bang mengeluh, anak2 itu tidak mengerti apapun. (Tirza: Joo Bang semakin bijak..ia tahu hati Ratu)

Yeom Jong berkata Ratu menugaskan Bi Dam menyusun ulang SDM di istana, bukankah berarti Ratu sangat percaya pada Bi Dam. Mi Saeng berkata ini kesempatan untuk menyarankan ikatan pernikahan. Ha Jong berkata setiap kali masalah ini diajukan, akan berakhir dengan penolakan. Mi Saeng berkata manusia itu akan berubah dengan waktu, siapa tahu dan Mi Saeng melihat Bi Dam (berarti selama ini setiap mrk usul agar BD mengajukan pernikahan, BD menolak? hehe) Bi Dam berkata agar mereka menyiapkan proposal penggantian jabatan. Seol Won berkata, Bangsawan Jujin sebagai Menteri Pertahanan dan Al Cheon sebagai SangJanggun dengan Phil Dan.

Bangsawan Do Yeol di benteng Bi Sa dan Bangsawan Seong Chun di Benteng Hando.

Ratu merenung, Al Cheon berkata Kim Yu Shin akan segera berangkat, apa Ratu tidak ingin melihatnya sekali saja. Al Cheon mengingatkannya saat di benteng Ah Mak. Saat Ratu masih sebagai nangdo, ia tidak akan meninggalkan seorang pun. Al Cheon berkata ini sama dengan Yu Shin. Ratu minta Al Cheon berhenti membujuknya. Al Cheon mengerti dan mengundurkan diri.

kadorama-recaps
Joo Bang masuk dan memberi hormat pada Al Cheon dan Ratu. Joo Bang berkata yang diperintahkan Ratu sudah dilaksanakan. RAtu mengerti. Joo Bang tanya apa Ratu baik2 saja. Ratu berkata ia tidak apa2. Ratu berkata Joo Bang ada disini skr untuknya. Ratu dengan menyebut Joo Bang dengan panggilan “Hyungnim” dan minta agar Joo Bang jangan meninggalkannya. Joo Bang berkata Ratu seharusnya memikirkan keadaannya saja, mengapa Ratu tidak mengadakan pernikahan Kerajaan dengan Kim YU shin.

kadorama-recapskadorama-recapsKim Yu shin berangkat menuju pengasingannya. Bi Dam mengirimnya dengan rahasia, sekilas Bi Dam memperlihatkan kesedihannya. Paginya Bi Dam memberikan proposal reorganisasi SDM pada Ratu. Ratu melihatnya, Bi Dam berkata Bangsawan Jujin yang paling cocok untuk menjadi Menteri Pertahanan. Bi Dam sudah memindahkan semua keturunan Gaya dari pemerintahan dan mengenalkan orang2 baru untuk merevitaisasi dewan. Ratu membenarkan. Kim Yong Chun menghadap Ratu. Kim Yong Chun, Kim seo Hyun, Kim Chun Chu masuk karena dipanggil Ratu. Ratu berkata setelah kejadian dengan Kim Yu Shin, mereka harus menata ulang SDM di istana. Bi Dam senyum.Ia merasa Ratu menyetujui proposalnya. Ratu memutuskan bahwa Sang Yang Gong, Sang Gong, dan Dae Gong akan dibawah perintah Kim Chun Chu. Kim Chun Chu akan mengambilnya sebagai Nae Sang dan akan dipromosikan pada tingkat Yi Chan. (Nae Sang = Dept Dalam Negeri, Yi Chan = pejabat tigkat 2, setingkat dibawah Sangdaedeung atau Perdana Menteri)

Kim Chun Chu menerimanya dan akan bekerja sebaik mungkin. Untuk Kementrian Pertahanan Ratu memutuskan akan dijabat Seol Won Rang. Ratu membebas tugaskan Kim Seo hyun. Kim Seo Hyun tetap dalam dept pertahanan hanya akan diawasi oleh Seol Won Rang. Kim Seo hyun harus menerima keputusan ini. Kementrian Audit harus terus menyelidiki Bo Gya hOe dan juga menambahkan penyelidikan pada situasi di Baekje dan Goguryeo. Bi Dam harus menelan pil pahit. Ratu berkata mulai sekarang, kementrian Audit dan Pertahanan akan melapor pada Sangdaedeung Kim Yong Chun dan Nae Sang Sa Shin Kim Chun Chu.

Kim Yong Chun berkata kementrian Audit ada dibawah Ratu. Ratu berkata waktu itu audit dilakukan hanya untuk mengendalikan kondisi dalam sidang tapi kementrian audit sangat efsien dan bagus sehingga melebihi apa yang diharapkan, oleh karenanya kementrian Audit harus fokus pada perkembangan Baekje dan Goguryeo. (berarti bukan audit lagi dong Ratu, itu namanya intelijen, CIA, SAS, atau MOSSAD gitu.. )

Bi Dam berbicara pribadi dengan Ratu. Mengapa Ratu memutuskan spt itu. Ratu berkata sekarang yang lebih penting adalah situasi di Baekje dan Goguryeo. Bi Dam tanya apa Ratu tidak mempercayainya, Kim Yu Shin salah tapi mengapa ia disingkirkan dan disisihkan. Bi Dam berkata Yu Shin tidak lagi disini tapi ia tetap saja tidak bisa berada di sisi Ratu untuk melayaninya. Bi Dam berkata kesetiaannya pada Ratu sungguh2, apa Ratu tidak bisa melihatnya.

Ratu berkata ia tahu, bukan itu saja Ratu tahu Bi Dam menginginkannya dan bahkan Bi Dam mengidolakannya. Bi Dam tanya lalu ? Ratu tanya apa Bi Dam tahu apa yang paling membuatnya iri pada Mi Shil? Itu karena Mi shil tidak pernah menjadi Penguasa. Mi Shil hanya memainkan perasaan cinta dan memasuki ikatan demi ikatan pernikahan agar ia bisa meningkatkan pengaruhnya. Tapi untuk Ratu, jika ia ingin melakukan itu, ia hanya membuat kontroversi dan masalah.

Ratu tanya apa Bi Dam bermaksud memintanya mendukung Bi Dam naik takhta? Ratu merasa Bi Dam ingin meraih takhta. Ratu berkata bukan berarti ia tidak memiliki emosi sebagai manusia dan perasaan dan akan senang jika seseorang mencintainya dan ia dapat bersandar pada orang itu untuk menenangkannya dan mendukungnya, memeluknya dengan hangat dengan dukungan sentimental atau pujian padanya. Apa Bi Dam pikir ia tidak menginginkannya.

Ratu berkata sentuhan hangat Bi Dam apa ia pikir Ratu tidak merasakannya, itu akan membuat hatinya berdebaran. Tiba2 Bi Dam memeluk Ratu yang menjadi kaget karena reaksi Bi Dam. Tapi Ratu ragu2 memeluk Bi Dam dan mendorongnya menjauh. Ratu : Tidak mungkin bagiku..Mengapa tidak bisa ? tanya Bi Dam. Ratu langsung berkata ia bukan lagi seorang wanita tapi ia hanya bisa menjadi untuk Bi Dam ..sebagai Penguasa.

Raja2 sebelumnya juga sama, mereka berkorban dan memberikan padaku tugas penting ini dan mimpi ini. Silla harus kuat tidak boleh berakhir, menguatkan kekuasaan kerajaan dan mencapai penyatuan 3 negara, dan sebelum itu, Ratu tidak akan pernah menjadi seorang wanita atau “aku”. Bi Dam tanya apa cinta itu ingin memiliki. Ratu minta Bi Dam jangan memaksanya memilih dan siapapun tidak akan dapat memilikinya selama ia masih memerintah. Bi Dam terlihat patah hati karena penolakan Ratu. Bi Dam pergi dengan sedikit kesal.

Ha jong kaget, Ratu menurunkan derajat kementrian Audit. Mi Saeng berkata sekarang mereka tidak bisa langsung disetujui Ratu. Harus melalui Nae SAng. Seol Won berkata Ratu menyadari setelah semua yang terjadi bahwa pengaruh Bi Dam menjadi sangat besar. Mi saeng berkata mereka ditugaskan membersihkan Bo Gya hoe dan jika gagal mereka yang harus bertanggung jawab. Yeom Jong berkata jika mereka gagal maka pembersihannya akan ke..Seol Won berkata Ratu akan memanggil Kim Yu Shin.

Ha jong berkata apa mereka perlu back-up plan? Mi Saeng setuju, hubungan Ratu dan Yu Shin tidak akan putus begitu saja. Ha Jong berkata di saat spt ini ibu selalu mengatakan..Mi saeng : “Seol won rang..selesaikan ini sendiri”. Yeom Jong memerintahkan anak buahnya membunuh Kim Yu shin.

Seol won Rang melihat pemandangan dari balkon, saat Ratu datang dan berkata Mi shil selalu menyukai pemandangan dari sini. Seol Won membenarkan. Ratu berkata jika bukan karena dukungan Seol Won, ia tidak bisa melakukannya. Seol won Rang berkata tanpa dirinya, Ratu akan melakukan sendiri dengan baik. Ratu berkata Mi shil benar2 sukses mengajar SDM terbaik. Ratu tanya pada Seol Won Rang apa kata2 terakhir Mi Shil sebelum ia meninggal pada Seol Won Rang, dan Ratu berkata tidak peduli apa itu dia dengan keras memberi peringatan jangan memanipulasi Bi Dam. Ini yang Ratu lihat, juga dari permintaan Mi Shil.

Yeom Jong mendatangi perbatasan dan mencari Kim Yu Shin. Seseorang menunjukkan ada tempat yan terpencil, mungkin ia ada disana. Yeom Jong mendekati pondok. Yeom Jong merasa aneh karena tidak ada penjaga. Yeom Jong masuk dan ternyata kosong. Ia kesal sekali.

Yang Gil dan Guk San Heun menemui Kim Yu Shin. Mereka membawa perintah Ratu, ternyata Ratu minta Yu Shin menyelidiki pasukan Baekje. Sebelah selatan Pallyangchi dan misi ini harus dilaksanakan secara rahasia.

Sebelum Yu SHin keluar dari istana, ia bertemu anak buahnya yang berkata Ratu sudah meminta mereka menyelidiki perbatasan Baekje. Mereka menunggu kedatangan Yu Shin, tapi Guk San heun dengan menyesal berkata setelah misi ini selesai, Kim Yu Shin harus melnjutkan pengasingannya.

Wyol Ya mendengar Kim Yu Shin akan memeriksa perbatasan Baekje. Wyol Ya minta Seo Ji terus melaporkan perkembangannya.

San Tak lapor pada Bi Dam, mereka sudah mengerahkan semua pasukan sebagai pengintai pasukan Baekje. Bi Dam minta Santak pergi dengan Bo Jong dan segera berangkat. Yeom Jong datang dan lapor bahwa Kim Yu Shin tidak ada di pengasingan. Bi Dam tanya apa Yu Shin melarikan diri dan heran bagaimana Yeom Jong tahu. Yeom Jong ragu2.

Bi Dam tanya bagaimana ia tahu dan menarik kerah Yeom Jong dan minta agar Yeom Jong menjawabnya. Aku pergi kesana. Bi Dam heran untuk apa kesana. Yeom Jong hanya tertawa (kill him…!! BD..!!) dan Bi Dam menarik Yeom Jong dengan kedua tangannya mengapa kau kesana? Yeom Jong melihat kesempatan emas untuk membunuh Kim Yu shin. Bi Dam mendorong YeomJong yang berusaha bernafas, Bi Dam merenung apa ini perbuatan Wyol Ya atau Ratu?

Kim Yu Shin, Guk San heun dan Yang Gil menghadang utusan Baekje dan membunuh mereka. Ada satu yang lolos, Yu shin mengejar dan tanya siapa namanya, Do Yeol dari istana. Yu SHin minta kata sandi dan tujuannya.

Kim Yu Shin tanya apa isi pesannya. Salah satu tentara belum mati, ia mengambil pedang saat Yu shin mengancam Do Yeol dan membunuh Do Yeol. Tapi orang itu dibunuh Guk San heun. Kim Yu shin memeriksa tubuh mereka untuk mencari informasi.

Di markas Baekje. Kim Yu shin, Yang Gil dan Guk San Heun bertemu dengan Gyebaek dalam samaran.

Gyebaek adalah Jenderal Baekje. Salah satu kalimatnya yang terkenal adalah “Aku lebih baik mati daripada diperbudak musuh.” Dia bahkan membunuh isteri dan keluarganya agar tidak jatuh ke tangan musuh ck..ck

Gyebaek tanya kata sandi Yu shin. Kim Yu Shin berkata : Bo Cha. Gyebaek minta Kim Yu Shin dan anak buahnya mengikutinya dan mereka akan bertemu Yoon Chung. (Jenderal Baekje yang lain)

Yoon chung merasa wajah Kim Yu shin asing dan tanya dari kesatuan mana mereka. Kim Yu Shin berkata ia Do Yeol dari pengawal istana. Yoon Chung tanya apa ia orang yang menang lomba balap kuda yang terakhir diadakan. Kim Yu shin engiyakan. Yoon Chun puas dan tanya apa pesan Yu Shin dari Raja. Raja minta Yoon Chung melaporkan perkembangan secara detil pasukannya. Yu Shin jelas bicara atas nama Raja Silla 🙂

Yoon Chung heran. Yoon Chun berkata Jend Gwan Pyeong sudah melaporkannya pada Raja. Kim Yu shin berkata setahu dia Jend Yeongun ada di Sangdansan. Yoon Chun berkata ia pasti salah, Yoon Chung mengetes Kim Yu Shin. Yoon Chung berkata semua sudah diproses sesuai rencana dan mereka akan membicarakannya dan membuat peta untuk operasi mereka dan ia minta Kim Yu shin pergi setelah 1 jam.

Yoon Chung memerintahkan Gyebaek untuk menyiapkan kuda yang baru untuk kurir, Kim Yu shin diajak makan oleh Gyebaek, ia memeriksa situasi. Gyebaek membuka peta, Yu SHin melihatnya ternyata peta Daeya kemudian Gae Mun Heuk.

Gyebaek menutup petanya dan melihat Yu Shin mengintip dari bahunya, Gyebaek tanya ada apa. Kim Yu shin berkata ia melihat diluar banyak tanah dan batu dan tanya akan dibuat apa itu. Gyebaek berkata untuk pertahanan. Kim Yu Shin tanya apa itu adalah formasi ganda. Gyabaek tertawa Yu shin benar2 pintar. Yu Shin tanya siapa yang akan memimpinnya. Gyebaek heran mengapa tiba2 tertarik dengan ini. Yu Shin berkata ia dengar formasi ini dapat menciptakan pelarian dengan cepat makanya ia sangat kagum. Gyebaek berkata ia yang akan memimpin. Daeya akan diserang. Karena Daeya sangat penting.

Yu Shin berkata untuk menaklukkan Daeya perlu waktu lama, Gyebaek membenarkan makanya mereka harus segera menyerang dengan cepat dan keras.

Ratu meninjau lahan pertanian dan Bong Gi melaporkan laporan tahunan hasil panen. Panen gandum lebih baik dari hasil sorgum. Ratu berkata hasil penelitian ilmuwan Deok Chong bahwa kacang2an akan mengembalikan kesuburan tanah itu terbukti dan cara terbaik. (kacang2an dapat mengembalikan nitrogen dalam tanah. )

Ratu memerintahkan untuk menanam kacang2an untuk membuat tanah tandus menjadi subur dan bisa ditanami. Bong Gi berkata jika mereka berhasil maka hasil panen tahunan akan meningkat dua atau tiga kali lipat dari tahun ini. Ratu membenarkan. Al Cheon berkata bahwa tanah sudah meningkat dengan cepat dan ada perbaikan yang signifikan. Juga jumlah petani yang independen. Tapi mengapa Ratu tidak kelihatan gembira. Ratu berkata ia senang dengan hasilnya hanya ia gelisah.

Bi Dam akan menemui Ratu dan bertemu Kim Chun Chu dan Kim Yong Chun. Kim Yong Chun tanya apa tujuan Bi Dam. Bi Dam melihat Ratu tidak ada. Chun Chu berkata Ratu keluar dan meninjau tanah pertanian dan bertemu Gong Bong Gae Sa Bong Gi. Bi Dam mengundurkan diri.

Bi Dam akan pergi saat Kim Yong Chun berkata jika Bi Dam ada yang mau dilaporkan pada Ratu, ia sekarang bisa melaporkannya pada Kim Chun Chu. Bi Dam lapor bahwa Kim Yu shin tidak ada di tempatnya dan tidak bisa ditemukan dimanapun. Bi Dam tidak tahu apa Kim Yu Shin benar pergi ke sana atau lari, ia masih mencari informasi. Kim Chun Chu mengerti. Ia akan lapor pada Ratu. Bi Dam akan pergi, tapi Kim Chun Chu memanggilnya dan tanya apa kementrian Audit tidak menerima pesan Ratu, mengapa dept audit mengirim orang kesana. Kim Chun Chu mengingatkan Bi Dam bukankah Ratu dengan jelas memberi mereka instruksi untuk membersihkan Bo Gya hOe.

Kim Chun Chu tanya dimana Wyol Ya, Bi Dam msh menyelidikinya. Bi Dam berkata Wyol Ya akan tahu persis dimana Kim Yu shin. Itulah mengapa ia mengirim orang untuk memeriksa Kim Yu shin.

Di markas Baekje, Gyebaek berkata Yoon Chung akan menemui Yu Shin. Yoon Chung minta Yu shin memberikannya sendiri pada Raja. Yu Shin mengerti. Yoon Chung minta mereka mengambilnya dan Kim Yu hsin hanya mengambil gulungan merah, itu membangkitkan kecurigaan mereka, saat Kim Yu shin akan pergi, mereka menghunus pedangnya. Gyebaek berkata pesan untuk Raja dikirim dalam gulungan hitam dan tanya bagaimana kurir Baekje tidak tahu itu.

Reaksi Yusin cepat sekali, ia mengambil gulungan hitam dan lari. Yu Shin dikejar. Yu Shin dikepung tapi tiba2 Bo Gya hoe menembaki mereka dengan panah. Wyol Ya dan Seo ji datang dengan pasukannya membantu Kim Yu Shin, Dae Pung dan Guk San heun.

Sementara itu Bo jong dan Santak juga menyusup dan menyamar sebagai tentara Baekje. Mereka mengenali Kim Yu Shin. San tak juga mengatakan orang disamping Yu shin adalah Wyol Ya. Bo Jong bingung apa yang dilakukan Yu Shin di perbatasan Baekje lebih2 bersama Wyol Ya, Seo Ji dan Dae Pung, Guk San Heun. Baekje memasang perangkap, tapi Yu Shin da Wyol Ya berhasil kabur.

Gyebaek menembaki mereka, Kim Yu shin menjatuhkan gulungan hitam. Yang Gil minta yu sin cepat dan Wyol Ya juga. Yu shin pergi tanpa gulungan hitam itu. Go Do dan Dae Pung menyambut Yu shin yang terluka dan tanya bagaimana hasilnya. Guk San heun berkata mereka menjatuhkan pesan itu. Yang Gil berkata mereka harus merawat luka Yu Shin, Yu shin melihat ada merpati pos. Yu Shin berkata ada mata2 di Daeya, karena ia melihat petanya. apa yang tertulis di peta. Guk San heun menjawab Gae Mun Heuk. Kim Yu shin merasa nama itu pasti mata2.

Seseorang di Daeya akan membuka gerbang untuk Baekje dan mereka akan menyerang dengan cepat. Kim Yu shin berkata mereka harus segera ke istana dengan cepat, kalau perlu malam ini harus sampai.

Go Do dan Dae Pung mengerti. Dae Pung, Yang Gil dan Guk San heun pergi. Bo Jong dan Santak mengamati dari jauh. Bo Jong berkata mereka harus menangkap Kim Yu shin dan Wyol Ya. Jika mereka menyerang di sini akan beresiko, Bo Jong berkata mereka akan menyerang ketika dalam perjalanan ke Silla.

Wyol Ya marah pada Yu shin, Yu Shin itu Silla atau Gaya. Wyol Ya minta Yu shin memilih salah satu. Kim Yu Shin berkata Gaya tidak ada. Seo ji kaget dengan perkatan Yu Shin. Yu shin minta mereka sadar. Seo Ji berkata sekarang ia tahu orang seperti apa Kim Yu Shin. Hanya demi keuntungan pribadinya ia membuang Gaya. Wyol Ya tanya apa ini karena Yu SHin memuja Ratu? Apa karena kejujuran dan kesetiaan Yu Shin pada Ratu? Yu Shin berkata bukan, ia hanya realistis pada kenyataan yang kejam.

Kim Yu shin berkata mereka harus menerima kenyataan dan hanya akan dapat menjadi bawahan Silla. Ini satu2 jalan untuk bertahan. Seo Ji marah bagaimana yu Shin dapat menghujat Gaya seperti itu. Yu shin berkata tugas mereka sebagai keturunan Raja Gaya, mereka harus yakin keturunan Gaya yang tersisa tidak akan menderita oleh kecurigaan dan diskriminasi. Jangan biarkan keturunan Gaya Kim akan punah itulah mengapa Gaya harus menjadi pendukung unifikasi 3 negara.

Wyol Ya : demi unifikasi 3 negara maka Kim Yu shin sudah membuang Gaya. Wyol Ya berkata persekutuannya dengan Kim Yu shin berakhir. Wyol Ya dan Seo Ji pergi dengan kecewa. Kim Yu Shin keluar. Bo Jong berkata ini saatnya.Kim Yu shin dihadang dan dikepung anak buah Bo Jong.

Di benteng Daeya terjadi pergantian penjaga. Dua penjaga baru membuka pintu dan meninggalkan gerbang dalam keadaaan terbuka.

Ratu kaget menerima laporan bahwa Baekje akan memulai perang. Ia bergegas ke kediamannya untuk rapat. Guk San Heun berkata Daeya dalam bahaya. Ratu minta Al Cheon memanggil Bi Dam, Kim Chun Chu, Kim Yong Chun dan memberi tahu kementrian pertahanan Kim Seo Hyun dan Seol Won Rang. Al Cheon berkata ia sudah melakukannya. Ratu minta kurir dikirim ke Daeya untuk memberi peringatan bahaya serangan Baekje. Kemudian membuat persiapan di benteng Bi Sa, Iseo, Daegaya, dan minta mereka mengerahkan pasukan ke Daeya segera. Al Cheon mengerti.

Para menteri menghadiri sidang dan Jujin tanya apa yang terjadi. Mengapa mereka dipanggil bersidang. Ratu masuk dan menjawab mereka dalam keadaan perang. Ratu duduk, Kim Chun Chu kaget. Kim Seo Hyun minta penjelasan. Ratu berkata tentara Baekje sudah bergerak menuju Daeya. Jujin heran. Mengapa Daeya, mengapa Baekje mau menyerang Daeya. Ratu berteriak ada mata2 di benteng Daeya dan ia akan membuka gerbangnya. Ratu berteriak mengapa Kementrian Audit tidak ditempat.

Bi DAm sedang bersama Kim Yu shin dalam kediamannya dan mereka saling melihat. (hobby banget sih mrk lihat2an… ). Bo Jong masuk dan berkata pada Ratu, menteri audit sedang menahan Kim Yu Shin. Ratu : Apa yang baru kaukatakan? Kim Yu Shin terlihat di perbatasan Baekje, jadi kami menahannya karena curiga ia menjadi mata2. Ratu kesal sekali atas tuduhan bahwa Yu SHin adalah mata2. Apa yang diocehkan Bo Jong..

sumber : kadorama-recaps.blogspot.com

Jangan lupa meninggalkan jejakmu ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s