Dong Yi – Episode 35

Dong Yi gugup dan Seo Yong Gi menatap-nya tajam, bicaralah..apa kau adalah anak yang aku cari..apa kau benar-benar anak itu Dong Yi?

Dong Yi : Yeong Gam..
Seo Yong Gi : Apa kau benar2 dia?

Dong Yi : Ya, anda benar aku adalah orang yang sudah lama anda cari, anak perempuan pemimpin Geumgae, Choi .. Dong Yi, inilah nama saya.

Seol Hee dan Cha Cheon Soo tiba di tujuan mereka, Seol Hee hampir jatuh, Cha Cheon Soo menahannya, kau tidak apa-apa? Seol Hee tidak apa-apa dan menunjukkan sebuah kuil. Itu adalah kuil dimana pemilik Seong Cheon tempat aku pernah kerja menyepi.

Cha Cheon Soo ragu apakah dia masih menyimpan catatan 12 tahun yang lalu. Seol Hee berkata itu yang kita harapkan. Seol Hee masuk dan menemui pemilik Gibang tempat dia pernah kerja yang sekarang jadi biarawati di kuil. Biarawati itu terharu melihat Seol Hee.

Di Bo Yeong Dang, Dong Yi berkata pada Seo Yong Gi bahwa hari seperti ini akan tiba cepat atau lambat. Dong Yi mengaku ketika bertemu Seo Yong Gi pertama kali, ia berbohong tentang identitasnya, ini bukan untuk keselamatan-nya sendiri tapi demi mencari kebenaran, sejak 12 tahun yang lalu, ketika pertama kali masuk ke istana, Dong yi selalu tahu kalau hari ini akan datang, tapi dia tidak pernah mengira akan sampai pada status seperti ini, dan menjadi sampai sekarang ini.

Dong Yi : Yang sebenarnya adalah aku sudah melukai kepercayaan yang Tuan berikan dan pada akhirnya akan mencelakai Baginda.
Seo Yong Gi : Saya setuju, saya sangat mempercayai Anda. Bukan, apa perasaan saya tidak terlalu berarti, tapi bagaimana dengan kepercayaan Baginda. Bukan orang lain, tapi Raja sendiri, dibanding semua orang yang sangat mempercayai Anda. Sama seperti saya dan Choi Hyo Won di masa lalu, seperti saya mempercayai diri saya sendiri, sebesar itu saya percaya pada Anda, apa Anda tahu itu?

Dong yi mengangguk dan air matanya mengalir deras.

Seo Yong Gi kembali dan memerintah Hwang Jung Gu dan Han Jang Bu, pergi ke kantor polisi dan ambil semua catatan mengenai Geumgae segera dan bawa ke depanku. Han Jang Bu heran, mengapa tiba2 mengenai geumgae lagi. Seo Yong Gi berkata lakukan saja perintahku. Kedua staf Seo Yong Gi sadar, bossnya sedang bad-mood.

Seo Yong Gi ingat tentang Dong Yi demikian pula sebaliknya. Dong Yi ingat Seo Yong Gi berkata meskipun masalah ini beresiko tapi Seo Yong Gi akan mampu menyembunyikan-nya dari Sukjong.

Dong Yi mohon agar Seo Yong Gi mengijinkan-nya mengatakan sebenarnya pada Sukjong dari mulutnya sendiri. Dan apa itu akan membuat Anda merasa lebih ringan? tanya Seo Yong Gi, tapi bagaimana perasaan Baginda kalau kebenarannya didengarnya dari mulut Anda sendiri, apa Anda pernah memikirkan apa akibatnya. Dong yi terisak sendirian mengingat itu dan memanggil, Yang Mulia.

Sukjong merenung di ruang kerjanya. Kasim Han masuk dan mengingatkan ini sudah tengah malam, Yang Mulia. Sukjong tahu, waktu berlalu sangat cepat. Kasim Han tanya apa Anda ingin pergi ke kediaman Cheon Sang gung? Sukjong berkata dia tidak akan kesana malam ini, karena tampaknya kehadirannya juga tidak bisa menghibur Dong Yi justru semakin menambah beban-nya saja. Aku akan sangat senang kalau Seo Yong Gi datang dengan berita.

Kasim Han menenangkan, tidak akan ada masalah mengenai Cheon Sang Gung. Di negara ini, semua penduduk miskin pasti punya masalah, Yang Mulia. Sukjong setuju dan ia membenarkan itu. Rakyat miskin/Cheonmin selalu mengalami kesulitan.

Yoo Sang Gung menghadap Ratu Jang. Saat itu Oh Tae Seok juga sedang menemui Ratu. Yoo Sang Gung lapor tidak ditemukan apa-apa tentang latar belakang Dong Yi sebelum masuk ke istana. Oh Tae Seok berkata ini adalah kuncinya. Sekarang kita bisa menekan Dong yi.

Ratu Jang merasa belum tentu, itu belum cukup untuk membuat kepercayaan Sukjong pada Dong Yi tergoncang. Yoo Sang gung berkata kita belum bisa menemukan apapun tentang latar belakang Dong Yi, lalu apa yang bisa kita lakukan.

Ratu Jang percaya, sekarang orang yang paling gelisah adalah Dong yi dan mereka yang berharap melindunginya. Ratu Jang minta Yoo Sang Gung mengamati gerakan mereka diam-diam. Ratu Jang berkata pada Oh Tae Seok, meskipun kau belum mengerti tapi cepat atau lambat kita pasti akan sanggup mengungkapkan identitas Dong Yi sebenarnya, orang seperti apa dia sebenarnya. Oh Tae seok mengangguk.

Jeong Sang Gung tanya pada Jung Im, apa ini semua catatan dari biro musik tentang perekrutan pelayan? Jung im membenarkan, hanya dia merasa aneh karena tidak ada catatan sebelum Dong Yi masuk istana. Jung Im merasa risau, ini akan membuat orang curiga dan ragu mengenai latar belakangnya. Jeong Sang gung ingat ketika itu Dong Yi pernah berkata kalau ia tidak pantas berada di sisi Sukjong.

Jung Im : Nyonya, apa saya boleh tanya langsung pada Cheon Sang Gung mengenai ini? Tidak perlu kata Jeong sang Gung, aku akan tanya padanya sendiri, kau hanya perlu meredakan rumor yang beredar mengenai latar belakang Dong yi. Jung Im mengerti.

Shim Yun Taek sudah jadi pejabat sekarang dan ia menemui Seo Yong gi di Nae Geum Bu. Shim yun Taek berkata kalau Jang Hee Jae sekarang sedang mencari buku militer asli itu dan kita bisa menangkap Jang Hee Jae dengan menggunakan buku militer yang asli di tangan Dong Yi. Kita bisa menggunakan itu sebagai umpan untuk melawan Jang Hee Jae. Seo Yong Gi terlihat tidak perhatian dengan kata2 Shim yun Taek.

Shim Yun Taek merasa aneh. Seo Yong Gi berkata mungkin kita akan menemui kesulitan. Shim Yun Taek tanya mengapa kita akan menghadapi kesulitan, apa ada sesuatu yang terjadi dengan Dong yi? Anda dan Dong Yi sedikit aneh.

Shim Yun Taek meninggalkan Nae geum Bu, dan ia ingat tanya pada Bong Sang gung dan juga Ae Jung, apa yang dibicarakan Seo Yong Gi dan Dong yi berdua saja kemarin. Ia ingin tahu detilnya.

Bong Sang gung berkata ia tidak mengerti pembicaraan mereka. Ae Jung menambahkan sejak di biro penyelidik internal, dia tidak pernah melihat ekspresi Dong yi sedemikian terkejut seperti itu. Ini kali pertama Dong yi terlihat seperti itu.

Hwang Jung Gu dan Han Jang Bu mengambil semua dokumen Geumgae yang berdebu dari rak di perpustakaan kepolisian. Hwang Jung gu berkata semua dokumen ini sudah menguning, mengapa sekarang tiba2 mengeluarkan dokumen Geumgae lama ini. Han jang Bu berkata Seo Yong Gi sudah mengggunakan waktu untuk menghapus ingatan-nya mengenai Geumgae, apa yang sebenarnya terjadi ini. Keduanya bingung tapi tetap mengerjakan perintah Seo Yong Gi.

Cha Cheon soo kembali ke Nae Geum Bu dan ia melihat Hwang Jung gu dan Han Jang Bu bersama tumpukan dokumen lama. Cha Cheon Soo minta maaf karena datang terlambat. Hwang Jung Gu mengeluh, dimana kau tadi, apa kau tidak melihat kita sangat sibuk tanpa dirimu. Cha Cheon Soo minta maaf dan tanya sibuk apa, apa yang sedang kalian lakukan. Bukan apa-apa kata Han Jang bu hanya mengeluarkan beberapa kasus lama sebagai referensi. Cha Cheon soo tanya, kasus lama apa?

Hwang Jung Gu : ini kasus yang benar2 lama. Keduanya lalu pergi dengan tumpukan dokumen di tangan mereka. Hwang Jung Gu menjatuhkan satu dan Cha Cheon Soo mengambilnya, ia melihat kalau itu adalah dokumen mengenai Geum Gae dan ia sangat terperanjat.

Ratu Jang mendengar laporan dari Jo Sang Gung kalau Seo Yong Gi sudah mengambil semua dokumen mengenai Geumgae dari kepolisian. Ratu Jang : Cari tahu dokumen mengenai apa itu. Jo Sang Gung keluar dan memerintah Yeong sun untuk segera memanggil Oh Tae seok ke istana. Ratu Jang di kediaman-nya dan berpikir.

Seo Yong Gi memeriksa semua dokumen lama Geumgae. Cha Cheon soo masuk menemui Seo Yong Gi, dan melihat dokumen Geumgae memenuhi meja Seo Yong gi. Seo Yong Gi tanya kemana saja kau, aku tidak melihatmu kemarin. Cha Cheon Soo menjawab ia pergi ke Seong Cheon untuk mencari informasi tentang latae belakang Dong yi.

Seo Yong Gi : Seong Cheon?
Cha Cheon Soo membenarkan, dia menemukan catatan mengenai Dong yi dan keluarganya di sana, dan memang tercatat di sana. Seo Yong Gi ragu, apa iya di Seong Cheon ada catatan tentang Dong Yi, aku benar2 terkejut. Cha Cheon Soo terkejut dengan reaksi Seo Yong Gi.
Se Yong Gi : Koroner di Hancheon, Choi Hyo Won, akan lebih cocok sebagai ayah Choi Dong yi, sepengetahuanku, dia adalah ayah Choi Dong Yi.
Cha Cheon Soo terpana, Seo Yong Gi sudah tahu kebenaran identitas Dong Yi.

Hwang Ju Shik dan Yeong Dal terkejut ketika mendengar ada pejabat ranking 5 (Sa Heon Ji Pyeong) mencari mereka, siapa dia? Ternyata Shim Yun Taek.

Shim Yun Taek melihat keduanya dan berkata kalian cocok dengan gambaran ini, yang satu tinggi seperti tiang, dan satunya lagi pendek seperti kura-kura. Shim Yun Taek berkata tidak ada waktu untuk basa-basi. Aku perlu bantuan kalian, ikut aku. Hwang Ju shik dan Yeong Dal bingung siapa Shim Yun Taek, siapa dia apa kita mengenalnya?

Shim Yun Taek berpaling, apa yang kalian lakukan? Cepat! Yeong Dal sebal, Shim yun Taek sungguh kasar, jangan tahan aku kalau aku mencekik lehernya nanti.

Cha Cheon soo heran, bagaimana Seo Yong Gi tahu masalah itu. Seo Yong Gi berkata aku mendengarnya sendiri dari Dong Yi. Aku akan menggunakan hukum yang berlaku untuk menahan Dong Yi. Aku tidak ingin mencelakaimu dan aku harap kau akan menuruti perintahku dengan tulus.

Cha Cheon soo mohon, tolong lepaskan Dong Yi, itu bukan kesalahan-nya, jangan menghukumnya, dia tidak melakukan kesalahan, jangan mencelakainya.

Cha Cheon soo terus memohon dan Seo Yong Gi mengingatkan Cha Cheon Soo, kau tahu dengan hukum negara ini, kau tahu apa alasan mengapa Dong yi menyembunyikan identitasnya sampai sekarang.

Dong yi memandangi cincin garakjinya dan berkata sendiri, aku harus menyelesaikan masalah ini, hanya aku yang bisa menyelesaikan ini. Dong yi memanggil Bong Sang Gung, dan berkata dia akan ke Daejeon menemui Sukjong. Bong Sang Gung terkejut, Dong Yi berkata jikaboleh aku ingin kesana, dan tolong persiapkan.

Seo Yong Gi berkata apa Cha Cheon soo tahu apa kepercayaan palsu itu. Itu adalah orang yang sangat kau percayai menghianatimu, apa kau tahu itu?

Seo Yong Gi : Choi Hyo Won adalah orang yang mengatakan itu padaku. Seo yong Gi keluar. Cha Cheon soo berteriak : Insiden itu bukan salah Choi Hyo Won!

Cha Cheon Soo : 12 tahun lalu, insiden itu bukan perbuatan Geumgae, tidak pembunuhan berantai di kalangan bangsawan, dan juga kematian ayah Tuan, semuanya bukan perbuatan Geumgae.
Seo Yong Gi : apa sekarang kau cari alasan.
Cha Cheon soo berkata itu bukan alasan, yang saya katakan adalah kebenaran. Mengenai kepercayaan palsu yang Tuan katakan, anda salah tentang itu. Orang yang menghianati kepercayaan Choi Hyo Won adalah Tuan sendiri.

Seo Yong Gi terkejut dan berkata aku ingin mempercayai Choi Hyo Won, apapun yang ia katakan aku akan mempercayainya, tapi ia tidak mengatakan apapun untuk membela diri. Cha Cheon Soo berkata Choi Hyo Won melakukan itu karena ia ingin melindungi Seo Yong Gi, agar Seo Yong Gi berhenti mengungkap kasus Geumgae, dengan cara itu, Choi Hyo Won bisa melindungi Seo Yong Gi.

Cha Cheon Soo : Ini adalah kepercayaan yang diberikan Choi Hyo Won pada Tuan. Choi Hyo Won percaya dan tahu, ia mengambil semua kesalahan dan juga tuduhan sebagai pembunuh ayah Tuan.

Seo yong gi termangu. Cha Cheon soo jalan keluar dan menggenggam pedangnya dengan erat. Seo yong gi ingat tanya pada Choi Hyo Won, apa kau yang membunuh ayahku tapi Choi Hyo Won tidak menjawabnya, dia hanya sedih karena Seo yong gi tidak percaya padanya dan pergi. Seo Yong gi bergumam, Choi Hyo Won benar-benar…

Dong yi menemui Sukjong di Daejeon.

Shim yun Taek memeriksa catatan di biro musik, Yeong Dal dan Hwang Ju Shik mencari orang dengan marga Cheon.

Pertama, dia memeriksa catatan ketika Dong yi masuk istana pertama kali, lalu menemukan hal aneh, tidak ada catatan masa lalu Dong yi. Shim yun Taek lalu bertanya apa ada musisi yang meninggal.

Hwang Ju Shik ingat memang ada musisi, ada, marganya Choi! Shim yun Taek tanya siapa namanya? Yeong Dal berkata tidak ada catatan-nya. Hwang Ju Shik berkata sesuai ingatan-nya, 12 tahun lalu, tidak ada musisi dengan marga Cheon. Shim yun Taek bingung, ada apa ini, catatan ini jelas menyatakan kalau Dong Yi adalah adik perempuan musisi istana, dan ia sadar. Musisi yang meninggal tadi. Hwang Ju Shik mengaku musisi itu yang marganya Choi dihukum karena kejahatan berat. Shim yun Taek terperanjat. Hwang ju Shik membenarkan, insiden itu sudah membuat kekacauan di Doseong. Shim Yun Taek ingin tahu insiden apa itu.

Sukjong mendapat laporan kalau Cheon Sang Gung ingin menghadapnya. Sukjong kelihatan sekali sangat senang. Persilahkan masuk.

Sukjong berdiri dan menyambut Dong yi, Dong Yi bisa melihat betapa senangnya Sukjong melihatnya, ia merasa tambah berat. Dong Yi membungkuk memberi hormat. Yang Mulia, anda pasti sangat sibuk mengurus masalah negara, tidak tahu apa saya mengganggu Anda.

Sukjong : Tidak, bagaimana ini bisa disebut gangguan, aku merasa lebih terganggu jika aku tidak melihatmu.
Dong Yi senyum.

Sukjong minta Dong Yi duduk.

Sementara itu Cha Cheon Soo mengunjungi Dong Yi dan kaget sekali ketika Ae Jung berkata Dong yi ke Daejeon. Cha Cheon Soo langsung lari ke Daejeon.

Sukjong berkata waktu itu kau terlihat tidak terlalu baik dan membuatku cemas, tapi melihatmu sekarang, kau terlihat gembira dan cerah, itu membuatku lega. Dong Yi berkata benarkah?

Sukjong berkata ada juga orang seperti dirinya sebagai Penguasa negeri ini yang gembira hanya karena bercakap-cakap dengan Dong Yi. Ada apa Dong yi?

Seo Yong Gi melihat poster Choi Hyo Won. Tiba2 Shim Yun Taek masuk ke kantor Seo Yong Gi dan berkata ini sebenarnya berkaitan dengan geumgae (pintar2, bangga aku padamu Shim Yun Taek hehe). Seo Yong Gi heran bagaimana kau bisa tahu masalah itu.

Shim Yun Taek berkata ia ingat insiden Geumgae, mereka adalah organisasi Cheonmin yang melanggar hukum yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan berantai kaum bangsawan. Di saat bersamaan, pemimpin Geumgae itu adalah orang yang membunuh ayah Anda, tapi awalnya Anda membelanya. Seo Yong gi heran, darimana kau mengetahui ini.

Shim Yun Taek mengakui ia tidak tahu detilnya tentang insiden itu, tapi ada satu hal yang anda harus tahu, sekarang Dong yi sedang berada di Daejeon. Seo Yong Gi kaget sekali dengan tindakan Dong yi. Shim yun Taek berkata jika anda punya hati mencegah ini, orang yang bisa membujuk pikiran Dong Yi adalah anda, apa saya benar?

Sukjong : Dong yi? Ada apa, apa yang membuatmu sangat risau dan cemas, Tidak apa Dong yi tidak perlu bicara lagi. Aku sudah mengatakan sebelumnya padamu, jika terlalu sulit maka jangan katakan apa-pun.

Dong Yi bergumam, saya putra seorang kriminal Yang Mulia.
Sukjong bingung, apa?
Dong Yi : Saya putra seorang kriminal.
Sukjong : Dong Yi?

Kasim Han berseru, Yang Mulia saya Kasim Han. Sukjong heran, ada apa?
Kasim Han : Yang Mulia, Seo Yong Gi ingin menghadap anda, ini sangat penting. Dong yi terperanjat dan Sukjong bingung.

Sukjong : Seo Yong gi? Apa yang ingin ia katakan?
Seo Yong gi bergegas masuk dengan surat di tangannya dan memberi hormat pada Sukjong.

Seo yong gi : Yang Mulia, maafkan saya ini karena masalah ini sangat mendesak, sehingga saya tidak mengatakan kedatangan saya ke Daejeon.
Sukjong : Kau?
Dong Yi : Yeong Gam! Kumohon..ijinkan aku, masalah ini biarkan aku yang..
Seo Yong gi : Nyonya, saya mohon kembalilah ke kediaman anda, apa anda sudah lupa, saya sudah mengatakan biarkan saya, orang yang akan menyelesaikan masalah ini untuk Anda.

Cha Cheon Soo juga lari ke Daejeon (kok lebih cepat Seo yong Gi ya..ngga masuk akal juga), Dong yi mematung di depan Daejeon dan ia berbalik melihat ke arah Daejeon, Dong yi terisak, Cha Cheon Soo tiba dan memanggil Dong yi, Dong yi menoleh dan Cha Cheon Soo mendekatinya. Dong yi hanya bisa menangis dan Cheon Soo menggenggam tangannya untuk menenangkannya.

Seo Yong Gi tanya apa Sukjong ingat insiden mengenai Geumgae. Sukjong ingat, itu organisasi terlarang dari golongan Cheonmin yang dicurigai terlibat dalam serangkaian pembunuhan terhadap kaum bangsawan di tahun Shinyu, aku ingat sudah memerintahkan untuk menghukum kelompok itu. Mengapa menyebut tentang Geumgae?

Seo Yong Gi berkata kalau Dong Yi mencoba mengatakan tentang itu pada Sukjong. Sukjong heran. Seo Yong Gi mengulurkan surat pada Sukjong. Surat apa ini? Sukjong tanya. Seo Yong gi menjelaskan itu adalah surat mengenai latar belakang Dong yi yang mereka temukan di Seong Cheon. Sukjong membuka surat itu dan membacanya. Seo Yong gi berkata setelah membaca surat itu anda akan tahu kalau ayah Dong Yi marganya Cheon dan ibunya bermarga Kim, di Gibang Seong Cheon ada catatan mengenai mereka, mereka diperdagangkan sebagai budak.

Sukjong heran, lalu apa hubungan ini dengan Geumgae? Apa yang begitu sulit bagi Dong yi untuk dikatakan padanya. Seo Yong gi berkata, Dong yi tidak benar2 dilahirkan atau dibesarkan di Seong Cheon. Mereka disiksa oleh majikannya dan melarikan diri sebagai budak pelarian, ketika nyawa mereka terancam, mereka menerima bantuan dari kelompok Geumgae, makanya mereka bisa melarikan diri ke Seong Cheon. Inilah yang ingin dikatakan Cheon Sang gung pada anda, Yang Mulia. Meskipun Dong yi akan mengalami kesulitan karena memutuskan untuk mengungkapkan kebenaran kalau dia sudah menerima bantuan dari pihak Geumgae dan ternyata Geumgae adalah organisasi terlarang, makanya dia sangat merasa bersalah.

Sukjong tanya jadi ini yang membuat Dong yi sangat susah dan cemas, karena ini?

Cha Cheon Soo tahu ternyata Shim Yun Taek yang bisa membujuk Seo Yong Gi melakukan itu. Seo Yong Gi mengambil surat dari Seong cheon itu dan memberikannya pada Baginda? Shim yun Taek membenarkan. Masalah ini akan berlalu, tenang saja. Shim yun Taek merenung, ternyata Dong yi putri pemimpin geumgae, dia memang bukan orang biasa, dia mewarisi darah ayahnya.

Cha Cheon soo masih merasa cemas, Shim Yun taek menenangkannya. Shim Yun Taek berkata, kau pasti mengira aku ini tukang gosip, tapi mulutku bisa terkunci rapat kalau memang perlu, lagipula, jika karena halangan status kita tidak bisa mengeluarkan potensi kita, mungkin aku juga takut, aku pikir aku mungkin akan belajar pedang, ini adalah kebenaran seorang pria. Shim Yun Taek berkata aku juga punya impianku sendiri dan ia pergi. Cha Cheon Soo melihatnya dan tidak tahu harus bagaimana dengan Shim Yun Taek.

Di Bo yeong Dang…

Dong Yi : Mengapa anda harus melakukan ini? Apa anda tidak tahu konsekuensinya, sudah memberikan kesaksian palsu pada Sukjong dengan mengatakan sebaliknya, ini akan bisa digunakan untuk menghukum Anda, Yeong Gam.
Seo Yong Gi : Apa anda ingat kejadian malam itu? Kau mengatakan kalau kematian ayahmu adalah salah, ayahmu sudah salah dituduh.
Dong yi terperanjat.

Seo yong gi mengingat kejadian waktu itu dan berkata mungkin karena itu, menjadi alasannya selama ini mencari Dong Yi. Seo Yong Gi mengaku, dia tidak bisa menyingkirkan Choi Hyo Won dari hatinya. Jika itu benar maka saya harus pergi, mengejar, dan mengetahui kebenarannya.

Seo Yong Gi berkata jika Choi Hyo Won mengakui membunuh ayahnya demi dirinya, maka benar ini adalah masalah pribadinya. Demi Choi Hyo Won, hari ini dirinya sanggup dan berani mengambil resiko di depan Sukjong dan menyembunyikan kebenarannya dari Sukjong, dan mungkin sudah melakukan pelanggaran paling berat pada Sukjong, dia selalu berhutang maaf pada Sukjong.

Seo Yong gi mengingatkan Dong yi : Tapi bagaimanapun, saya mohon, saya benar2 berharap anda akan mencamkan ini dalam pikiran, kalau anda tidak boleh, akan ada waktunya saya akan berlutut di depan Baginda untuk mengakui kejahatan saya tapi anda tidak boleh mengatakan satu patah katapun pada Yang Mulia…

Dong Yi : Yeong Gam?

Seo Yong Gi : Anda tidak melakukan ini demi kepentingan anda, tapi demi Baginda..Seperti yang anda katakan sebelumnya bahwa status yang anda dapatkan adalah beban tanggung jawab yang berat tapi bagaimanapun juga langit punya alasan-nya sendiri mengijinkan anda berada di posisi ini, di posisi inilah anda mungkin bisa melakukan pencapaian yang besar yang harus anda lakukan. Itu sebabnya jika anda ada di samping Baginda, lakukan apa yang harus anda lakukan, apa anda mengerti..Gunakan hidup anda dan anda tidak boleh membiarkan siapapun mengungkapkan-nya, lebih lagi demi kepercayaan Baginda, anda harus melakukan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan kepercayaan Baginda.

Seo Yong Gi meninggalkan Bo Yeong Dang dan Cha Cheon Soo menemuinya diluar dan memberi salam. Seo yong Gi berkata beberapa waktu lalu, tidak mudah menutup kejahatan Geumgae. Choi Hyo Won dan kau benar2 sudah menggoncang dasar negara ini dengan membentuk Geumgae, itu tidak bisa disangkal. Cha Cheon Soo mengerti.

Seo Yong Gi : Bagaimanapun selama Dong yi ada di istana, kau harus bertanggung jawab atas keselamatan-nya, karena kejahatan temanku, aku akan bertanggung jawab atas ini. Kau dan Dong yi harus menghapus ini dari ingatan kalian dan camkan itu. Seo Yong Gi pergi. (Seo Yong Gi…you’re my hero, Dong yi juga tidak bisa menghindarkan darah yang akan tercurah demi dirinya. Demi calon Raja kelak, that’s the real life of politic’s world)

Choi Dong Yi menangis dan memanggil ayah dan kakaknya.

Anak buah Jang Hee Jae datang ke rumah Ny. Yoon dan ingin bertemu Jang hee jae. Jang Hee Jae tanya, apa kalian menemukan buku militer itu. Anak buahnya lapor, mereka sudah tahu dimana buku itu berada. Jang hee Jae marah buat apa kalian membuang tenaga dan hanya melaporkan itu?

Anak buahnya minta maaf, tapi ada yang lebih mendesak daripada itu. Yaitu utusan Qing itu sudah memberikan pesan kalau dia ingin buku itu besok pagi dan sepertinya Utusan Chen sudah tahu kalau kita gagal menemukan buku itu. Ny. Yoon cemas, lalu apa yang harus kita lakukan sekarang.

Ratu Jang mendapat laporan dari Jo sang Gung kalau identitas Dong yi sudah bisa diselesaikan dengan satu dokumen. Yoo Sang gung berkata kalau tidak ada yang salah dengan dokumen itu. Oh Tae seok ada di situ dan Ratu Jang tanya lalu apa hubungannya dengan Geumgae. Ratu Jang berkata kalau Nae Geum Ui dilaporkan menyelidiki Geumgae aku percaya aku bisa mengaitkan Dong Yi dengan Geumgae.

Oh Tae seok berkata dia sudah mengirim orang untuk mencari tahu tentang itu dan akan segera diselidiki. Jang hee Jae datang dan ingin bicara empat mata dengan Ratu Jang. Oh Tae seok heran, ada masalah apa sampai kehadirannya tidak diinginkan. Jang hee jae memberi tanda pada Ratu Jang. Ratu Jang berkata agar Oh Tae seok keluar dulu. Oh Tae seok heran. Ia keluar dari Gyotaejeon dan minta Oh Yun memeriksa apa yang dilakukan Jang Hee jae akhir2 ini. Oh yun berkata yang terpenting bagi kita sekarang memeriksa latar belakang Dong yi, Oh Tae seok merasa ada yang lebih penting dari itu. Oh Yun mengerti dan pergi.

Ratu Jang dengar dari kakaknya kalau buku catatan militer itu mungkin ada di tangan Dong Yi dan Shim Yun Taek. Seperti yang sudah anda duga, Yang Mulia. Jang hee Jae merasa Shim Yun Taek itu sudah merencanakan sesuatu. Ratu Jang : sesuatu? Jang Hee Jae berkata mereka menunggu bukti yang penting dan mencari kesempatan, jika perlu dia akan membantai mereka, dia akan…

Ratu Jang : Apa jatuh temponya besok pagi? Tuan Chen ingin menerima buku itu besok pagi?

Jang Hee jae membenarkan, Ratu Jang minta kakaknya tenang dan fokus, jika sekarang mereka panik, maka mereka akan hancur. Jika kita tidak ingin semua ini hancur.

Ratu Jang : buku militer itu ada di tangan Dong yi, kita cuma perlu mendapatkannya, dan semua akan baik-baik saja. Jang hee Jae : mengambilnya?

Pekerja Joseon sibuk dengan pekerjaan-nya dan utusan Chen mengamati lokasi konstruksi itu. Mereka terlihat oleh pihak Joseon yang langsung mengepungnya.

Sukjong mendapat laporan kejadian itu dari Do seong Ji. Utusan Chen dari Qing diam-diam memeriksa pengerahan militer di Ganghwasan dan sudah ditahan. Sukjong terkejut sekali.

Sukjong memanggil Utusan Qing itu dan berkata kalau dia mendapat laporan yang sangat mengganggu, apa sebenarnya maksud Anda melakukan itu.

Sebaliknya kata Utusan Chen, Yang Mulia sungguh berani. Sepertinya Joseon punya motif rahasia. Sukjong terkejut dengan jawaban utusan Chen. Utusan Qing lainnya minta Tuan Chen tenang. Tuan Chen mengerti lantas ia tanya tentang pembangunan benteng di Ganghwasan, tampaknya itu belum didiskusikan sebelumnya pada pihak Qing.

Sukjong membalas, apa Qing adalah Joseon sehingga kami harus lapor setiap balok atau batu yang dipindahkan. Baiklah kata Sukjong, jika kalian tertarik, aku tidak akan menghentikan kalian, kalian bisa pergi dan memeriksa semua yang kalian inginkan.

Utusan Chen lantas berkata, bagaimana kalau mengubah pembicaraan dengan masalah perbatasan, Tuan Chen dengar ada pengerahan militer di perbatasan, apa itu benar?

Sukjong berkata pada Tuan Chen, anda sudah kelewat batas. sukjong meninggalkan Utusan Qing itu dan ia terlihat benar2 kesal, dan ia minta Do seong ji untuk memeriksa masalah itu, apa Qing menyinggung masalah pengerahan pasukan di perbatasan untuk cari perkara dengan Joseon. Do Seong ji mengerti.

Shim Yun Taek menemui Dong Yi dan lapor kalau Utusan Qing terburu-buru ke Joseon untuk buku catatan militer itu. Tapi menurut Shim yun Taek bukan hanya itu, Qing juga takut dengan kekuatan militer Joseon yang semakin bertambah. Jadi mereka menginginkan buku catatan militer itu untuk mengukur sampai sejauh mana kekuatannya.

Shim yun Taek melanjutkan jika kebetulan buku itu jatuh ke tangan Qing maka Joseon akan menghadapi ancaman dari Qing lagi. Jadi untuk menenagkan Qing, Joseon harus memperlihatkan kalau militer yang dimiliki lemah, ini yang menjadi niat Sukjong selama ini tapi sekarang Utusan Qing itu mencoba mencari perkara dari masalah itu. Ini bukan hanya menjual rahasia negara, tapi mereka juga melakukan kejahatan besar atas negara ini, kita harus melindungi buku catatan militer itu bagaimanapun juga dan mereka akan menggunakan ini untuk menjerat leher mereka.

Dong yi tanya, bagaimana kita akan melakukannya? bagaimana kita bisa membuktikan jang hee jae benar2 ingin memberikan buku militer itu pada Qing.

Shim yun taek : Aku punya rencana, sudah kupikirkan dengan matang tapi ada resikonya.

Ratu Inhyeon mendapat surat dari Dong yi dengan perantaraan Jung in guk.
Ratu Inhyeon : Cheon Sang Gung sepertinya dia menyiapkan perlawanan.
Jung Geum : Apa? Cheon Sang gung?
Ratu Inhyeon : Bisa dikatakan demikian, ini bisa dikatakan sebagai pertempuran terakhir antara aku dan Hee Bin

Ratu Jang memberi tahu Oh Tae seok kalau mereka menyerahkan buku catatan militer pada Qing China. Oh Tae Seok terperanjat (masih cinta negara dia), Ratu jang berkata kita seharusnya tidak bermusuhan dengan Qing tapi sebaliknya seharusnya menjalin kerjasama yang erat.
Ratu jang berkata pada Oh Tae Seok, tidakkah anda tahu kalau kuda yang anda naiki sudah mempercepat larinya? Apa anda ingin melompat? Anda tidak bisa. Satu-satunya jalan anda harus memberikan bantuan, karena kita berada di atas kendaraan yang sama. Dan kita sama-sama bertaruh nyawa.

Dong Yi di kediaman-nya dan memandang buku militer itu, Bong Sang gung masuk untuk lapor kalau Sukjong tiba. Dong Yi segera keluar memberi hormat.

Dong yi : Chon Na!
Keduanya jalan-jalan. Sukjong mendesah, hari ini terasa panjang, karena ia bersitegang dengan utusan Qing itu, sehingga tidak bisa memperhatikan Dong yi.

Dong yi heran, Yang Mulia jangan berpikir masalah itu.

Sukjong : Aku baru dengar dari Seo Yong Gi mengenai masalahmu. Aku akhirnya mengerti kesulitan yang kau hadapi.
Dong Yi : Yang Mulia?

Sukjong : Tapi, jangan cemas.. aku tahu itu bukan salahmu ataupun kesalahan ayahmu, sebaliknya bisa dikatakan itu adalah kesalahanku sebagai penguasa negeri ini. Negeri ini memiliki pemisahan kelas sosial yang khusus, antara miskin dan kaya. Kaya karena mereka memiliki aset dan karena kaya mereka akan menekan si Miskin yang tidak bersalah, dan sebagai Raja negeri ini aku tidak pernah melakukan usaha untuk melindungi rakyat kelas Cheonmin-ku, aku selalu berkata aku menyimpan mereka dalam hati tapi aku tidak pernah menepati janji itu pada kelas Cheonmin.

Dong Yi : Tidak, bukan seperti itu, Yang Mulia. Yang Mulia dibanding dengan siapapun adalah Penguasa yang memikirkan rakyat. Apa anda lupa? Anda memberikan kepercayaan Anda pada saya yang bukan apa-apa dan hanya seorang Cheonmin dan anda sudah mengulurkan tangan untuk membantu saya. Itulah Anda, Yang Mulia.

Sukjong : Ya, kau benar, kau adalah orang yang membuatku berpikir, apa mungkin ini alasan langit mengirimkan kau padaku untuk berada di sisiku. Orang yang sudah mengatakan padaku dan membuatku sadar kalau kelas Cheonmin juga adalah rakyatku dan tanggung jawabku sebagai Raja pada mereka. Jadi aku harus merasakan penderitaanmu agar aku tahu mengenai rakyat kelas Cheonmin.

Dong Yi : Yang Mulia?
Sukjong menggenggam tangan Dong Yi dan menepuk-nepuk tangan-nya.

Ratu Jang memberikan lambang mandat untuk Jang Hee Jae dan minta Jang Hee Jae menggunakannya. Kita harus mempercepat apapun yang kita rencanakan dalam waktu ini. Apa kau mengerti?

Ratu Jang : Pedang sudah mendekati leher kita dan jika kita tidak mengambil kesempatan ini maka kita akan musnah dan akan berakhir. Jang Hee Jae meyakinkan, dia akan menyelesaikan semuanya.

Oh Tae Seok dan partai Namin mengadakan pertemuan, kalian ada di jurang kalian sendiri dan sekarang harus bertahan. Kita harus menyatukan kekuatan untuk melawan atau kita akan berakhir. Apa kalian akan membela ini dengan nyawa kalian? Anggota partai Namin mengiyakan.

Sukjong mendapat pemberitahuan dari Jang Hee Jae ada jamuan makan untuk menghormati Utusan Qing. Jang Hee Jae berkata dia mendengar ada ketegangan antara utusan Qing dengan Joseon jadi sebelum mereka kembali kita harus meredakan ketegangan Utusan Qing. Sukjong masih merasa marah dan Do Seong ji menasihati apa yang dikatakan Jang Hee Jae ada benarnya. Ini hanya hiburan diplomatik yang akan menguntungkan bagi kita. Sukjong terlihat tidak senang.

Ny. Park heran mengapa suami dan anaknya tiba2 mengadakan jamuan makan. Oh Tae Pung berkata ini jamuan paling penting untuk menghormati utusan Qing yang datang ke Doseong. Oh Ho Yang berkata ada yang lain selain hanya jamuan, ibunya tidak mengerti. Tapi Oh Tae Pung berkata pada istrinya sudahlah kau juga tidak mengerti politik.

Dong Yi mendapat laporan dari Bong Sang Gung kalau dia mendapat undangan jamuan makan dari Ratu Jang untuk menghormati Utusan Qing. Dong Yi kaget, tapi mengapa, apa alasan aku harus hadir. Bong Sang Gung berkata kalau sekarang Dong yi adalah anggota keluarga raja, mungkin itu alasannya. Ae Jung minta Dong yi menyiapkan diri agar tampil sebaik mungkin. Dong yi tersenyum.

Yoo Sang Gung memberikan dokumen pada Jeong Sang Gung dan minta Jeong Sang gung membawa Jung Im dan gungnyeo yang lain untuk bertanggung jawab pada jamuan. Jeong Sang Gung heran, bukankah biasanya pemimpin biro yang melakukannya.

Yoo Sang Gung berkata dia tidak akan selamanya ada di posisi ini, aku tahu kau juga menginginkan posisi ini, jadi ini alasanku mengirim-mu, sebagai pengalaman dan lakukan persiapan tanpa ada kesalahan.

Jang Hee Jae menunggu anak buahnya dan tanya bagaimana kemajuannya. Anak buah Jang Hee Jae lapor kalau semua sudah siap dan sesuai rencana. Nae Gem Bu (Seo Yong gi) dan biro penyelidik internal sudah tidak bisa berkutik. Jang Hee Jae tanya lalu bagaimana dengan Shim Yun Taek? Anak buahnya berkata kalau Shim yun Taek akan segera dihabisi.

Shim Yun Taek sedang jalan dan ia merasa diikuti orang. Tidak lama Shim Yun Taek tersudut dan ia tanya, kalian melakukan ini atas perintah siapa?

Pembunuh itu memerintah untuk menangkap Shim Yun Taek. Shim Yun Taek mencoba melawan tapi dipukul dan jatuh pingsan. Mereka membawa Shim Yun Taek.

Di jamuan makan, Jeong Sang Gung dan Jung Im menyambut Dong yi. Dong Yi melihat Seo Yong gi dan Orrabuninya.
Dong yi : Malam ini mereka (Seo Yong gi dan Cha Cheon soo) juga ada disini?
Jeong Sang gung membenarkan karena mereka berdua bertanggung jawab atas keamanan istana.

Dong yi merasa agak aneh, ada yang salah.

Penyusup mulai masuk ke kediaman Dong Yi (Bo Yeong Dang) dan berkata kita harus cepat.

Yoo Sang Gung berkata kita harus cepat, jika tidak malam ini akan percuma. Eun Geum : Ya, Nyonya.

Cha Cheon Soo dan Dong yi yang terlihat gelisah, apa maksud perkataanmu Dong yi..hal ini aneh?
Dong Yi melihat sekeliling : Kita semua ada di sini di saat yang sama.
Cha Cheon soo : Apa?
Dong yi : Aku dan Jeong Sang gung, juga kau Orrabuni dan Seo yong Gi, apa kau tidak merasa aneh tentang ini semua?
Dong yi : Dimana Shim yun Taek, Orrabuni? Kau belum melihatnya?
Cha Cheon soo : Aku tidak mengira dia bisa menghadiri jamuan ini.
Dong yi : Pergi dan cari Shim Yun taek.
Cha Cheon soo : Ya, Aku mengerti

Cha Cheon Soo meninggalkan jamuan. Jeong sang Gung dan Jung im menemui Dong yi, Nyonya?
Jung Im : seperti yang sudah anda katakan ada sesuatu yang aneh, saya akan cari tahu.
Dong Yi mengangguk. Pelayan istana menjatuhkan nampan dan memecahkan piring. Dong yi terperanjat.
Bong sang gung : Nyonya, anda tidak apa-apa.
Dong Yi : Kita harus segera pulang untuk melihat apa yang terjadi.
Bong Sang Gung heran.

Dong Yi akan pergi ketika Ratu Jang datang, kau mau kemana Cheon Sang Gung?
Dong yi memberi salam pada Ratu Jang. Dong Yi ingin pergi tapi Ratu Jang menghentikannya.

sumber : kadorama-recaps.blogspot.com

Jangan lupa meninggalkan jejakmu ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s