Dong Yi – Episode 43

Cha Cheon Soo memacu kudanya di jalan. Seo Yong Gi mendapat laporan kalau Gae Do Ra ditangkap. Hwang Jung Gu berkata bukan itu saja, tapi masalahnya ..Han Jang Bu menyambung, Yang Mulia Sukwon ada di tempat itu bersama Gae Do Ra, dan Baginda juga datang dan menyaksikan sendiri semuanya itu.

Seo Yong Gi terkejut, Cha Cheon Soo apalagi, ia pucat pasi. Ia mendekati Hwang Jung Gu, apa katamu? Dong Yi ada di situ dan Baginda juga? Hwang Jung Gu membenarkan dan tanya, apa yang akan kita lakukan sekarang, Tuan.
Cha Cheon soo : Dong Yi…

Di Gibang, Sukjong berbicara pribadi dengan Dong Yi. Apa yang sebenarnya terjadi? apa kau ada hubungannya dengan pemimpin Geumgae?

Dong Yi hanya memandang kosong ke arah Sukjong dan diam saja. Lalu Sukjong berkata ah ini mungkin hanya kesalahan saja, aku ingin penjelasan darimu, mengapa kau tidak di istana dan justru ada di tempat ini, apa yang terjadi, bagaimana kau bisa terlibat dengan kriminal, apa yang kau lakukan di sini?
Sukjong : Dong Yi?

Dong Yi: Saya selalu ingin mengungkapkan dan mengaku pada Anda langsung tentang semuanya, Cheon Na dan di depan anda saya ingin membuka masa lalu saya yang tersimpan rapat dan semuanya, tapi sepertinya sekarang semuanya sudah terlambat, Yang Mulia.
Sukjong : Dong Yi?? Raja terlihat sangat terpukul.

Jang Mu Yeol masuk dan minta maaf pada Sukjong, Maaf Yang Mulia, tapi Yang Mulia Sukwon harus ikut kami ke kantor Hanseong untuk memberikan penjelasan. Lalu Jang Mu Yeol minta anak buahnya mengawal Dong yi ke kantor mereka.

Dong Yi pergi meninggalkan Sukjong yang terdiam dan terlihat masih bingung.

Dong Yi masuk ke kantor Hanseong dibawah pengawalan. Cha Cheon Soo dan Seo Yong gi juga tiba di Hanseong, mereka berseru memanggil Dong Yi.

Cha Cheon Soo ingin masuk dan sudah menghunus pedangnya. Seo Yong Gi memerintah Cha Cheon soo untuk menurunkan pedangnya dan menyarungkannya kembali. Cha Cheon Soo tidak bisa membiarkan Dong Yi ditahan di Hanseong.

Jang Mu Yeol keluar dan minta Cha Cheon Soo menahan pedangnya, bagaimana pejabat Jung Sa Gwan-Na Geum Bu bisa menyebabkan keributan di kantor Hanseong, keduanya saling melotot. Seo Yong Gi memperingatkan Cheon Soo lagi, akhirnya Cha Cheon Soo mengalah dan mundur. Seo Yong Gi tanya pada Jang Mu Yeol, apa yang sebenarnya terjadi.

Jang Mu Yeol : Apa yang sebenarnya terjadi…kami juga akan menanyakan pada Yang Mulia Sukwon mengenai itu. Tapi jangan terlalu khawatir, Yeong Gam..jika Yang Mulia tidak salah, tidak akan ada masalah, bukan?

Di Gibang, Sukjong masih termangu, lalu ia mulai sadar. Kasim Han memanggilnya, lalu Sukjong tanya, dimana Dong yi? Kasim Han berkata kalau Sukwon sudah dibawa ke kantor Hanseong. Sukjong masih memikir, apa ini sebenarnya, lalu memerintah Kasim Han mencari Seo Yong Gi, lalu berkata cari Cha Cheon soo..lalu bingung lagi, dan berkata siapapun yang bisa kau temukan, tidak masalah, bawa dia menghadapku, segera! (lihat kemiripan karakternya dengan Dong Yi kalau bingung? hehe..memang mirip..)

Kasim Han segera pergi.

Jang Hee Jae sudah memakai seragam lagi dan bergegas ke Chwi Seon Dang, ia terlihat senang sekali. Jang Hee Jae berkata pada Hee Bin kalau shin pyeon milik Dong Yi digunakan untuk memakai perahu dan sekarang dipakai sebagai bukti yang memberatkan.

Dan lagi, Dong Yi tertangkap basah membantu pemimpin Geumgae untuk melarikan diri dan Sukjong juga menyaksikan sendiri semua insiden itu dan bisa dikatakan Dong Yi sudah tamat.

Jang hee Bin mengingat perkataan Jang Mu Yeol, apa mungkin Dong yi adalah putri Choi Hyo Won? Itu akan menjadi bukti yang sangat penting untuk menghabisi Dong Yi. Jang Hee Bin berkata itu masih belum cukup, sekarang Sukjong sering keluar sendirian.

Jang Mu Yeol heran, apa yang dimaksud Jang Hee Bin?

Jang Hee Bin ingin Sukjong melihat sendiri petualangan Dong yi diluar istana dan tanya apa kau sudah jelas? Kalian harus membiarkan Sukjong melihatnya sendiri dengan mata kepalanya sendiri. Jika kita bisa membuat Sukjong menyaksikan sendiri semua ini, maka mereka tidak akan punya alasan untuk menyangkalnya. Insiden ini akan menjadi hal yang tidak akan pernah terlupakan selamanya.

Jang Hee Bin kembali ke Chwi Seon Dang lalu berkata dapam hatinya : Bagaimana perasaanmu sekarang, Yang Mulia..Apa yang akan anda lakukan sekarang, Yang Mulia. Anda sebagai penguasa negeri ini, apa anda pikir anda bisa mempercayai Sukwon secara total?

Sukjong sakit kepala, lalu ingat sikap Dong Yi yang sangat mencemaskan Gae Do Ra.
Dong Yi menunggu nasibnya di kantor Hanseong, lalu ingat betapa marahnya Sukjong ketika melihatnya bersama Gae Do Ra.

Yeong Dal lapor pada Jeong Sang Gung tentang insiden di Gibang. Jeong Sang Gung tanya sekali lagi, apa benar Dong Yi bersama pemimpin Geumgae? Yeong Dal membenarkan, Gae Do Ra adalah teman masa kecil Dong Yi.

Jung Im tidak percaya, apa ini satu2nya alasan, benar tidak ada yang lain? Yeong Dal berkata ia tidak tahu yang lainnya. Ia hanya menyampaikan pesan dari Seo Yong Gi dan Cha Cheon Soo tapi tidak pernah menyadari tindakannya membuat Dong Yi jadi ketahuan.

Hwang Ju Shik mencemaskan Dong Yi dan tanya pada Jeong Sang gung, apa Dong Yi akan dihukum? Jeong Sang gung hanya bisa melihat dengan pandangan kosong.

Seo Yong Gi bergegas berangkat ke Daejeon untuk menghadap Sukjong. Cha Cheon soo menghentikannya, Tuan anda tidak bisa melakukan itu. Seo yong Gi memintanya minggir, dia adalah penjahatnya, dialah yang minta Dong Yi merahasiakan identitasnya. Aku tidak akan mengijinkan Sukwon menanggung kesalahanku.

Cha Cheon soo menghadang langkah Seo Yong Gi.

Cha Cheon soo : Apakah anda sudah melupakan permintaan tulus Yang Mulia pada anda..Yang Mulia sudah menyerahkan P. Yeong Su dibawah penjagaan Anda..saya sekarang tidak bisa lagi menjaga P. Yeong Su, tapi Yeong Gam..anda bisa..

Seo Yong Gi : Cha Jung Sa Gwan!

Cha Cheon Soo berlutut di depan Seo Yong Gi..ia memohon dengan sangat.
Cha Cheon Soo : Tolong pertimbangkan lagi Tuan. Saya tahu keputusan ini sangat sulit bagi anda, tapi Yeong Gam, anda harus bertahan untuk menghadapi ini.

Seo Yong Gi terlihat sangat terpukul.

Dong yi di kantor Hanseong. Jang Mu yeol menunjukkan shin pyeon milik Dong yi, dan mulai bertanya. Apa anda mengenali sin pyeon ini, Yang Mulia? Saya dengar anda menggunakan shin pyeon ini untuk menggunakan kapal kerajaan, apa itu benar?

Dong yi diam saja.

Jang Mu Yeol : Ah, sebenarnya ini hal yang biasa dilakukan, siapa yang tidak tahu kalau Yang Mulia sangat dipercaya oleh Baginda? Dan bisa menggunakan kapal kerajaan tanpa masalah tapi yang membuat kami ingin tahu, Yang Mulia di tengah malam seperti ini dan juga sendirian bukannya ada di istana tapi di Gibang..itu agak aneh. Apa yang anda rencanakan? Apa anda ingin membantu pemimpin Geumgae untuk melarikan diri?

Dong Yi : Anda adalah pejabat Seo Yoon dari Hanseong, iya kan?
Jang Mu Yeol : Benar, Yang Mulia.
Dong Yi : Sebagai pejabat Seo Yoon, saat itu ketika kau melihatku menyamar dan ada di tempat itu, sepertinya kau tidak terkejut, dan sepertinya kau sudah tahu terlebih dulu mengenai semuanya. Kecurigaanmu tidak salah, tapi aku tidak akan mengatakan apa-apa padamu, tapi aku akan mengatakan pertama kali yang sebenarnya pada Baginda.

Jang Mu yeol : Yang Mulia..itu..

Dong Yi : Aku tidak berharap menghindar dari kesalahanku, jadi tenang saja. Apa yang ingin kau dengar dariku, kau akan mendengarnya setelah aku bertemu dengan Baginda.

Di Daejeon,

Sukjong menerima Cha Cheon soo, ia marah pada Cheon Soo. Sebagai kakak Dong Yi, kau pasti tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Cha Cheon Soo hanya bisa berkata semua ini adalah kesalahannya, dan dia seharusnya dihukum. Cha Cheon Soo berkata Dong Yi tidak punya pilihan kecuali membantu sahabat masa kecilnya, ini kesalahan saya Baginda. Sebagai petugas pemerintahan dan tahu mengenai keberadaan-nya tapi tidak menangkapnya. Sukjong terperanjat mendengar kejujuran Cha Cheon Soo.

Sukjong tanya mengapa kalian tidak menyangkalnya, kau adalah petugas Nae Geum Bu dan tahu mengenai pemimpin Geumgae tapi menyembunyikan ini karena mengingat kalau kalian teman, bagaimana Dong yi bisa keluar dan membantu pemimpin Geumgae?

Sukjong tanya apa ini yang akan coba dijelaskan oleh Dong yi selama ini, ini sepertinya berhubungan dengan masa lalunya. Apa ini yang membuat Dong Yi tidak bisa mengatakannya?

Kasim Han masuk dan lapor kalau Sukwon ada di Daejeon dan ingin menghadap Sukjong. Cha Cheon soo terperanjat. Dong Yi masuk ke Daejeon.

Cha Cheon Soo : Yang mulia..
Dong Yi memohon : Biarkan aku yang menjelaskan pada Baginda.
Cha Cheon Soo : Yang mulia!
Dong Yi : Kumohon Orrabuni, ini harus kuselesaikan sendiri. Jangan membuatku menderita karena menyembunyikan masalah ini di depan Baginda.

Cha Cheon Soo berdiri mematung di depan Daejeon. Shim Yun Taek datang dan menemukan rekannya yang pucat pasi, apa yang terjadi dengan Dong Yi?

Sukjong : Dong Yi?
Dong yi : Saya mohon jangan mengampuni saya Yang Mulia. Jangan memaafkan saya karena sudah merahasiakan kebenarannya dari anda sedemikian lama, atas masa lalu saya yang begitu menakutkan. Siapa sebenarnya saya..

Sukjong : Tidak..itu sudah cukup..biarkan aku bicara dulu.
Dong Yi : Yang Mulia?
Sukjong : Ya, aku sudah menebak situasi sebenarnya. Aku tahu kalau di masa lalu ayahmu dan juga kakakmu sudah menerima bantuan dari Geumgae..itu benar, Seo yong gi sudah mengatakan itu padaku sebelumnya. Geumgae membantu orang yang tidak tahan dengan siksaan kaum Yanban.

Dong yi menggelengkan kepalanya.
Sukjong : Kau melihatnya sebagai kejahatan, jadi kau berkata kau tidak memenuhi syarat berada di sampingku tapi mereka ingin menggunakan hal ini untuk menekanmu, sehingga mereka mencari mengenai masa lalumu untuk menyerang dan juga Geumgae memanfaatkanmu.

Dong yi : Tidak, Yang Mulia, bukan seperti itu..Geumgae tidak pernah memanfaatkan saya. Sayalah yang ingin membantu mereka.
Apa?? Sukjong terkejut sekali.
Dong Yi : Saya bukan Cheon ..Dong yi, Yang Mulia..
Sukjong shock.

Dong Yi : Choi ..Hyo won adalah mendiang ayah saya, Choi ..Dong yi adalah nama asli saya yang saya rahasiakan selama ini, Yang Mulia. Saya tidak pernah menjadi pelayan yang melarikan diri..Saya lahir dan dibesarkan di Ban Cheon, putri seorang koroner, dan lagi juga putri …Pemimpin Geumgae yang meninggal dalam insiden Shinyu. Ayah saya adalah pemimpin Geumgae. Mendiang kakak saya juga anggota Geumgae..inilah saya sebenarnya, Yang Mulia. Inilah saya yang tidak pernah bisa saya ungkapkan pada anda, dan sudah menyembunyikan dari anda.

Sukjong terpana, ia tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Sementara itu, Jeong Sang gung dan Jung im bergegas pergi ke suatu tempat.

Dong Yi : Jadi saya tidak punya pilihan dan tidak bisa mengabaikan mereka, jadi saya menggunakan kemampuan saya untuk membantu mereka melarikan diri..yang Mulia. Saya akan menanggung semua kesalahan saya, tapi tidak satupun anak buah saya tahu masalah ini, termasuk Seo Yong Gi atau bahkan para gungnyeo di biro penyelidik internal, jadi saya mohon pada anda, ampuni mereka ..saya mohon.

Sukjong membentak Dong Yi : Cukup!!! jangan bicara lagi!! Jangan mengatakan sepatah katapun..tidak perlu bicara ini..
Dong Yi : Yang Mulia?

Sukjong : Kau ingin menanggung semua hukuman, beraninya kau!! beraninya kau mengatakan kata2 itu padaku!! bagaimana kau bisa melakukan ini!! Apa ada Kasim diluar…

Kasim Han bergegas masuk ke dalam, Ya, Yang Mulia.
Sukjong : Bawa..Sukwon pergi dari sini!! Sukwon harus kembali ke kediamannya!!

Dong Yi : Yang Mulia!
Kasim Han terlihat kaget karena kemarahan Sukjong : Yang Mulia?
Sukjong teriak lagi : Kau tidak mendengarku ya!! aku minta bawa Sukwon pergi!!

Dong Yi meninggalkan Daejeon, Cha Cheon soo masih diluar menunggunya, Yang Mulia! Dong Yi tersenyum karena merasa lega, paling tidak ia sudah jujur pada Sukjong, dan akan menerima konsekuensinya.

Sukjong mengingat kata2 Dong yi dan ia memukul meja karena murka, tapi akhirnya justru menangis sedih.

Dong yi kembali ke kediamannya, dan melihat Jeong Sang Gung, Jung Im dan juga stafnya menunggunya. Dong Yi minta mereka bubar, juga Jeong Sang Gung dan Nam Sang Gung (Jung Im), kembali saja ke kantor biro penyelidik internal, dan jangan menginjak Bo Gyeong Dang lagi.

Jung Im : Apa maksud anda mengatakan itu.
Dong yi juga minta Bong Sang Gung dan yang lain untuk pergi dan mengemasi barang2 mereka, tunggu perintah selanjutnya, mulai sekarang tidak seorang pun diijinkan ada di Bo Gyeong dang, apa kau mengerti? Dong Yi lalu jalan melewati mereka.

Jeong Sang Gung : Tidak, saya tidak akan melakukannya.
Dong yi jadi susah, Jeong Sang Gung?

Jeong Sang Gung: Anda mengatakan itu hanya untuk menjaga kami? Inilah mengapa anda ingin menyingkirkan kami.
Dong yi : kau tidak dengar? aku minta kalian kembali ke tempat kalian segera!
Jeong Sang gung : Yang Mulia?

Dong Yi : Kumohon, aku mohon padamu Jeong Sang gung, jangan karena aku, kalian jadi celaka, paling tidak biarkan aku melakukan yang kubisa untuk menjaga kalian.

Jeong Sang gung : Lalu, apa yang harus kami lakukan? Kami yang bahkan tidak bisa melindungi anda, bagaimana dengan kami.
Dong yi : Jeong Sang Gung!
Jung Im : Kami sudah tahu semuanya, dan kami tahu anda tidak bersalah.

Jeong Sang gung dan Jung Im berlutut di depan Dong Yi, Yang Mulia, mulai sekarang, kami tidak akan beranjak selangkahpun dari tempat ini. Jika anda berkeras agar kami pergi, maka saya akan berkata kalau saya tahu mengenai ini sebelumnya dan akan menanggung semuanya bersama anda.

Jung Im : Yang Mulia?

Bong Sang Gung dan Ae Jung juga berlutut, kami akan tetap melayani di samping anda, bagaimana anda bisa minta kami meninggalkan anda, dan menyelamatkan diri sendiri, selama ini, Yang Mulia sangat baik pada kami, bagaimana anda bisa meminta kami pergi.

Ae Jung : Perjalanan yang akan anda lalui, kami juga akan melaluinya, jadi jangan mengusir kami..

Dong yi hanya bisa menahan tangisnya mendengar kata-kata mereka..guru, rekan, dan stafnya yang setia.

Seo Yong Gi duduk di kantornya dan ia ingat kata2 Dong Yi, Pangera Yeong Su, aku mohon jagalah dia, Yeong Gam..apapun yang terjadi setelah ini, Yeong Gam kau tidak boleh terlibat, agar anda bisa tetap di istana untuk menjaga Pangeran Yeong Su…

Seo Yong Gi membuka topinya dan ia menangis..

Shim Yun Taek menghadap Ratu Inhyeon di Daejojeon. Yang Mulia Ratu!

Ratu Inhyeon : Tunggu sebentar, jangan bicara apa-apa. Ratu berpikir keras.

Cha Cheon soo berdiri di depan kantornya dan menggenggam pedangnya. Dong yi menepuk-nepuk Pangeran Yeong Su dan menahan tangisnya agar tidak membangunkan putranya itu.

Sukjong merenung sendirian di Daejeon.

Dewan menteri dari partai Namin berlutut di luar Injeongjeon dan mohon Baginda agar tidak mengampuni Dong yi karena sudah bersalah menipu Yang Mulia, itu tidak bisa diampuni. Dong yi adalah putri Pemimpin Geumgae yang sudah merong-rong negara, dia bisa masuk istana dan membodohi negara ini, dan juga keluarga Raja.

Terlebih, Sukwon sudah membantu pemimpin Geumgae melarikan diri, pelanggaran itu tidak bisa diampuni. Geumgae tidak bisa diampuni, dan Sukwon juga. Mohon Baginda mempertimbangkan.

Sukjong mendapatkan petisi mereka dan juga Shin pyeon milik Dong yi sebagai bukti.

Do Seong ji berkata kalau memang benar Dong yi adalah putri Choi Hyo Won, pemimpin Geumgae yang sudah terlibat dan juga meninggal dalam insiden Shinyu. Lalu Geumgae bangkit kembali dan mulai membunuh para bangsawan. Dong yi sengaja membantu pemimpin geumgae melarikan diri.

Ny. Yoon mengunjungi Jang Hee Bin. Jang Hee Jae sudah ada di dalam dan berkata sekarang dewan istana ada di depan Daejeon dan mendesak Sukjong. Baginda tidak akan bisa menyangkal buktinya.

Jang hee Bin berkata kita harus mengambil kesempatan ini, Dong yi dan anak buahnya tidak boleh ada yang lolos dari hukuman, kita harus meyakinkan agar mereka tidak akan bisa membalik keadaan. Jang Hee Jae berkata tenang saja, ia dengar Sukjong murka sekali, pasti akan ada yang terjadi.

Ny. Yoon masuk, dan berkata ia datang sesegera mungkin setelah mendengar kalau ada kemungkinan bisa menyingkirkan Dong yi. Jang Hee Jae meyakinkan ibunya, sekarang kita bisa tenang dan tidur nyenyak. Ny. Yoon berkata ia sudah lama menunggu hari ini, kalau hari ini ia mati, ia tidak akan menyesal.

Partai Seoin menghadap Ratu Inhyeon dan mereka terlihat panik.

Jung In Guk : Meskipun penyelidikan belum berakhir dan belum diumumkan tapi keterlibatan Sukwon dalam kejahatan ini tidak dapat disangkal, Yang Mulia. Tidak ada pilihan lain. Sukwon tidak bisa menghindar dari hukuman, Yang Mulia.

Ratu Inhyeon : Tidak, aku tidak akan membiarkan ini terjadi.
Jung In Guk : Yang Mulia?
Ratu Inhyeon : Orang yang terlibat bukan hanya Sukwon saja.
Jung In Guk kaget, apa maksud anda Yang Mulia?

Jang Hee Bin terkejut, Ratu tiba di Chwi Seon Dang ? Apa? Ratu Inhyeon?
Jo Sang Gung : Benar, Yang Mulia.
Hee Bin : Iya, antarkan dia masuk.

Ratu Inhyeon masuk ke Chwi Seon Dang, Jang hee Bin sedikit terperanjat dan sedikit grogi. Ratu masuk dan Jang hee Bin memberi hormat pada Ratu. (Ini pertama kali mereka berseteru setelah Ratu kembali ke istana)

Jang Hee Bin : Yang Mulia Ratu.
Ratu Inhyeon menatap Hee Bin.

Sementara itu, Sukjong membaca petisi dan berkata pada Kasim Han, untuk bersiap, aku harus pergi ke satu tempat.

Di Chwi Seon Dang, Ratu Inhyeon tanya, bagaimana rasanya..Sukwon yang adalah batu sandungan di matamu..akan lenyap, apa kau merasa puas?

Jang Hee Bin pura2 tenang. Maafkan saya, Yang Mulia tapi saya tidak tahu apa maksud Yang Mulia.
Ratu : Benarkah?
Jang Hee Bin : Mengenai masalah Sukwon, saya juga merasa kasihan tapi dia sanggup melakukan hal yang menakutkan itu dan merahasiakan identitas aslinya dari Chon Na dan juga anda, Yang Mulia Ratu, maka anda berdua pasti sangat terperanjat.

Ratu : Ya benar, ini sangat mengejutkan dan juga membuat aku marah, takut kalau Chon Na juga akan ada di situasi yang sama..tapi..orang yang membuatku marah bukan Sukwon..tapi kau! Sampai sekarang, kau sama sekali tidak berubah, kau selalu menggunakan taktik untuk menjerat Sukwon, semuanya harus sesuai dengan keinginanmu, Hee Bin. Aku sekarang bukan lagi Ratu yang dulu, yang hanya nama saja. Jadi camkan ini baik-baik, ini karena aku tidak akan membiarkan Sukwon menderita hal yang sama seperti aku dulu.

Jang Hee Bin hanya terdiam mendengarnya. Ratu Inhyeon pergi. (Bagus Ratu!! fight that witch!)

Petugas Min terkejut, Sukjong tiba di Hanseong. Sukjong minta pengawal pergi. Kasim Han memberikan dokumen tempat Gae Do Ra ditahan. Sukjong memerintah semua pengawal pergi, ia ingin sendirian dengan Gae Do Ra. Kasim Han mematuhinya.

Sukjong berdiri di luar sel Gae Do Ra, Apa kau Gae Do Ra, pemimpin Geumgae?

Gae Do Ra terperanjat melihat Sukjong.

Jang Mu yeol terkejut ketika Min lapor kalau Sukjong menemui Gae Do Ra langsung. Jang Mu Yeol bingung, apa yang terjadi?

Sukjong : Siapa namamu?
Gae Do Ra : Saya Gae Do ra

Sukjong : Melihat dirimu, kau masih sangat muda, aku dengar kau teman masa kecil Sukwon jadi kau pasti belum juga 30 tahun. Sukjong menunjukkan dokumen tentang Gae Do Ra.

Sukjong : Ini dokumen yang sudah kuterima, isinya tentang semua kejahatanmu yang sudah kau perbuat dan betapa brutalnya kejahatanmu disini. Masalah ini pasti harus kalian bayar dengan nyawa kalian. Tapi, disini ada yang tidak dimasukkan. Alasan mengapa kau melakukan ini semua..mengapa Geumgae harus melakukan pembunuhan sebrutal ini, alasan itu tidak dicatat.

Gae Do Ra heran : Chon na?
Sukjong : Alasan yang ingin kudengar dan inilah mengapa aku datang kesini..jadi bicara! Apa alasanmu, mengapa kau membunuh Yanban dengan sebrutal itu?

Gae Do Ra : Chon Na! Ini karena tidak seorangpun membantu kami.
Sukjong : Apa?

Gae Do Ra : Kami ingin melenyapkan kaum Yanban, karena tidak ada seorang pun yang membela kami. Meskipun kami terlahir sebagai manusia, tapi kami tidak bisa hidup seperti layaknya manusia, inilah kelas Cheonmin itu. Hidup kami termaginalkan dan pada akhirnya kami akan mati sia-sia dan tidak seorang pun akan membela kelas Cheonmin. Inilah negeri ini, itulah mengapa saya mengayunkan pedang saya untuk memberi mereka pelajaran, untuk mengatakan pada mereka kalau kami ini juga manusia dan jangan membunuh kami seenaknya saja seperti hama, tapi saya tidak akan menyesali perbuatan saya, Yang Mulia.

Karena saya tahu hukuman dari pembunuhan adalah kematian. Tapi jika saya terlahir kembali sebagai Cheonmin, maka saya akan tetap mengayunkan pedang dan akan melakukan kejahatan yang sama, tapi Yang Mulia Sukwon tidak bersalah, pemimpin Geumgae yang meninggal dalam insiden Shinyu juga tidak bersalah. Apa yang ingin dilakukan pemimpin Geumgae adalah hanya memberikan perlindungan pada kaum Cheonmin, meskipun mereka mengayunkan pedang mereka, tapi mereka tidak membunuh siapapun, bahkan ketika dituduh dengan kejahatan yang tidak mereka lakukan dan meninggal dengan sia-sia. Sukwon tidak bersalah dan kehilangan ayahnya secara tidak adil.

Sukjong : Apa sebenarnya yang kau katakan? Dituduh melakukan kejahatan yang tidak mereka lakukan..Apa yang terjadi pada ayah Sukwon, dia dituduh dengan tuduhan palsu?

Jung Im mendekati Jeong Sang Gung, bagaimana ini, apa Yoo Sang gung akan membantu kita? Jeong Sang Gung mengakui, ini sulit bagi Yoo Sang Gung. Yoo Sang gung setuju untuk membantu. Ia berkata Jang Mu Yeol yang memerintahkan mereka untuk mengamati Dong Yi, saya akan mengatakan itu. Eun Geum dan Shi Bi juga akan memberikan kesaksian mereka. Jeong Sang Gung senang mendengarnya. Jung Im berterima kasih pada Shi Bi dan Eun Geum.

Dong Yi berkata pada Bong Sang Gung : Aku akan pergi ke kantor Hanseong untuk diperiksa. Aku akan tiba di sana sekitar jam 3 sore. Katakan itu pada mereka.

Bong Sang Gung : Yang Mulia?
Dong yi sudah siap pergi, tiba2 Ae Jung datang dan berkata Ratu Inhyeon datang. Dong yi terperanjat.

Sukjong kembali ke Daejeon. Shim Yun Taek menunggu dan ingin melaporkan sesuatu. Apa itu, tanya Sukjong. Shim Yun Taek berkata ini mengenai Oh Tae Seok dan Geumgae.

Sukjong tertarik.

Ratu Inhyeon bersama Dong Yi, ikuti saja dan dengarkan nasihatku, kau tidak boleh kalah, apapun caranya, aku akan melindungimu.

Dong yi : Yang Mulia! Anda tidak boleh melakukan itu, anda tidak tahu kesalahan saya.

Ratu Inhyeon : Ya, kau adalah putri pemimpin Geumgae, tapi dalam insiden Shinyu, ayahmu sudah difitnah, jadi itu bukan kesalahan ayahmu ataupun dirimu. Aku tahu ini semua adalah perbuatan Oh Tae Seok yang ingin mengkambing-hitamkan mereka, aku juga tahu kalau kau sudah punya bukti kalau mereka tidak bersalah.

Dong Yi : Tapi masa lalu saya tidak akan berubah, juga niat saya untuk membantu pemimpin Geumgae yang baru melarikan diri.

Ratu Inhyeon : Jadi kau benar2 ingin pergi ke Hanseong untuk menyerahkan diri, apa kau tidak mengerti, Sukwon? Jika ada kesalahan, nyawamu tidak akan diampuni.

Dong Yi diam saja.
Ratu Inhyeon : Sukwon!

Jang Mu Yeol minta petugas Min pergi dan mengawal Dong yi dari Bo Gyeong Dang ke Hanseong. Kita harus segera menyelesaikan ini. Petugas Min mengerti dan mengerahkan anak buahnya.

Seorang petugas datang dan berkata Do Seong ji tiba dengan perintah Raja!

Jang Hee Bin terlihat gelisah dan mondar mandir di Chwi Seon Dang. Jang Hee Jae datang menemuinya, Hee Bin tanya, bagaimana perkembangan mengenai hukuman untuk Dong Yi? Apa Sukjong sudah membuat keputusannya mengenai ini?

Jang Hee jae terlihat bingung, ia tidak tahu bagaimana mengatakannya.

Dong yi keluar dari kediamannya dan menemui Bong Sang Gung, apakatamu..ada larangan pergi ke Hanseong?
Bong Sang Gung : Sepertinya ada perintah dari atas kalau anda tidak boleh meninggalkan Bo Gyeong Dang selangkahpun.

Dong yi : Siapa yang memberikan perintah itu?

Sukjong tiba2 datang bersama rombongannya, Itu perintahku! Aku yang sudah memberikan perintah itu!

Dong yi terkejut dan segera memberi hormat, Yang Mulia.

Keduanya duduk di dalam dan diam. Yang Mulia?

Sukjong : Aku sudah mendengar masalah ayahmu..apa yang ingin ia lakukan? Mengapa ia meninggal seperti itu..
Dong yi : Yang Mulia?

Sukjong : Itu bukan kesalahanmu. Semua adalah kesalahanku sebagai Raja. Kau selalu ingin mengungkapkan kebenaran masa lalumu padaku beberapa waktu lalu, tapi aku tidak pernah mengijinkanmu mengatakan sepatah katapun mengenai itu.

Dong Yi : Chon Na?

Sukjong : Jadi orang yang menyembunyikan masa lalumu adalah aku, dan yang menyebabkan kaum Cheonmin sengsara juga adalah kesalahanku sebagai Raja. Masalah ini, biarkan aku yang bertanggung jawab menyelesaikannya. Aku tidak akan pernah bisa membiarkanmu celaka, jadi Dong yi, kau hanya perlu…

Dong Yi : Saya sudah membantu Geumgae. Saya tahu Geumgae bangkit kembali tapi tidak mengatakan kebenarannya, juga saya berniat membantu pemimpin Geumgae yang baru untuk melarikan diri, Chon Na.

Sukjong : Dong Yi!!

Dong Yi : Bahkan jika ayah saya sudah dikatakan tidak bersalah tapi ini tidak bisa menutupi kesalahan saya Cheon Na. Mereka yang tahu kebenaran…

Sukjong menyela : Jadi aku minta padamu untuk berbohong saja, apa kau tidak mengerti, kau hanya membantu teman masa kecilmu, kau tidak tahu kalau dia itu pemimpin Geumgae.

Dong Yi : Yang Mulia!
Sukjong : Dia sudah menyembunyikan identitasnya untuk mendekatimu dan memanfaatkanmu, inilah mengapa tanpa tahu lebih dulu kau ada di situ.
Dong Yi : Yang Mulia!
Sukjong : Jika kau mengatakan itu, aku akan menyelesaikan semua masalah..jadi..

Dong Yi : Itu tidak mungkin saya lakukan Yang Mulia! Bagaimana anda bisa meminta saya berbohong seperti itu di depan umum.
Sukjong : Dong yi!!!

Dong Yi : Apa yang akan dikatakan dunia, bagaimana dengan dewan istana, rakyat, apa yang akan mereka katakan mengenai ini. Tidak, anda tidak bisa melakukannya, Yang Mulia, Ini tidak mungkin. Saya tidak bisa melakukan ini hanya untuk menyelamatkan nyawa saya dan membuat integritas Anda sebagai Raja hancur. Yang Mulia, anda adalah penguasa negeri ini..(Dong yi ini lebih “Raja” dari Raja sendiri. Raja sejati, berani mati demi melindungi anak buahnya, hebat..)

Sukjong teriak setengah menangis : Aku tidak peduli karena aku ini adalah Rajanya!! Dong yi terperanjat melihat Sukjong menangis dan memohon padanya.

Sukjong : Apa kau tidak mengerti? Aku berharap lebih baik kalau aku bukan Raja, Tidak peduli apa yang terjadi, aku tidak bisa tidak memikirkannya. Baiklah, jika ini bisa menyelamatkanmu, jika ini bisa dilakukan dan dikatakan, jika aku tercatat buruk dalam sejarah untuk menjadi Raja paling tidak kompeten, aku tidak peduli, semuanya tidak akan membuatku susah. Ya, aku dibesarkan di istana dan dipersiapkan sebagai penguasa negeri ini. Aku hanya hidup sebagai Raja. Tapi aku tidak tahu bagaimana aku bisa melanjutkan hidup seperti ini. Tapi aku juga tahu kalau aku tidak akan sanggup kehilangan dirimu, Dong yi..Bagaimanapun juga, aku tidak sanggup kehilangan dirimu..Dong Yi.

Sukjong tidak tahan lagi dan ia bangkit memeluk Dong Yi sambil menangis, jadi aku mohon padamu..tutupilah masalah ini, katakan saja itu semua tidak terjadi Dong yi, tidak ada yang terjadi..tidak ada yang telah terjadi..Dong Yi.

Dong yi menangis terisak-isak, Yang Mulia!

Jang Hee Bin duduk di Chwi Seon Dang dan ia terpukul, Sukjong memilih untuk melindungi Dong Yi, dengan segala cara dan memerintahkan penangguhan. Kedua stafnya juga termangu. Jang Hee Bin tidak bisa percaya ini. Sukjong pilih kasih.

Jang Hee Bin : Bahkan dia sudah tahu yang sebenarnya, dia ingin menutupi semuanya..Yang Mulia ingin melakukannya..

Jang Hee Bin sangat marah dan terpukul, ia membentak Jo Sang gung keluar dan meninggalkannya sendiri.

Jang Hee Bin : Apa ini? Orang yang punya integritas besar sebagai Raja, akan melepaskan semuanya karena masalah ini. Sukwon, apakah keberadaan-nya sangat penting bagimu?

Akhirnya tangis Hee Bin pecah dan ia memegang dadanya, ia merasa sakit hati dan juga cemburu. Ia pernah mendapatkan kepercayaan seperti ini dari Sukjong, dulu sekali dan Hee Bin merasa sangat terluka.

Jang Mu Yeol menghadap Sukjong dan minta penjelasan mengenai perintah Sukjong. Sukjong mengeluarkan perintah amnesti, kalau Dong Yi tidak akan diijinkan diperiksa oleh Hanseong.

Sukjong berkata kalau Dong yi tidak tahu sebelumnya masalah ini. Dong yi tidak tahu kalau Gae Do Ra sebenarnya adalah pemimpin Geumgae.

Jang Mu Yeol : Yang Mulia, malam itu, bukankah anda sendiri menyaksikannya. Bagaimana anda bisa membuat perintah seperti itu. Saya tidak bisa menerima perintah itu. Masalah ini harus diselesaikan sesuai hukum.

Sukjong : Ini adalah kesaksian yang kuterima dari pemimpin Geumgae sendiri, ini sudah dibenarkan oleh Sukwon. Apalagi yang kau inginkan.
Jang Mu Yeol : Yang Mulia?

Sukjong : Apa ini, apa lagi taktikmu? Kau tidak bisa terima hasilnya akan seperti ini. Aku dengar kau memerintah seseorang secara diam2 untuk mengamati kediaman Sukwon. Apa aku benar?

Jang Mu Yeol : Itu..ini karena saya sudah menerima laporan kalau Yang Mulia Sukwon punya hubungan pribadi dengan mereka, bukankah itu sudah dibuktikan kalau ternyata benar, Yang Mulia, masalah ini tidak bisa lagi ditutupi, ini adalah masalah keamanan negeri ini.

Sukjong : Itu kataku, Seo Yoon!

Jang Mu Yeol : Tidak peduli apapun perintah Anda, saya akan melakukannya sesuai hukum dan hati nurani saya bahkan jika ini akan membuat saya dipindah atau bahkan saya dipecat, demi pemerintahan, saya akan bertanggung jawab.

Jang Hee Jae bertemu dengan Jang Mu Yeol, bagaimana? Jang Mu Yeol berkata Raja keras kepala dengan keputusan-nya. Jang Mu yeol berkata jika ini tidak diurus dengan benar, maka usaha kita akan menguap begitu saja. Jang Hee Jae terperanjat.

Jang Hee Bin berkata pada Jang Mu yeol, tidak perlu memikirkan Dong yi karena sudah diputuskan oleh Sukjong.

Jang Mu Yeol merasa tidak enak. Jang Hee Bin minta Jang Mu Yeol pergi dan cari kambing hitam dari staf Dong yi dan juga pembantunya, tangkap mereka.

Hee Bin : Aku ingin tahu apa dia mampu bertahan dan tidak goyah dibawah tekanan, karena dia sangat menyayangi anak buahnya dan tidak ingin melihat mereka menderita. Para bangsawan yang terus mencela Sukjong dan juga sentimen publik, berapa lama dia akan tetap di Bo Gyeong Dang dan tidak melakukan apa-apa tentang ini.

Anak buah Dong yi mulai ditangkap oleh Jang Mu Yeol, karena dia tidak bisa menahan Dong Yi karena imunitas Kerajaan-nya.
Dong Yi : Apa yang kau lakukan disini?

Jang Mu Yeol : ada beberapa pertanyaan yang harus saya selidiki dari mereka, tolong mundur, Yang Mulia.
Dong Yi : penyelidikan? Mereka tidak tahu apapun. Mereka samasekali tidak tahu ap-apa.

Jang Mu Yeol : Ini karena tiba-tiba, kami tidak bisa meminta Yang Mulia untuk penyelidikan, jadi kami hanya bisa membawa anak buah anda untuk penyelidikan. Anda menghindari penyelidikan jadi saya memberikan waktu pada anda, dan saya akan menggunakan anak buah anda sebagai gantinya.

Min: Bawa para dayang ke Hanseong segera!
Prajurit : Baik!

Dong Yi mencoba menghentikan Jang Mu Yeol menangkap anak buahnya dan minta mereka dilepaskan, lepaskan mereka! biarkan mereka pergi!

Bong Sang Gung : Yang Mulia, kami akan baik2 saja. Yang Mulia, anda tidak boleh menyerah dalam tekanan.
Ae Jung : Yang Mulia anda harus tetap teguh..kumohon..
Jang Mu Yeol : Bawa mereka!
Dong Yi tidak bisa melakukan apa-apa, dia hanya bisa berteriak memanggil keduanya.

Pasukan Hanseong juga menuju biro penyelidik. Jeong Sang Gung dan Jung Im sepertinya sudah menduga ini akan terjadi jadi mereka tidak melawan ketika dibawa oleh Hanseong. Yoo Sang gung, Shi Bi dan Eun Geum terlihat terpukul.

Lalu mereka menangkap Cha Cheon soo di Nae Geum Bu karena bekerja sama dengan Geumgae.

Kapten : Jung Sa Gwan Cha Cheon soo, kami menangkap anda karena terlibat insiden Shinyu bersama Geumgae, ikat dia..

Cha Cheon Soo menyerahkan pedangnya pada Hwang Jung Gu dan diikat lalu dibawa. Dong Yi berlari mendatangi Cha Cheon soo, Orrabuni! Orrabuni!!

Cha Cheon Soo : Yang Mulia? Anda tidak boleh melupakan apa yang sudah dikatakan Baginda, tolong ikuti itu apapun yang terjadi, tolong berjanjilah padaku..anda harus berjanji padaku kalau akan mengikuti perintah..Yang Mulia!!
Dong Yi : Orrabuni!!

Cha Cheon soo dibawa pergi, Dong Yi hanya bisa melihat, ia tidak berdaya..Orrabuni…

Cha Cheon soo melihat untuk terakhir kalinya, Yang Mulia, anda harus tetap teguh, kumohon bertahanlah untuk kali ini saja..

Hwang Ju shik dan Yeong Dal mencoba masuk ke kantor Hanseong tapi dihentikan dan dilempar keluar.

Di pemakaman Oh Tae Seok, semua bangsawan berkabung, Oh Tae Pung bertindak sebagai pemimpin tangisan (ada adat di Asia Timur seperti Cina dan Korea, mungkin juga di beberapa suku di Indonesia, dalam upacara kematian, ada orang yang memimpin untuk menangis.) istrinya mengurus makanan. Oh Tae Pung minta anaknya menempel pengumuman di tembok kota dan akan menuntut balas atas kematian Oh Tae seok pada Dong Yi.

Rakyat membaca pengumuman dan berkata Baginda sudah tahu kebenarannya tapi memilih melindungi Dong yi. Baginda sudah dibutakan oleh kecantikan dan membuat keputusan yang tidak masuk akal.

Sarjana Sungkyunhwan (kaya drama yang baru ya..The Sungkyunhwan Scandal) mengajukan petisi di depan gerbang dan memohon agar Sukjong menghukum mati Choi Dong Yi dan kembali menjadi Raja yang tegas seperti sebelumnya dan mendengarkan permohonan rakyat. Mohon Yang Mulia mempertimbangkan.

Do Seong Ji menasihati kalau keputusan Sukjong sudah memicu sentimen publik. Do Seong Ji berkata masalah mengenai Dong yi memang akan membawa kesedihan tapi masalah ini tidak mungkin tetap ditutup.

Sukjong : Aku tidak ingin mendengarnya, kau boleh pergi.
Do Seong Ji : Yang Mulia?
Sukjong : Keputusanku sudah bulat jadi kau boleh pergi.

Do Seong Ji meninggalkan Daejeon. Sukjong marah membaca petisi itu.

Malamnya, Dong yi datang ke Daejeon dan melihat dari kejauhan. Dong yi ingat kata2 Do Seong ji padanya, Yang Mulia, jika ini terus berlanjut dan gelombang protes para Yanban itu tidak berhenti, maka yang dilakukan Baginda saat ini adalah menghancurkan sendiri dirinya sebagai penguasa dan akan meninggalkan reputasi buruk.

Dong yi ingat teriakan Sukjong, aku harap aku bukan Raja, tidak peduli apapun yang terjadi aku tidak bisa tidak memikirkannya. Baiklah, jika ini bisa melindungimu, jika ini bisa dilakukan, jika aku akan menjadi Raja yang tidak kompeten dalam sejarah, aku tidak peduli…

Dong yi : Tidak, Yang Mulia, tidak bisa..anda tidak bisa melakukan itu.

Sukjong sedang bersama Kasim Han, kau tidak boleh membiarkan rumornya terdengar ke Bo Gyeong Dang.
Kasim Han : Ya, Yang Mulia.
Sukjong : Kita harus mencegah Sukwon merasa tertekan. Apa kau mengerti?
Kasim Han : Ya, Yang Mulia.
Sukjong : Panggil Seo Yong Gi. Kita harus memeriksa insiden Shinyu kembali.
Kasim Han : Baik, Yang Mulia.

Seorang kasim masuk dengan panik, Yang Mulia!
Sukjong : Ada Apa?
Kasim Han : Yang Mulia Sukwon sekarang menuju Kantor Hanseong.
Sukjong berdiri dan menggebrak meja. Apa katamu? kemana Sukwon?

Kasim : Ke kantor Hanseong, Yang Mulia. Sekarang Sukwon sudah sampai di sana.

Sukjong kaget sekali. Dong yi jalan menuju Hanseong sendirian, lalu ia melihat ke arah kantor Hanseong.

Jang Mu Yeol terperanjat, apa benar? Min membenarkan, dia sudah tiba, Tuan.

Jang Mu yeol merasa menang. Sukjong berkuda menuju Hanseong secepatnya.

Dong yi jalan melalui para pengawal Hanseong yang membungkuk memberi hormat padanya.

Sukjong masih memacu kudanya, Dong Yi menoleh ke arah pintu masuk, ia seperti mendengar suara..
Dong yi : Mohon ampuni saya, Yang Mulia..tolong ampuni saya..

Dong yi menarik nafas dalam-dalam dan melangkah masuk ke kantor Hanseong.

sumber : kadorama-recaps.blogspot.com

Jangan lupa meninggalkan jejakmu ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s