Song Of The Prince [Seo Dong Yo] – Episode 19

Jang: Guru aku sudah mengerti alasanmu!

Mokrasu melihat dia,  senang.

Jang: Selama kita meminjam kekuatan dari Putera Mahkota, kita hanya menjadi faksi politik yang lain. Ini akan membunuh pengembangan ilmu yang sejati, dan yang tertinggal nantinya adalah Pengikut Jenderal Sun melawan Pengikut Putera Mahkota Aja.  Dan orang-orang Hanuelchae adalah satu-satunya pengikut Putera Mahkota. Jadi bahkan jika Kau memaksa mereka untuk mengakui Kau Sebagai Pimpinan Akademi, Kau hanya akan diikuti oleh orang-orang Hanuelchae …

Mokrasu: Itu benar. Ini akan menghancurkan diri kita sendiri dalam jangka panjang. Itulah mengapa aku memilih untuk mengambil jalan yang lebih lama. Aku harus menggunakan jalan yang berbeda dan menggunakan metode yang berbeda dari yang Jenderal gunakan.

Jang: Apakah harus menggunakan jalan yang lebih lama?

Mokrasu: …

Jang: Katakan padaku!

Mokrasu: Itu pilihanmu. Kau sendiri yang memutuskannya.

Selanjutnya

Eunjin: Kau akan melakukannya, benar bukan? Kau akan membawa keadilan di sini, kan?

Bumro: Ya, Kau sudah jadi pahlawan! Mereka tidak bisa menyentuhmu!

Eunjin: Lakukanlah!

Woosoo: Ya, kami akan mendukungmu Jadi lakukanlah! Kita tidak bisa hanya duduk diam dan membiarkan mereka menghancurkan kita!

Goyisoji: Aku tidak pernah berpikir Akademi akan seperti ini!

Juri: Aku juga tidak.

GUDANG AKADEMI

Mojin: Ini tidak benar! Guru, Kau harus campur tangan! Jang tidak tahu apa-apa tentang Akademi. Ini tidak benar baginya untuk melakukan hal ini! Ini terlalu berbahaya! Selain itu, aku takut anggota muda Hanuelchae mungkin mendorong dia untuk melakukan hal-hal irasional karena dendam! Tolong hentikan ini, Guru! Hentikani Jang!

Jang: (Memasuki ruangan) Aku ingin melakukannya!

Mokrasu: Maka lakukanlah!

Mojin: Guru!

Mokrasu: Teruskan!

Jang: Baik! (Dia meninggalkan ruangan)

Mojin: Kau harus menghentikannya! Apa yang kau lakukan?

Mokrasu: (Sedikit tersenyum.) Ada sesuatu yang aku ingin cari tahu.

Mojin: Apa?

AKADEMI TAEHAKSA

Jang: Guru! Aku Jang, Koordinator Umum yang baru! Aku ingin memperkenalkan diri kepadamu.

(Dia memasuki Ruangan Direktur dan dia terkejut melihat seorang wanita di sana, ia memberi hormat) Aku Koordinator Umum yang baru.

Wooyung: Kau tidak menolak penunjukan Pangeran? Kau bodoh. Keluar sekarang!

Selanjutnya

Jang: (Kepada Ataek) Aku ingin tahu daftar anggota Akademi, dan para pemimpin departemen masing-masing.

Ataek: (Menunjuk pada tumpukan buku) Segala sesuatunya ada di sana.

Jang: Bisakah kau tunjukkan aku sekeliling Akademi, dan memperkenalkan mereka kepadaku secara pribadi?

Ataek: Aku tak punya waktu untuk itu sekarang. (Dia meninggalkan Jang bersama para temannya)

DI SUATU RUANGAN

Giroo mengawasi Jang yang sedang menulis

Bumro: (Memasuki ruangan dengan anggota muda Hanuelchae lainnya.) Mengapa kau panggil kami?

Jang: (Memberikan mereka beberapa kertas yang ia tulis) Aku butuh bantuan kalian..

Eunjin: Apa ini?

Jang: Ini adalah daftar anggota masing-masing departemen dan identitasnya.  Tanyailah orang-orang mengenai mereka dan periksa secara diam-diam..

Bumro: Baiklah.

Woosoo: Apakah hanya ini semua?

Jang: Ya.

Eunjin: Ini sangatlah mudah. Setelah ini, Kau harus membantu kami untuk menerima perlakuan yang adil segera!

Woosoo: Tepat. Instruktur Mojin dan Gomo tidak diizinkan untuk menghadiri Rapat Instruktur sekarang. Juri dan Goyisoji bahkan tidak diakui sebagai anggota di sini!

Bumro: Dan banyak dari kita yang tidak diberikan tugas.

Selanjutnya

Jang berkeliling ke berbagai departemen yang berbeda, mencoba untuk memeriksa daftar anggota. Orang-orang menghindari dia, mengabaikan dia.

Eunjin: Instruktur yang mencuri penemuanku. Dia adik dari instruktur lain. Dia menjadi instruktur segera setelah memasuki Akademi.

Woosoo: Departemen Pewarnaan memiliki instruktur yang seperti dia.Aku cukup yakin mereka pengikut Jenderal Sun.

Bumro: Menurut ayahku, ada banyak orang yang bekerja keras di departemen dengan bakat yang cukup tetapi tetap sebagai pengrajin selama lebih dari sepuluh tahun.

Woosoo: Aku telah melihat banyak orang-orang seperti itu di departemen lain juga.

Jang: Bagus. Lanjutkan memeriksa hal-hal lain dengan hati-hati.(“Ya” mereka pergi)

Giroo: Kau benar-benar terlihat berubah. (Jang tersenyum.)

Suara hati Giroo: Apakah Kau seperti ini karena Kau berjanji padanya kalau kau akan bertahan hidup?

Suara hati Jang: Aku akan bertemu dengan Tuanku Puteri suatu hari nanti. Aku tidak ingin bertemu dengannya sebagai pengecut yang tidak berdaya lagi.

Suara hati Giroo: Lupakanlah dia! Kau tidak akan bertemunya lagi. Dia sekarang milikku.

Beberapa hari kemudian

Ataek: (Kepada beberapa penemu) Sudah lebih dari setahun! Kapan kalian akan mengembangkan teknik ini? Jika Kalian tidak memiliki bakat, kalian semua harus berhenti! (Ia meninggalkan mereka dan ia melihat Jang)

Jang: (Kepada para penemu) Kertas yang digunakan Akademi tidak dibuat di tempat ini?
Penemu: (Berbicara informal) Mereka berasal dari China.

Jang: Kita tidak tahu bagaimana membuatnya untuk kita sendiri?

Penemu: Kami tidak memiliki kemampuan itu. Mengapa? Mereka tidak bekerja sama dengan kami. Mereka tidak membawa jenis pohon yang kami minta.  Mereka tidak membuat mesin yang kami minta … (Hampir kepada dirinya sendiri.) Hah …! Aku seharusnya berhenti beberapa hari ini … Mereka sudah menekanku seperti ini sudah lebih dari satu tahun!
Jang: (Kepada penemu muda) Apa yang terjadi?

Penemu 2: (Berbicara secara resmi.) Kertas yang diimpor dari China terlalu mahal. Jadi Pangeran Aja dan bahkan Jenderal Sun bermaksud menekan kita untuk membuat kertas kita sendiri, tetapi itu tidak dapat kami lakukan.

Selanjutnya

Jang berkeliling, memeriksa nama-nama orang dan identitasnya satu per satu, dan lamanya waktu mereka telah berada di Akademi. Orang-orang enggan menjawabnya..

Jang pergi ke orang yang telah menciptakan mesin katrol.

Dolsae: Namaku Dolsae dan aku sudah di sini selama tiga belas tahun. Apakah Kau senang sekarang?

Jang: Tiga belas tahun? Dan kau masih seorang pengrajin?

Dolsae: Aku tidak cukup berbakat. Kau punya masalah dengan itu?

Makeo: Dia benar-benar tidak memiliki bakat, hah .. !

Dolsae: Seorang bayi laki-laki menjadi Koordinator Umum begitu sampai di sini.

Makeo: Kakak Dolsae tampaknya ia akan berada di sini selamanya. (Kepada Dolsae) Untuk apa kamu hidup?

Dolsae: Kenapa? Tidakkah kamu tahu bagaimana menyenangkannya untuk melihat bayi laki-laki tiba tiba muncul dan memulai seperti ini? Ha .. !

Ataek: Hei Jang! Guru Wooyung mencarimu.

RUANGAN DIREKTUR

Jang: Apakah Kau memanggilku?

Wooyung: Selama Rapat Guru, kami berdiskusi tentang penilaian kembali keanggotaan bagi orang-orang Hanuelchae. Kami akan menguji semua orang dari Hanuelchae!

Jang: Kau mengatakan bahwa kau tidak percaya dengan pendapat Guru Mokrasu?

Wooyung: Uji semua orang, termasuk dirimu sendiri!

Jang: Baiklah, kita akan melakukannya! Tapi kalau kita akan mengadakan ujian, biarkan setiap pengrajin yang sudah di sini selama lebih dari 10 tahun mengambil ujian bersama-sama dengan kami!

Wooyung: Mengapa?

Jang: Aku telah memeriksa keanggotaan Akademi, dan aku telah menemukan banyak pengrajin yang telah di sini untuk waktu yang sangat lama. Entah bagaimana, kita harus menyingkirkan mereka yang tidak memenuhi syarat untuk berada di sini.

Wooyung: (Tertawa) Kau mengatakan bahwa Kau tidak percaya pendapatku.

Jang: …

Wooyung: Tidak apa-apa. Tapi siapa pun yang gagal pada ujian ini harus meninggalkan Akademi, terlepas dari apakah dia berasal dari Hanuelchae atau pengrajin lama dari Akademi.

Jang: Aku setuju. Tapi ujian harus terbuka untuk umum.

Wooyung: Sebuah ujian di depan umum?

Jang: Ya.

Wooyung: Lakukanlah dengan cara itu. Kedengarannya adil.

Kemudian

Maekdosu: Bagaimana ini bisa terjadi? Aku begitu mempercayai dirinya. Bagaimana dia bisa melakukan ini padaku? Aku lebih suka menjadi pengungsi di Shilla daripada diusir setelah secara memalukan gagal ujian di depan publik! Bagaimana Jang melakukan ini padaku?

Bumro: Kau pasti dapat lulus ujian.

Maekdosu: Lulus ujian itu? Mataku sudah kabur. Bagaimana bisa aku lulus?

Eunjin: Aku meminta Jang untuk memperbaiki Akademi. Mengapa dia memberikan masalah kepada kita sebagai gantinya?

Maekdosu: Itulah yang aku katakan!

Woosoo: Aku yakin ia tidak punya pilihan lain. Itulah mengapa kita harus membantu Jang dengan membuktikan semua orang apa yang kita tahu.

Maekdosu: Bagaimana?

Eunjin: Haruskah kita?

Maekdosu: Bukan seperti itu…

Bumro: Aku kira begitu. Itulah sebabnya Jang meminta ujian di depan umum..

Maekdosu: Untuk membuat malu aku di umum!

Eunjin: Mengapa ia juga membuat para pengrajin lama untuk mengambil ujian dengan kami?

Bumro: Aku tidak tahu … Apakah ini berkaitan dengan sesuatu yang diperintahkan kepada kita untuk mencari tahu?

Woosoo: Aku ingin tahu itu juga … aku yakin Jang memiliki sesuatu dalam pikirannya. Mari kita pergi!

Maekdosu: Pergi ke mana? Untuk apa!

GUDANG PERSEDIAAN AKADEMI

Gomo: Aku pikir mereka menekannya sekarang. Aku tidak berpikir Jang memiliki kekuatan yang cukup untuk melawan mereka. Guru! Jika kita tidak hati-hati, semua orang dari Hanuelchae akan diusir dari sini!

Mokrasu tidak merespon.

Sementara itu

Mojin: Jang, hentikan apa yang Kau lakukan. Guru kita akan semakin disalahkan untuk semua yang telah kau lakukan! Mereka memiliki kekuatan untuk mengendalikan segala sesuatu. Aku tahu kau membuat para pengrajin lama di sini mengambil ujian bersama kita untuk menyelamatkan wajah kita … tetapi lebih banyak Kau terlibat dengan permainan politik dan kekuasaan mereka, semakin kau memberi kesempatan kepada mereka untuk mengkritik kita.

Jang: …

Mojin: Aku memahami niat baikmu, dan bagaimana marahnya dirimu. Tapi mari kita percaya pada Guru kita dan menunggu …

Jang: …

Mojin: Jang!

Jang: Bantulah aku!

Para pengrajin lama datang untuk menghadap Jang.

Jang: Kenapa kalian di sini?

Dolsae: Tidakkah kau tahu? Kau bisa saja menjadi favorit Pangeran Aja. Tetapi siapa kamu untuk memaksa kami mengambil ujian masuk sekarang?

Makeo: Kau baru saja datang dan Kau pikir Kau yang memiliki tempat ini?

Jang: Aku hanya mengikuti aturan. Bicara secara kenyataan, itu sangat mungkin bahwa pengrajin lama mungkin kekurangan bakat. Kreativitas tidak hanya keluar begitu saja.

Dolsae: Apa?

Jang: Jadi ini adalah kesempatan kalian untuk membuktikan kalau aku salah.

Dolsae: Beraninya kamu?

Jang: Jika Kau gagal, Kau harus meninggalkan Akademi… Pikirkan tentang hal ini. (Dia meninggalkan mereka)

Para pengrajin lama memanggil-manggil nama Jang …

Kemudian

Eunjin: Jang! Mengapa kamu membuat pengrajin yang sudah sepuluh tahun di sini untuk mengambil ujian ini dengan kita?

Woosoo: Apakah ada alasan di balik ini?

Jang: Aku ingin mencari tahu jika apa yang kita curigai benar atau tidak. Pokoknya, kita semua harus ikut ujian ini!

Bumro: Aku setuju. Ini mungkin cara terbaik kita untuk membuktikan diri kita sendiri!

Woosoo: Tepat! Mari kita menunjukkan kepada mereka semua apa yang kita tahu!

Bumro: Kita tidak boleh gagal!

Selanjutnya

Bumro: (Kepada Eunjin) Kau mendengar apa kata Jang, bukan? Kita akan diusir jika kita gagal!

Eunjin: Jadi?

Woosoo: Setiap kali ada ujian besar, Kau tiba-tiba jatuh sakit, dan Kau memberikan jawaban yang salah untuk pertanyaan yang sebenarnya Kau tahu jawabannya!

Bumro: Jika Kau melakukannya saat ini, Kau akan meninggalkan tempat ini untuk selamanya … Jadi mari kita latihan! Cepat!

Woosoo: Membuat busur pada hitungan sepuluh!

Eunjin: Itu mudah!

Woosoo menyebutkan angka, Eunjin mencoba mengikat tali busur.

Bumro: Kau terlalu lambat … Mari kita coba lagi.

Eunjin: Jangan khawatirkan diriku. Kau harus mencoba untuk membantu Tuan Maekdosu …

Bumro: Jangan khawatir tentang dia. Dia bekerja keras sekarang!

Di tempat lain

Maekdosu sedang membuat sebuah guci tanah liat, tetapi tanah liat itu hancur. Orang tua itu sangat kecewa sehingga ia memutuskan untuk melarikan diri tanpa mengambil ujian. Dia menulis surat perpisahan. Gooksoo dan Mojin menemukannya sedang menulis.

Mojin memegang tangan pria tua itu, untuk mencegah dia  melarikan diri. “Selama bertahun-tahun, aku telah menyaksikan begitu banyak sukacita yang dinyatakan melalui Kau. Tunjukkanlah itu kepada kami. Itu sudah cukup! Nama Hanuelchae dipertaruhkan di sini! Kau harus lulus ujian ini. Aku percaya Kau akan bisa lulus! ”

Gooksoo: (Memegang tangan orang tua itu setelah Mojin.) Aku juga percaya Kau akan lulus. Nama Hanuelchae yang dipertaruhkan! (Maekdosu menepis tangan Gooksoo, dan ia pergi menyusul Mojin.)

Tak lama kemudian

Jang memberitahukann pada Wooyung tanggal dan waktu untuk ujian.

Jang: Instruktur Ataek akan menguji orang-orang Hanuelchae dan aku akan menguji pengrajin dari Akademi.

Wooyung: Seperti yang Kau inginkan.

Jang: Adapun pertanyaannya … Master Wooyung, Kau yang harus menulisnya sendiri.

Sementara itu

Semua pengrajin dari Hanuelchae sedang berlatih sangat keras, termasuk Jang. Mokrasu mengawasinya…

Hari Ujian

Wooyung: (Kepada Jang) Mulailah sekarang!

Jang: Kita akan mengambil ujian di halaman belakang. Mari kita semua pergi ke sana!

DI HALAMAN BELAKANG AKADEMI

Jang: Cari namamu dan duduk di sana! Pertanyaannya akan ada hubungannya dengan kreasi dari departemen artistikmu..Gambarlah kreasi itu!

Maekdosu: (Kepada seorang pengrajin dari Akademi.) Berapa kali dalam setahun Kau diuji seperti ini?

Pengrajin: Tidak pernah!

Jang: Ujian akan dimulai saat bel berbunyi! Bunyikan belnya!

Setelah semua orang menemukan tempat mereka, Jang membungkuk kepada Wooyung, dan ia sendiri pergi duduk dan mengikuti ujian..

Ujian selesai

Jang: Mari kita menilai hasilnya di depan umum. Kita tidak dapat menjamin kewajaran ujian dengan hanya membuat ujian publik.Penilaian terhadap mereka harus dilakukan di depan publik juga.

Mojin dan Gomo tersenyum memberikan persetujuan mereka. Instruktur Ataek tampak khawatir.

Wooyung: Baiklah. Tapi bagaimana caranya?

Jang: Biarkan Instruktur departemen masing-masing maju ke depan! (Mereka maju) Mereka harus duduk di mana para pengrajin mereka juga duduk, dan menggambar jawaban yang benar. Aku sudah minta para pengrajin masing-masing departemen untuk menggambar penemuan instruktur mereka. Jadi sekarang, instruktur hanya perlu menggambar contoh dari penemuan mereka sendiri.

Wooyung: Silakan. (Dia menginstruksikan Ataek untuk menindaklanjuti.)

Para instruktur masing-masing departemen duduk menggambar contoh penemuan. ‘sendiri’

Kemudian

Jang: Mari kita mulai memeriksa. Ada dua gambar di sini. Salah satunya digambar oleh instruktur, dan yang lainnya oleh pengrajin..Jika keduanya mirip, jawabannya adalah benar. Jika gambar mereka berbeda, jawabannya salah, atau penemuannya dicuri … Mari kita mulai.

Pria: (Setelah membandingkan gambar.) Benar!

Ataek: Berikutnya

Pria: Benar!

Maekdosu bergembira bahwa jawabannya benar.

Ataek: Berikutnya

Pria: (Anting Eunjin) Salah!

Wooyung: Siapa Eunjin? Kau memberikan jawaban yang salah.

Eunjin: Itu tidak benar! Aku yakin aku menggambar gambar yang tepat!

Wooyung: Benarkah? (Kepada anak buahnya.) Bawakan aku contoh asli.

Pria: (Membandingkan dengan yang asli.) Ini benar!

Wooyung: (Kepada Instruktur Soyung) Apa yang terjadi?

Soyung: …

Jang: Ini berarti bahwa Instruktur Soyung mencuri penemuan..

Wooyung: Beritahu kami kebenarannya!

Soyung: aku … aku hanya menggambar apa yang aku ingat …

Wooyung: Pasang tanda X di ini!

Ataek: Berikutnya

Pria: (Bumro) Benar!

Ataek: Berikutnya!

Pria: Salah.

Wooyung: (Kepada instruktur yang bertanggung jawab) Apa yang terjadi? Beri tanda di bawah ini.

Mereka membandingkan diagram dari Pengrajin Dolsae dengan Instruktur dojang.

Pria: Salah!

Dojang: Jawabanku yang benar.

Jang: (Menunjuk di gambar Dojang) Ada kesalahan di sini, dan di sini. Sebenarnya, diagram yang digambar oleh Pengrajin Dolsae benar. Aku memahami bahwa benda ini baru saja diciptakan, dan bahwa Kau memperoleh banyak poin melalui ini?

Dojang: Apa yang kau mau katakan?

Jang: Apakah Kau yakin ini adalah penemuanmu?

Dojang: Apa? Apakah Kau menuduh aku mencuri penemuan ini?

Wooyung: Apakah Kau menyiratkan bahwa beberapa instruktur di sini mencuri penemuan dari orang lain?

Jang: Ya.

Wooyung: Itu pencurian penemuan menyebar di Akademi?

Jang: Ya.

Wooyung: Itu tidak mungkin benar. Aku akan mengusir siapa pun yang berani melakukan hal seperti itu! (Kepada para pengrajin.) Apakah Kalian pernah memberikan penemuanmu secara sukarela? (Orang-orang tidak menjawab.) Adakah seorang?

Pengrajin Makeo: Tidak pernah

Wooyung: (Kepada Eunjin.) Apakah Kau memberikan penemuanmu secara sukarela?

Eunjin: Tidak dengan rela. Tapi aku sudah menemukan penemuanku sendiri sudah didaftarkan atas nama orang lain.

Wooyung: (Kepada Jangbo.) Katakan padaku yagn sebenarnya. Apakah kau memberikan penemuanmu dengan sukarela?
Jangbo: Tidak pernah

Wooyung: (Kepada Pengrajin Dolsae) Apakah Instruktur Dojang mencuri penemuanmu?

Dolsae: Dia tidak mencurinya!

Jang: Ini adalah salah! Jika Kau menciptakan sesuatu, itu milikmu! Jika setiap orang menciptakan sesuatu bersama-sama, itu menjadi milik Kalian semua! Ini bukan hanya tentang membuat namamu tertulis. Ini bukan hanya tentang kebanggaan. Itu karena ini adalah satu-satunya cara dimana Kau dapat menyimpan apa pun yang kau ciptakan dalam hatimu, memotivasimu untuk membuat yang baru!

(Melihat Artisan Dolsae langsung ke matanya.) Apakah benar bahwa Kau tidak pernah memberikan penemuanmu?

Dolsae: Aku tidak pernah melakukannya.

Jang: Apakah Kau yakin?

Dolsae: Aku yakin!

Jang: Siapa saja, silakan berbicara! Aku akan mengenali Kau untuk penemuan Kau sendiri! Aku akan menuliskan nama kalian!

Eunjin: (. Memohon untuk semua orang) Kau telah berada di sini lebih dari sepuluh tahun, tapi kau masih saja pengrajin! Tolong, berbicaralah. Tolong!

Bumro: Apa yang kamu takutkan? Tolong, berbicara!

Woosoo: Sangat keliru Akademi menjadi seperti ini!

Wooyung: Satu-satunya orang lain menuduh pencurian penemuan adalah anggota dari Hanuelchae. Yang memohon orang lain untuk mengakui pencurian penemuan yang tak pernah ada juga anggota dari Hanuelchae. (Dia berjalan keluar.)

Semua orang mulai meninggalkan tempat itu, dengan orang-orang Hanuelchae menatap Jang, dalam kekalahan.

DI KANTOR DIREKTUR

Wooyung: (Kepada Jang) Kau telah menuduh Akademi bermain kotor! Meskipun demikian, aku akan membiarkan orang-orang Hanuelchae yang lulus tes untuk tetap tinggal. Namun, Kau harus mengambil tanggung jawab untuk mempermalukan aku dan Akademi! Mulai sekarang, Kau tidak akan memiliki kekuasaan untuk melakukan apa pun di sini. Aku akan membiarkan Pangeran Mahkota tahu keputusan ini.

RUANGAN SUN

Sun: (Tertawa) Ia memiliki potensi, tapi dia masih muda.

Heukjipyung: Itu benar! Bagaimana ia bisa berpikir kebenaran akan muncul dengan hanya bertanya? Apakah dia pikir kita begitu bodoh?

Sun: Bagaimana Mokrasu? Apakah dia masih tetap di dalam ruang penyimpanan?

Heukjipyung: Ya.

Sun: Dia seperti serigala.

RUANGAN AJA

Baekmoo: Tidak ada yang mengaku, jadi Jang sekarang dipaksa untuk turun. Akademi memutuskan untuk menghukum dia setelah ini.

Aja: Dia tidak akan memulai ini tanpa mengetahui apa yang akan terjadi nantinya.

Baekmoo: Tapi tidak ada yang membantunya.

Aja: Dia sedang berusaha keras untuk memperbaiki Akademi demi kebaikan Sebaliknya, Wooyung telah mendapatkan kekuatan lagi melalui insiden ini. Apa yang sebenarnya Guru Mokrasu sedang lakukan?!

Sementara itu

Mojin: (Kepada Jang.) Kau bertempur melawan faksi lama yang sudah sepuluh tahun umurnya. Apakah Kau berpikir dengan melakukannya di depan umum, kau akan menjatuhkan kekuasaan mereka? Orang tidak berubah dengan mudah. Begitu juga kesetiaan orang juga tidak akan begitu mudah berubah.

Mokrasu: Apa pun yang Kau ingin lakukan … Apakah hanya ini semua?

Mojin: Guru!

Mokrasu: Apakah ini berarti bahwa tanpa dukungan dari Pangeran Mankota, Kau bukan apa-apa?

Mojin: Guru! Mengapa Kau melakukan ini?

(Jang pergi.) Mengapa Kau melakukan ini, Guru? Apa ini yang Kau ingin cari tahu?

Mokrasu: Kekuatan … Aku ingin tahu berapa banyak kekuatan yang aku punya …

Selanjutnya
Eunjin: Aku sudah menjadi bahan tertawaan di mata semua orang! Apa yang bisa aku lakukan sekarang? Bagaimana aku bisa tetap menunjukkan wajahku di Akademi?

Maekdosu: Namun, berkat Jang, kitamampu membuktikan diri kepada semua orang!

Gooksoo: Apa itu penting bahwa kita telah membuktikan diri kita ketika semua orang mengabaikan kita dan memperlakukan kita seperti kecoak.

Woosoo: Aku sangat takut sekarang!

Bumro: Aku lebih berhati-hati dengan apa yang akan aku katakan mulai dari sekarang …

Juri: Itu benar! Aku tidak mau hidup ketakutan setiap hari!

Goyiso: Kita harus berkompromi.

Ajosi: Kami tidak punya pilihan lain jika kita berencana untuk tinggal di sini.

Maekdosu: Mengapa kamu semua bertindak seperti ini?

Eunjin: Tuan, tidak ada yang mengganggu Kau dan mereka meninggalkan Kau sendiri kapan pun Kau tersenyum seperti itu … Tapi mereka tidak memperlakukan kami seperti itu! Aku akan menyerah kepada mereka dari sekarang … Mari kita menghentikan pertemuan seperti ini dari sekarang!

Juri dan Goyiso setuju.

Maekdosu: Lihatlah mereka! Dia menyelamatkan Kau dari kematian, dan bagaimana Kau membalasnya?

Sementara itu

Jang berpikir …

Jang: (.Kepada Makeo) Aku melihat mata Kau kemarin.

Makeo: Apa?

Jang: Aku yakin Kau ragu-ragu.

Makeo: Kau gila!

Jang: Aku tidak meminta Kau untuk melakukan hal yang heroik! Aku hanya ingin kau mengakui penemuan kau sendiri sehingga ketika kau melihat orang lain menggunakan penemuanmu, Kau akan termotivasi untuk menciptakan lebih banyak! Itu saja!

Makeo: Hey teman-teman! Usir orang sinting ini keluar!

Para pengrajin mendorong Jang keluar dari ruangan mereka.

Jang: aku akan kembali besok. Pikirkan tentang hal ini!

Eunjin: Mengapa kau melakukan ini?

Jang: Apa maksudmu? Aku harus meyakinkan mereka.

Eunjin: Apakah Kau gila? Aku berharap bisa menyembunyikan wajah aku di suatu tempat. Tapi Kau tidak mengerti, bukan? (Jang berjalan pergi.) Jang! Jang!

Selanjutnya

Jang: (KepadaJangbo) Apakah Kau rela memberikan penemuanmu? Kalau begitu, aku akan pergi.

Jangbo: Hentikan!

Jang: Apakah Kau tidak marah ketika mereka mencuri kreasi Kau? Apakah Kau masih terus bekerja keras? Kalau seperti itu, Aku tidak perlu berada di sini.

Jangbo: Bagi orang-orang seperti kita yang tanpa status, kita harus berterima kasih jika mereka memungkinkan kita untuk bekerja di sini.

Jang: Itu tidak benar! Tentu saja tidak! Langit tidak memberikan bakat menurut status sosial. Itulah mengapa mereka mengatakan bahwa Akademi memperlakukan semua orang secara adil.

Jangbo: Sebenarnya, aku pikir itu terjadi ketika aku datang ke sini, tapi …

Dolsae berjalan, dan Jangbo berhenti bicara. Dolsae berjalan pergi, tetapi Jang mengikutinya.

Selanjutnya

Jang: Mengapa kau menghalangi orang lain untuk berbicara? Mengapa kamu takut untuk diakui? Kau pengecut! Kau pengecut yang menyedihkan! (Dolsae melemparkan seember air di wajah Jang.) Tidak peduli apa yang kau lakukan, aku tidak akan menyerah! Kau tidak bisa menang melawan ini!

DI LUAR AKADEMI

Pengawal Shilla: (Kepada Giroo.) Tuan! Silahkan duduk. Apakah Kau baik-baik saja?

Giroo: Rasanya masih sakit.

Pengawal: Lalu, mengapa kau datang ke sini? Goosan akan berada di sini segera. Kau harus beristirahat sampai dia datang.

Giroo: BAiklah. Tapi bagaimana aku bisa berakhir di sini? Apa yang kamu semua lakukan?

Pengawal: Sebenarnya … Sebenarnya … Puteri Sunhwa datang ke Hanuelchae … dan dia memerintahkan kita untuk tidak mengikuti Jang, yang membawa Kau di punggungnya.

Giroo: Apa? Tuanku Puteri melakukan itu?

DI ISTANA SHILLA

Sunhwa masih terkunci.

Maya: Kau tidak perlu memperpanjang ini. Apa yang akan Kau lakukan jika ada yang tahu? Yang Mulia, maafkanlah dia sekarang …

DI RUANGAN PUTRI CHUNMYUNG

Weesong: Seorang pria Baekjae? Apakah Kau yakin bahwa Puteri Sunhwa sedang menemui seorang pria Baekjae?

Pengawal: Ya. Dia adalah seorang Pengrajin Baekjae yang tinggal di Hanuelchae.

Weesong: Dan Puteri Sunhwa membantu dia melarikan diri?

Pengawal: Ya. Itu belum semua. Mereka juga telah hidup bersama.

Chunmyung: Bagaimana bisa Sunhwa mengenal seseorang seperti dia?

Pengawal: Lagu Seodong yang ditulis bertahun-tahun yang lalu berbicara tentang dia. Selain itu, ia adalah pengawal Puteri ‘untuk jangka waktu yang singkat.

Weesong: Kim Saheum tahu segalanya?

Pengawal: Ya. Putranya Kim Doham memerintahkan semua pengawal mereka untuk menjaga rahasia.

KEDIAMAN KIM SAHEUM
Saheum: Kau seharusnya dengan Giroo. Mengapa kau masih di sini?

Goosan: Kami sedang dalam kesulitan!

Saheum: Apa ada yang salah?

Goosan: Salah satu pengawal kita adalah teman dekat salah satu pengawal Jenderal Weesong!

Saheum: Jadi? Apa yang mau kau katakan?

Goosan: Aku takut mereka mengetahui perihal sang Puteri …

Pria: (Masuk ruangan Sir!

Saheum: Apa yang terjadi?

Pria: Semua bangsawan dan pejabat berbaris ke Istana karena Puteri Sunhwa.

ISTANA SHILLA

Jinpyung: Apa? Sunhwa melarikan diri dengan dia?

Weesong: Aku malu mengatakan ini, tapi itu benar!

Chunmyung: Apalagi, ketika para pengawal menemukan mereka, ia mengancam akan bunuh diri dalam rangka untuk menyelamatkan pria itu.

Weesong: Apa yang bisa kita lakukan sekarang? Desas-desus sudah menyebar mana-mana!

Petugas: Ini akan memalukan bahkan jika pria itu adalah orang Shilla.Tapi dia adalah seorang Baekjae!

Chunmyung: Ini tak bisa dipercaya!

Saheum: (Memasuki ruangan Aku kira ada kesalahpahaman. Sang Puteri melakukan tugas untuk Wisma Naseong, jadi …

Weesong: Aku mendengar kau tahu segalanya!

Chunmyung: Kau mempelajari segala sesuatu melalui anakmu. Kau juga tahu Lagu Seodong adalah tentang orang ini. Mengapa Kau menyimpan kebenarannya dari Yang Mulia?

Jinpyung: Apakah ini benar? Apakah Kau mengetahuii semua ini?

Weesong: Ketika sang Puteri melarikan diri dengan anak itu, pengawal Yi-Balchan itu pergi untuk menjemputnya.

Jinpyung: Apa? (Kepada Saheum.) Apakah Kau benar-benar tahu segalanya?

Weesong: Desas-desus mulai menyebar karena pengawal pribadi pria ini.

Chunmyung: Ini akan membawa malu tidak hanya untuk raja kami, tetapi untuk seluruh keluarga kerajaan!

Jinpyung: Apakah ini benar?

Sahuem: (Gemetar) ….

Jinpyung: Apakah Puteri Chunmyung berbicara hal yang sebenarnya?

Chunmyung: Tidak perlu bagi Kau untuk bertanya padanya.Kebenaran ini telah menyebar ke setiap daerah. Hal ini membawa kegemparan kepada seluruh komunitas Hwarang. Kau harus menghukum dia segera!

RUANGAN RATU MAYA

Maya: Desas-desus itu sangat memalukan aku tidak bisa percaya ini! Katakan kalau itu tidak benar!

Bomyung: Kumohon, bunuhlah hamba!

Maya: aku dengar mereka juga hidup bersama … Apakah itu juga benar?

Chogee dan Bomyung menangis.

Sementara itu
Raja Jinpyung memasuki ruangan tempat Sunhwa terkunci. Sang Puteri berlutut.

Jinpyung: Apa yang membuatmu begitu sembrono? Ini sudah keluar dari tanganku sekarang! Apa yang harus kita lakukan sekarang? Apa?

DI AKADEMI BAEKJAE

Jang: (Memasuki kamar pengrajin.) Apakah Kau telah tidur nyenyak? Punggung pengrajin Dolsae sedang sakit, jadi aku datang menggantikan tempatnya … (Ia berhenti, menyadari tempat itu kosong.)

Pengrajin muda: Tidak ada yang muncul.

Jang: Apa maksudmu?

Artisan: Mereka lelah menghadapimu, sehingga mereka menolak untuk masuk kerja hari ini.

Jang: … (Tersenyum simpul) Itu bagus! Saudara Dolsae sedang menderita sakit di punggungnya. Jadi aku harus pergi mengunjunginya. (Ia berjalan pergi ketika Instruktur Ataek berjalan masuk)

Ataek: Apakah Kau tahu berapa banyak orang yang absen hari ini karena Kau? Mereka menulis kepadaku mengeluh mereka tidak akan datang sampai kau meninggalkan mereka sendirian.

Di lain tempat

Eunjin: (Menunjukkan gambar.) Aku telah menggambar ini …

Instruktur Soyung: aku katakan, aku tidak akan melihat apapun yang Kau buat!

Eunjin: Jika Kau tidak melihatnya, siapa yang akan melakukannya?

Soyung: Bawa gambar ini secara langsung kepada Guru Wooyung.

Eunjin: Apakah Kau memperlakukan aku seperti ini atas apa yang terjadi sebelumnya? Jika memang karena itu, aku minta maaf!

Soyung: Jika Kau tahu kesalahan Kau, mengapa Kau terus mengikuti pengrajin di Akademi, mencoba mengubah pikiran mereka?

Eunjin: Itu bukan aku! Aku tidak melakukan itu …

Soyung: Kau semua dari Hanuelchae, bukan?

Eunjin: Tapi … aku … (Soyung pergi)

Kemudain

Bumro: Dia bahkan menolak untuk melihatnya?

Eunjin: (Menangis.) Sejak instruktur memperlakukan aku seperti itu, para pengrajin lainnya bahkan tidak bicara padaku.

Woosoo: Aku dalam perahu yang sama. Mereka benar-benar mengabaikan aku. Aku tidak bisa terus seperti ini!

Bumro: Mereka memperlakukan aku seperti itu juga, tapi …

Eunjin: Itu sebabnya Kau harus menghentikannya! Mereka memperlakukan kita lebih buruk karena Jang tidak menyerah.

Bumro: Namun, Jang sedang mencoba untuk melakukan hal yang baik …

Eunjin: Baik untuk apa? Aku perlu tinggal di sini! Sejak kita datang ke sini, kita hanya perlu menyerah kepada mereka! Guru kita tenang-tenang saja. Mengapa Jang membuat begitu banyak keributan!

Bumro: Tenang. ayahku dan aku, kami akan mencoba berbicara dengannya.

KAMAR JANG

Mojin: Jang. hentikan ini.

Jang: Instruktur, aku bodoh berpikir orang akan berubah begitu mudah. Tapi kerusakan sudah terjadi. Jika aku berhenti sekarang, mereka akan lebih berani untuk terus melakukan hal yang salah. Dan nama kita akan ternoda selamanya.

Mojin: Kau tidak dapat mengubah mereka seperti ini.

Jang: Aku harus terus memohon dengan mereka sampai mereka percaya padaku … sampai mereka menyadari aku tidak bergurau! Bahkan jika hanya salah satu dari mereka berubah pikiran ….

Mojin: Bagaimana semua penderitaan yang kau sebabkan bagi orang-orang Hanuelchae sementara itu? Apa yang akan Kau lakukan dengan semua perlakuan orang Hanuelchae dapatkan?

Jang: Bantulah aku  … Ini adalah karakter dari Hanuelchae yang Guru Mokrasu kerjakan …. …

Mojin: Jang … (Dia pergi.)

Eunjin: Ibu! Apakah Kau berbicara dengan Jang?

Mojin: Dia tidak mendengarkanku.

Eunjin: Aku tidak tahan lagi! Aku akan meledak! Mari pergi! Mari kita pergi untuk menghentikan Jang entah bagaimana caranya! Bahkan jika kita harus mengalahkan dia atau mengancam dia! Tuan Maekdosu dan Bumro juga bergabung dengan aku untuk menghentikannya. Ayo bersama kami, ibu! Mari pergi!

DI RUMAH DOLSAE

Jang berdiri di luar dan dia mendengar orang berbicara.

Suara Dojang: Aku memberi Kau sedikit tambahan untuk semua yang Kau derita karena orang-orang Hanuelchae.

Suara Dolsae: Terima kasih.

Tiba-tiba, Jang membuka pintu dan masuk. Pengrajin Dolsae menyembunyikan bungkusan di balik jubahnya.

Dojang: Apa yang Kau lakukan di sini?

Jang: …

Dojang: Aku sedang bertanya padamu!

Jang menarik bungkusan yang disembunyikan oleh Pengrajin Dolsae. Uang berjatuhan keluar dari dalamnya.

Dojang: Apa yang Kau pikir kau lakukan?

Jang: Apakah alasannya ini?

Dolsae: …

Jang: Apakah Kau menjual nama Kau untuk uang ini?

Dolsae: …

Jang: Berapa banyak ini? Berapa banyak harga dari segala sesuatu yang keluar pikiranmu, semua mesin yang Kau buat? Berapa yang harus aku sediakan untuk membeli mereka semua? Dengan mesin yang Kau buat, orang-orang hidup lebih baik … bersyukur kepada dirimu … Berapa banyak uang yang bisa membuat perasaan itu? Berapa banyak uang yang dapat ditukar dengan nama Kau yang akan dicatat di dalam buku Keajaiban Baekjae?

Aku akan beli mereka semua. Aku akan memberitahu Pangeran Mahkota, dan aku akan membayar Kau untuk semuanya itu!

Dojang: Bagaimana Kau berani menggunakan nama Pangeran Mahkota untuk mengancam kami?

Jang berjalan keluar.

Dojang: Bawa beberapa orang kita dan diam-diam beri dia pelajaran.

Dolsae: Ya!

Beberapa saat kemudian

Beberapa pengrajin menghadapi Jang dengan tongkat, siap untuk memukul dia.

Jang: Apa yang Kau pikir kau lakukan? (Mereka sudah siap untuk melawan dia.)

suara Eunjin: Jangan!

Jang: Nyonya Mojin! Ini terlalu berbahaya di sini!

Mojin: (Menghadang mereka di hadapan Jang) Aku tantang kau untuk menyentuh rambut Jang!

Eunjin: (menghadangr mereka dengan tubuhnya) aku akan membunuh kalian semua!

Mojin: Kau melakukan kesalahan besar! Ini adalah peperangan di mana kamu tidak bisa memenangkannya! Apakah Kau tahu kenapa? Karena ketika Jang memutuskan untuk melakukan sesuatu, dia akan melakukannya! Kami menegurnya selama sepuluh tahun, tetapi ia tidak pernah berpaling dari apa yang ingin dilakukannya!

Eunjin: Apakah Kau tahu alasan kedua? Jang tidak sendirian, kami bersama dengan dia! Jang benar, jadi kami tidak akan membiarkan siapa pun untuk menyakiti dia!

Woosoo: (menghadang mereka.) Itu benar. Jang tidak sendirian!

Bumro: (Berdiri di hadapan mereka.) Apa yang Kau pikir kau lakukan? Apakah Kau ingin mati?

Dolsae: (Kepada anak buahnya.) Mari kita pergi.

Maekdosu: (Bergabung terlambat.) Hey empat orang itu! Kalian seperti pengecut! (Berbalik.) Apakah ada orang yang terlukat?

Gooksoo: (Mnuntun seorang wanita tua) Setiap orang ada di sini!(Menunjuk ke Jang.) Ini adalah anaknya, nenek. (Wanita tua itu membungkuk dengan Jang.) Nenek ini ingin menanyakan sesuatu. (Kepada wanita.tua itu) Katakanlah!

Nenek: Apakah nama kita akan dicatat bahkan untuk kontribusi terkecil sekalipun?

Eunjin: Tentu saja! (Menunjuk pada Jang.) Ketika orang ini mengatakannya, bahkan jika itu membuatnya berusaha sampai sepuluh tahun, dia akan melakukannya.

Nenek: Sebenarnya … Aku telah bekerja dengan pakaian selama lebih dari 30 tahun di Akademi … Dan ini mungkin berakhir menjadi tidak berguna… tapi aku punya lem yang telah aku simpan terus selama 10 tahun … Aku selalu berpikir itu bisa membantu membuat kertas  … tapi aku benci apa yang terjadi di Akademi. Dan aku tidak menunjukkan ini karena bukanlah urusanku …

Tapi sekarang … apakah Kau yakin namaku bisa dicatat? Jika itu terjadi, aku akan memberikan kontribusi untuk tujuan yang baik sebelum mati …

Jang tersenyum.

Mojin: Jang, apa yang kamu lakukan? Dia menanyakan pertanyaan padamu. Dia ingin tahu apakah namanya akan dicatat.

Jang: Ya, nama Kau akan ditulis! Tidak peduli apapun juga, nama Kau akan disimpan!

Nenek: Maka … aku akan percaya padamu!

Orang-orang memberi selamat kepada wanita tua untuk keputusan bijaksananya. Pengrajin Dolsae berjalan menuju Jang.

Dolsae: Dapatkah aku mempercayaimu?

Jang: Apa?

Dolsae: Bahwa namaku akan dicatat …

Jang: Ya! Namamu akan diakui! Jika aku mengatakan aku akan melakukannya, maka aku akan melakukannya! Dan aku tidak sendirian … orang-orang Hanuelchae bersama-sama denganku!

Dolsae: Aku sudah memikirkan sebuah mesin yang bisa membantu membuat kertas …

Jang: Benarkah?

Eunjin: Wow! Sekarang, kita tahu apa yang harus dilakukan berikutnya!

Kemudian

Nenek: (Menunjukkan mereka sebuah guci kayu.) Pakaian akan menjadi tebal dengan ini. Lihat!

Di lain waktu

Jang: Apakah kita harus menekan kertas dengan mesin ini?

Dolsae: Kita harus merekatkan kertas kering dengan yang ada lemnya sebelum mereka kering.

Mojin: Ini mirip dengan cara kita memperlakukan pakaian …

Dolsae: Kemudian kertas akan menjadi halus dan sangat tipis, tapi kuat.

Suara Eunjin: Mari kita bertemu setelah kita sudah selesai dengan pekerjaan kita!

Orang-orang Hanuelchae diam-diam bertemu dengan nenek dan Pengrajin Dolsae di malam hari, mengerjakan prosedur yang berbeda untuk membuat kertas.

Dolsae: Kita akan membutuhkan banyak kertas untuk percobaan.Bagaimana kita bisa mendapatkannya?

Mojin: Guru Mokrasu yang bertanggung jawab ruang penyimpanan.Jadi aku akan mengecek di sana. Dia akan mencuri jika ia harus, untuk membantu kami!

Eunjin: Jadi sekarang, siapa yang akan pertama kali mengetes ini?

Bumro: Itu pekerjaan yang tidak menarik, bukan? Jadi, berikanlah kepada Jang!

Jang: Mengapa aku?

Bumro: Karena kau menjemukan! Kau harus melakukannya! (Semua orang tertawa.)

Woosoo: Ya, apa pun pekerjaan tidak menarik yang kita dapatkan, yang mungkin memakan waktu lama, kita harus berikan kepada Jang!

Eunjin: Betapapun tidak menyenangkannya pekerjaan yang kita dapatkan, mari kita berikan kepada Jang! Dia seperti orang yang bandel!

Bumro: Ya, orang bandel!

Selama beberapa hari

Orang-orang Hanuelchae bekerja diam-diam pada malam hari, mengembangkan kertas. Mereka membuat berbagai jenis, mereka mengeringkannya di luar.

Eunjin jatuh tertidur selama jam kerjanya.

Sementara itu

Weeduk: Apakah ini serius?

Aja: Ya, Yang Mulia. Menurut kurir kita, kita merugi banyak karena hal ini. Tapi kita tidak punya pilihan lain sekarang.

Weeduk: Cobalah untuk menemukan solusi lain. Kita harus buru-buru dan mengembangkan kertas kita sendiri! Berikan hadiah kehormatan untuk siapapun yang mengembangkan teknik pembuatan kertas.

Aja: Ya, Yang Mulia …

AKADEMI BAEKJAE

Aja: Kami telah memerintahkan pengembangan teknik pembuatan kertas sejak lama! Tapi aku belum mendengar apa pun! Apakah Kau benar-benar mengeceknya?

Wooyung: Kami masih kekurangan bakat untuk mengembangkan ini … Ini bukan sesuatu yang bisa datang dengan secara paksa …

Aja: Mengapa Akademi menjadi tidak terampil seperti ini?

Beberapa saat kemudian

Pangeran memeriksa beberapa kertas di departemen pengembangan kertas. Ia mengeluhkan kualitas kertas yang sungguh buruk.

Suara Instruktur: Kami berusaha sebaik mungkin

(Setelah pangeran pergi) Baru-baru ini, Buyo-Sun datang. Sekarang, yang datang malah Pangeran Mahkota.

Pengrajin Muda:  Apakah ada di antara kalian yang menyalakan api kemarin malam?

Instruktur: Mengapa Kau bertanya?

Anak laki-laki: Ada abu lebih banyak dari biasanya. Dan aku pikir salah satu pot digunakan.

Instruktur: Seseorang menyelundup masuk?

Anak laki-laki: Tidak ada yang hilang. Aku hanya melihat tanda-tanda kalau ada orang-orang yang pernah di sana …

KAMAR MOKRASU

Aja: Kau terlalu keras kepala … Tapi kalau Kau bersikeras, setidaknya bantu aku untuk  mengembangkan teknik pembuatan kertas! Utusan China akan berada di sini segera, menuntut harga tinggi dari kami untuk kertas mereka.

Mokrasu: Ya, Tuanku …

NEXT

Wooyung: Dia ada di Kamar Guru Mokrasu?

Ataek: Ya!

Wooyung: Apa yang Guru Mokrasu akhir-akhir ini?

Ataek: Dia tidak keluar sama sekali dari ruang penyimpanan.

Wooyung: Bagaimana Jang? Apakah dia belum menyerah?

Ataek: Tidak hanya Jang, tapi aku mendengar semua orang dari Hanuelchae sedang berencana untuk menyerah. (Hujan tiba-tiba mulai turun.) Masuk ke dalam! Hujan!

Bumro terjatuh di dekat mereka sementara ia sedang berlari.Tiba-tiba, mereka melihat semua orang Hanuelchae berlari liar.

Wooyung: Bukankah itu Jang? Apa yang mereka lakukan? Mari kita mengikuti mereka!

Selanjutnya

Orang-orang Hanuelchae sedang buru-buru menyelamatkan kertas

Wooyung: Apa yang kau lakukan di sini? Apa yang orang-orang Hanuelchae lakukan di sini?

Jang melihat dia …

Jangan lupa meninggalkan jejakmu ...

