Hur June / Huh Joon [The Way Of Medicine] – Episode 33

Hur June segera berlari ke Istana, tapi ia tetap terlambat, dr. Yang Yesu sudah datang dan memimpin para dokter baru untuk berkeliling mengenal keadaan Istana. Hur June segera menemui dr. Yang dan rombogan. Dr. Song menegur Hur June yang bisa-bisanya terlambat di hari pertama ia bekerja. Tapi dr. Yang tidak mempermasalahkannya dan mengijinkan Hur June untuk masuk ke dalam rombongan. Hur June mengikuti pada baris terakhir bersama dengan Jang Hak Do, yang memberitahunya kalau mereka dalam perjalanan untuk memberi salam pada Menteri Kesehatan.

Di Kantor Departemen Medis, dr. Kim sedang memarahi Hur June yang datang terlambat yang dengan berbuat demikian ia mempermalukan mereka di hadapan Penanggung Jawab Rumah Sakit Istana, juga dengan tindakannya itu menunjukkan kemalasannya. Bagaimana mereka bisa mempercayai dia untuk merawat keluarga anggota raja. Dr. Jang menyuruh dr. Kim untuk menghentikan omelannya karena jadwal pelatihan jadi terlambat. Dr. Kim kemudian memberikan ultimatum kepada semua dokter baru kalau tindakan seperti Hur June tidak akan ditolerir lagi di masa yang akan datang dan mereka yang melakukannya akan dikeluarkan tanpa kecuali. Dr. Jang kemudian memanggil Doji dan memberitahu para dokter baru kalau dr. Yoo yang akan bertanggung jawab untuk pelatihan para dokter baru, dari menyembuhkan penyakit yang diderita oleh raja sampai pelayanan umum. Banyak tanggung jawab yang menanti mereka sebagai dokter Istana jadi para dokter baru dinasihati untuk memberikan yang terbaik.Paradokter senior kemudian pergi.

Dokter Chung memberitahu para dokter baru kalau mereka akan diajari tata krama, cara berbicara dan bertingkah laku yang pantas di Istana. Nilai yang mereka dapatkan selama pelatihan tidak hanya digunakan untuk menentukan tingkatan mereka, tapi juga akan dapat diusir dari Istana jika tidak memenuhi syarat. Prioritas penilaian adalah pada karakter bukan hasil ujian. Dengan sedikit menyindir Hur June, dokter Chung mengatakan kalau sertifikat lulus ujian tidak menjamin mereka dapat menjadi dokter Istana, apalagi jika dipenuhi dengan kesombongan karena telah mendapatkan hasil bagus dalam ujian, yang justru nantinya malah membuat mereka diusir dari istana.

Doji menggunakan kesempatan itu untuk memberikan hukuman yang berat pada Hur June dengan memberikan tugas malam berturut-turut selama 10 hari dan mengatakan kalau itu adalah hukuman yang ringan jadi Hur June seharusnya bersyukur, tiap hari ia akan ditemani oleh dokter baru yang berbeda. Dan jika ada seorang saja yang melakukan kesalahan maka itu akan dihitung sebagai kesalahan mereka semua.

Mereka diajak berkeliling oleh Doji dan rekannya.

Doji: Departemen Medis terletak di barat Ye Moon Gwan, jadi kalian harus memahami semua tempat di Istana dengan departemen medis sebagai pusatnya.  Rumah Sakit Istana memiliki tanggung jawab utama untuk obat-obatan Yang Mulia Raja.  Kepala dokter Istana adalah salah satu dari kedudukan Samjeong, dan orang-orang yang berada di bawahnya adalah para dokter Istana. Tapi secara praktis, orang yang bertanggung jawab atas departemen medis adalah dokter pribadi Raja. Dan ada Chumjung, Pangwan, Joobu / Jubu, Jikjang, Bongsa, dan dan Chambong di bawahnya berdasarkan hirarki.

Mereka diajak ke gudang obat istana. Di dalam gudang obat mereka diberitahu kalau semua tanaman obat yang langka dan juga yang berasal dari Tiongkok disimpan di gudang obat Istana. Dr. Chung memperkenalkan para dokter baru pada para petugas di gudang obat. Hur June berbicara pada Doji dan memohon agar tugas malamnya dimulai besok dengan alasan kalau salah satu keluarganya sakit. Tapi Doji menolak dan memberitahunya kalau tugas itu diberikan karena kesalahan Hur June, dan sekarang Hur June ingin melanggar aturan hanya demi kepentingan pribadinya.  Hur June terdiam. Doji mengajak mereka ke perpustakaan Istana.

Yangtae sedang memasakkan ramuan obat bagi Dahee. Dahee masih terbaring lemah dan tidur. Nyonya Son mengelap keringatnya. Gyeum juga menunggui ibunya dan tidak mau pergi ketika disuruh keluar oleh neneknya.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Pelatihan telah berakhir para dokter baru diperbolehkan pulang kecuali yang mendapatkan tugas malam.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Dr. Chung menyuruh Hur June untuk merapikan perpustakaan dan menyalin dengan rapi catatan-catatan yang diberikan padanya.Para dokter yang lain kemudian pulang meninggalkan Hur June sendirian. Hur June merasa gundah mengingat keadaan istrinya.

Lee Myung Won dan Jang Hak Do kembali ke ruangan di mana Hur June berada.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Lee Myung Won: Dokter Hur, kenapa kita tidak saling memperkenalkan diri? Aku Lee Myung Won.

Jang Hak Do: Aku Jang Hak Do.

Hur June: Aku Hur June

Jang Hak Do:  (tertawa) Kau telah membuat masalah dua kali di sini, jadi tidak ada yang tidak tahu mengenai dirimu. Karena ulahmu sekarang aku bertugas jaga malam.

Hur June: (merasa bersalah) Aku tak tahu harus berkata apa…

Jang Hak Do: (tertawa) Ha ha ha …. Aku hanya bercanda. Tak usah mempedulikan itu.

Lee Myung Won: Aku dengar kalau salah seorang keluargamu sakit, apa yang terjadi?  (Hur June menatapnya heran) Aku mendengarnya saat kau berbicara dengan dr. Yoo di gudang obat Istana.  Apakah ada yang dapat kulakukan untuk membantumu?

Hur June sedikit terkejut tapi juga merasa lega ….

Di rumah Hur June, Dahee masih terbaring lemah dan tak sadarkan diri. Nyonya Son sungguh cemas dengan kondisi Dahee dan bertanya pada Yangtae yang ada di sebelahnya, mengapa Hur June sampai sekarang ini maish belum pulang juga.  Yangtae sudah tidak sabar jadi ia pamit pada Nyonya Son untuk menjemput Hur June di Istana. Yangtae keluar kamar dan masih mencari alas kaki ketika Lee Myung Won datang dan menyapanya.  Yangtae bertanya siapa dirinya. Lee mengenalkan dirinya dan mengatakan kalau ia adalah teman Hur June yang sama-sama baru lulus ujian nasional.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Lee Myung Won melakukan akupungtur pada Dahee. Setelah beberapa kali menusukkan jarum dan memeriksa, Lee mengatakan pada Nyonya Son kalau kondisi Dahee sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. Nyonya Son dan Yangtae sangat berterima kasih. Dr. Lee meminta pada keduanya untuk berlaku biasa padanya karena ia adalah rekan kerja dr. Hur. Lee juga mengatakan kalau ia akan datang tiap hari selama 10 hari ke depan untuk merawat Dahee, jadi mereka tidak usah cemas. Yangtae bertanya mengapa Hur June bertugas jaga malam sampai 10 hari. Dr. Lee mengatakan kalau Hur June adalah peringkat pertama dalam ujian jadi para dokter senior sangat berharap banyak padanya., karena itu Hur June mendapatkan tugas berat ini. Nyonya Son bisa memahaminya tapi tetap saja ia merasa ada yang aneh…

Jang Hak Do dan Hur June merapikan buku di perpustakaan sambil bercakap-cakap. Jang memberitahu Hur June kalau ia dan Myung Won sudah seperti saudara sejak kecil, dan karena ia punya keahlian pengobatan yang bagus sehingga reputasinya cukup bagus d iSeoul, jadi Hur June tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi istrinya. Hur June sungguh berterima kasih dan merasa tidak enak. Jang Hak Do dengan entengnya mengatakan kalau Hur June hanya perlu membelikan mereka minuman setelah tugas jaga malam berakhir lalu Jang tertawa senang. Hur June merasa kalau Jang Hak Do ini orang yang hatinya polos dan terbuka, ia sangat senang dan bersyukur bisa bertemu dengan orang-orang yang demikian.

Dokter Chung datang dan menegur mereka karena belum selesai merapikan perpustakaan dan mengatakan kalau selesai di perpustakaan mereka diharapkan ke kantor departemen medis dan menyalin catatan dengan rapi.

Jang Hak Do sungguh mengantuk dan tidak sanggup lagi menulis, ia tertidur saat menyalin. Hur June masih menulis catatan. Ia beberapa kali memegangi tangan kanannya yang terasa pegal karena kebanyakan menulis.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Lee Myung Won datang dan menanyakan apa Hur June berjaga sepanjang malam. Hur June bangkit berdiri menyambutnya dan bertanya mengenai kondisi istrinya. Dr. Lee menenangkan Hur June kalau tidak ada yang perlu dicemaskan, istrinya sudah lebih baikan. Hur June sangat berterima kasih pada dr. Lee.  Lee hanya tersenyum dan berkata kalau Hur June tak usah sungkan.

Jang bangun mendengar suara percakapan mereka dan menyapa Lee.  Kemudian melihat hasil kerja Hur June dan bertanya apa Hur June mengerjakan semua itu semalaman. Hur June menjawab karena Jang Hak Do terkena tugas jaga malam disebabkan dirinya, maka sudah seharusnya kalau dia yang mengerjakan semua itu. Lee menyindir Jang dengan mengatakan kalau Jang pasti tidur daripada melakukan tugas jaga malam. Jang Hak Do hanya tertawa kecil dan menyahut kalau ia bisa saja tidak makan beberapa hari tapi tak bisa bertahan hidup kalau tidak tidur sehari saja, kemudian ia tertawa. Lee Myung Won dan Hur June sama-sama tertawa.  Dokter Chung datang dan bertanya apa semua sudah selesai. Hur June mengiyakannya dan menyerahkan hasil catatannya pada dr. Chung.

Dr. Chung menemui Doji terburu-buru dan mengatakan kalau Hur June berhasil mengerjakan semuanya semalam saja. Doji menatapnya. Dr. Chung melanjutkan kalau ia sebenarnya ingin mencari-cari kesalahan dan menegurnya tapi tidak menemukan sedikitpun kesalahan.  Doji berkata kalau ia juga berpikir kalau Hur June pasti begitu … Hur June bukanlah seseorang yang dengan mudahnya ia tegur karena melakukan kesalahan, justru nanti mereka yang malu sendiri.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Hur June hatinya sudah tenang karena ada jaminan dari Lee, jadi ia belajar dengan giat di perpustakaan Istana, kemudian ia ke ruangan ramuan untuk mempelajari catatan mengenai bahan-bahan obat dan efeknya.

10 hari sudah berlalu, Hur June pulang ke rumahnya. Sementara itu Gyeum sedang menulis di tanah dan mengeja tulisannya.tapi mengalami kesulitan, Hur June menyambung ejaan anaknya.  Gyeum menoleh dan berteriak senang saat melihat ayahnya datang. Hur June kemudian menggandeng Gyeum pulang.

Di dalam rumah, Dahee sudah bisa duduk, tapi wajahnya masih pucat. Nyonya Son sedang memberikan mangkuk obat padanya untuk diminum.  Gyeum berseru di luar memanggil neenk dan ibunya dan mengatakan kalau ayahnya sudah pulang.  Nyonya Son bangun menyambut Hur June. Hur June masuk dan bertanya kabar istrinya. Nyonya Son dan Gyeum keluar membiarkan Hur June berdua saja dengan Dahee.

Ketika mereka berdua saja, Dahee menangis dan memohon maaf pada Hur June karena kekuranghati-hatiannya menyebabkan ia kehilangan bayinya .  Hur June mengatakan kalau itu bukanlah karena istrinya tapi karena kesalahan dirinya lah sehingga mereka kehilangan anak mereka. Itu adalah kesalahannya karena membiarkan Dahee bekerja terlalu keras disebabkan dirinya tidak bisa menghasilkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.  Hur June meminta maaf pada istrinya.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Hur June kemudian memeluk istrinya yang menangis sedih karena kehilangan bayi mereka.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Di Sanum, propinsi Kyung Sang (Sekarang Sanchung-gun, Gyung Nam), Ilsuh sedang berburu sendirian dan tidak mendapatkan apapun hari itu. Ia bertanya-tanya apa yang sedang dilakukan oleh Hur June dan Yangtae sekarang ini. Ia berkata pada dirinya sendiri kalau banyak orang tidak begitu memperhatikan orang yang baru, tapi ketika orang itu pergi maka kau akan merasa adanya seseuatu yang kosong di hatimu.  Ilsuh sangat ingin mengikuti Hur June keSeoultapi ia tak bisa karena istrinya. Ilsuh akhirnya memutuskan kalau ia akan melakukan apapun supaya dapat pergi ke Seoul.

Ilsuh pergi ke kedai minum langganannya dan bertanya pada nyonya pemilik kedai di mana Mandol, yang dijawab kalau Mandol biasanya berjudi di penginapan. Ilsuh menemui Mandol yang sedang berjudi dan meminta bantuannya. Ilsuh membisikkan rencananya. Mandol mengatakan kalau Ilsuh gila, dan Ilsuh mengatakan kalau ia memang gila, dan bertanya pada Mandol mau tidak melakukan permintaannya.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Mandol akhirnya mau tapi dengan imbalan. Ilsuh memberinya empedu beruang dan Mandol akhrinya setuju untuk melaksankan rencana Ilsuh. Ilsuh memintanya untuk melakukannya dengan sebaik-baiknya.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Beberapa orang pria mendatangi rumah Ilsuh dan mulai mengobrak-abriknya.  Haman keluar dan bertanya apa mau mereka. Pemimpin gerombolan itu berkata kalau Ilsuh punya utang judi pada mereka dan sekarang mereka mau menagihnya.  Haman marah pada suaminya tapi ia menumpahkannya pada para pria itu. Pemimpin gerombolan menjadi marah karenanya dan menyuruh anak buahnya untuk menggeledah rumah Ilsuh.  Haman berteriak-teriak dan mencoba mencegah mereka, kemudian ia bertanya berapa hutang dari suaminya, pemimpin itu mengatakan kalau Ilsuh berhutang 250 nyang, Haman sangat kaget. Bukan 25 nyang tapi 250 nyang. Ia mengatakan kalau akan membunuh suaminya sendiri kalau ketemu nanti.

Ilsuh melihat dari tempat tersembunyi, hatinya merasa sedikit bersalah, tapi apa boleh buat ia sangat ingin ke Seoul. Pemimpin gerombolah diberitahu kalau Ilsuh tak ada di manapun di rumahnya. Pemimpin itu sangat marah dan memberitahu Haman untuk memeberitahu suaminya kalau ia harus membayar hutangnya besok atau kalau tidak ia akan membuat suaminya entah pergi ke neraka atau cacat lumpuh seumur hidupnya. Haman kesal tapi hanya bisa menangis. Setelah orang-orang itu pergi, Haman sangat khawatir dengan ancaman pemimpin gerombolan itu yang katanya akan membuat suaminya lumpuh.

Beberapa waktu kemudian, Haman gelisah sendiri di dalam kamar, duduk menghadapsanakemudian menghadap sini. Ia kemudian teringat dengan uang simpanannya yang ditabunnya tanpa sepengetahuan Ilsuh, yang jumlahnya sama persis dengan hutang suaminya, 250 nyang. Ilsuh mendadak datang, Haman segera menyembunyikan uangnya. Ilsuh masuk dan bertanya bagaimana hari ini. Haman mengusirnya keluar dan menyuruhnya pergi. Ilsuh kemudian mengingatkan kalau ia pergi bagaimana dengan anak perempuan mereka, apa Haman mau mengasuhnya tanpa ayah.

Haman: (sambil menepuk dadanya dan menangis) Aigooo … sungguh beruntungnya diriku. Betapa beruntungnya aku ….  Mempunyai suami seperti dia (menampar kepala Ilsuh) dan membuat diriku ini dalam bahaya seumur hidupku.  Betapa beruntungnya diriku ….  (berteriak pada Ilsuh) Keluar! Aku suruh kau keluar sekarang!

Ilsuh memohon pada istrinya kalau ia keluar sekarang maka Mandol akan memukulinya sampai mati. Ilsuh meminta uang simpanan pada istrinya. Haman mengatakan kalau ia tidak punya uang, tapi Ilsuh menunjukkan uang di belakang istrinya yang belum sempat  disembunyikan dengan baik oleh Haman. Tapi Haman menolak untuk menggunakan uangnya membayar hutang judi Ilsuh. Ilsuh bertanya jadi apakah ia membiarkannya mati.  Ilsuh kemudian tidur dan mengangkat kakinya dan menggoyangkannya ( ayak bayi kalo lagi nangis atau minta sesuatu …😀 ) sambil berulangkali mengatakan kalau Goo Ilsuh akan mati. Istrinya sangat kesal dengan perilaku Ilsuh. Haman mengatakan kalau uang simpanannya itu dari hasil dia berkeliling ke semua tempat untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Tanpa uang itu maka artinya mereka sama seperti pengemis di jalanan yang tidak memiliki uang sepeserpun. Jadi Haman menolak untuk memberikannya pada Ilsuh. Ilsuh kemudian berkata kalau Haman tidak mau membayarkan hutangnya dengan uang itu, maka hanya ada satu cara …. (nah ketahuan belangnya … ahahahaha) … yaitu pergi melarikan diri. Haman bertanya kalau mereka akan pergi kemana. Ilsuh menjawab kalau hanya di sekitar sini maka Mandol akan menemukan mereka, jadi mereka harus pergi jauh. Haman bertanya lagi ke mana mereka akan pergi ….

Malam harinya keluarga Ilsuh pergi mengendap-endap menghindari mata para “penagih hutang”. Pada dasarnya itu semua adalah rencana Ilsuh jadi tidak ada orang yang mengejar mereka, tapi Ilsuh terus saja berpura-pura seperti mereka sedang diburu oleh penagih hutang ….. ( mantep banget tuh lagaknya apalagi diiringi lagunya … lucu banget  …. Ahahahaha, ketawa sampe sakit perutku😀 )

Di Istana saat pagi hari, Jang Hak Dok Hur June, dan Lee Myung Won sedang piket pagi membersihkan halaman departemen medis. Mata dr. Jang jelalatan dan menemukan seorang perawat muda yang cantik, matanya langsung menatap terus pada perawat itu sambil bergumam betapa cantiknya dia.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Perawat itu memberi hormat pada Jang, Jang membalas hormat seperti orang bodoh … dan mengulang betapa cantiknya perawat itu.  Perawat itu pergi sambil tersenyum. Jang berkata pada dirinya dan rekannya, kalau gadis perawat itu lebih baik menjadi gisaeng daripada perawat medis karena ia belum pernah bertemu gadis secantik itu di gibang sekitar Istana.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Lee Myung Won mengatakan kalau itu merupakan kebiasaan mesum dari  Jang Hak Do. Hur June mendengar semua itu dan tersenyum geli.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Akhirnya setelah beberapa episode kita tidak melihat Ye Jin, sekarang Ye Jin masuk ke Istana di bagian perawat Rumah Sakit Umum Istana dan terlihat bersama Lee Jung Myun, wakil direktur dari Departemen Urusan Dalam Istana, yakni pria yang pernah menolongnya saat mau diculik oleh orang-orang Hansang, pegawai Doji.  Lee Jung Myun menanyai seorang perawat apa Duk Geum ada di tempat itu. Perawat itu mengiyakannya kemudian pergi memanggilkan kepala perawat Duk Geum. Lee dan Ye Jin mengikuti perawat itu.

Kepala Perawat Duk Geum dan Hong Chun menemui Lee dan memberi hormat padanya. Lee memberitahu Duk Geum kalau Ye Jin adalah nona yang telah ia bicarakan padanya sebelum ini. Ye Jin memberi hormat dan memperkenalkan dirinya.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Hong Chun kemudian mengatakan pada Lee kalau untuk merekrut seorang perawat medis haruslah seorang gadis yang masih muda, memahami 1000 karakter huruf Mandarin, Hyo Gyung dan Jung Sok Pyun selama 3 tahun. Dan juga harus membaca buku medis seperti Dong In Gyung, San Suh, dan Hwa Je Boo In Moon. Tanpa itu semua maka tidak dapat menjadi perawat medis.  Lee menyahut kalau mereka tidak perlu khawatir mengenai hal itu, karena Ye Jin tidak hanya memahami 1000 karakter huruf Mandarin, dan Hyo Gyung, tapi juga Non Uh dan Dae Hak. Dan juga Ye Jin dibesarkan di klinik pengobatan sejak masih kecil sehingga keahlian medisnya lebih dari cukup untuk merawat pasien-pasien biasa.  Hong Chun masih mau berargumen tapi Kepala Perawat menegurnya dan mengatakan pada Lee kalau ia akan mengurus Ye Jin.

Lee mengajak bicara Ye Jin berbicara secara pribadi, ia mengatakan kalau sebenarnya ia lebih suka menghentikan Ye Jin dari sekarang, karena Ye Jin tidak tahu kalau banyak sekali kesulitan yang nantinya akan dihadapinya untuk menjadi seorang perawat medis. Ye Jin tetap teguh dengan niatnya dan mengatakan kalau ia telah memutuskan untuk merawat para pasien seumur hidupnya dan bersedia untuk menghadapi kesulitan macam apapun juga. Lee bertanya apa ia pikir kalau perawat medis hanya merawat para pasien. Ye Jin tidak mengerti. Lee mau memberitahunya tapi kemudian membatalkannya dan mengatakan kalau Ye Jin nanti perlahan-lahan pasti tahu. Lee juga memberitahu Ye Jin kalau ia akan segera dipindahkan ke biro polisi, dan karena Ye Jin nanti diijinkan untuk keluar Istana sesekali, Lee berharap jika Ye Jin ada kesulitan atau masalah untuk datang dan mengunjunginya sembarang waktu. Ye Jin sangat berterimakasih karena semua kebaikan dari Lee dan tidak tahu bagaimana ia bisa membayarnya, Lee kemudian pergi.  Dua orang perawat medis mengawasi Ye Jin dan Lee dari kejauhan.

Hongchun menegur Ye Jin dan menyuruhnya untuk segera masuk.Para perawat berkumpul menunggu Hongchun dan Ye Jin,.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Ye Jin kemudian disuruh duduk di tengah di antara para perawat. Kepala Perawat memperkenalkan Ye Jin pada semua gadis perawat dan memberitahu semuanya kalau Ye Jin akan menjadi perawat medis sama seperti mereka. Karena sekarang adalah pertama kalinya Ye Jin di Istana, maka Kepala Perawat meminta para gadis perawat untuk membimbing Ye Jin mengenai peraturan dan linkungan Istana. Ye Jin ditempatkan di kamar bersama dengan Chae Sun, perawat cantik yang pagi-pagi digoda dr. Jang. Ye Jin kemudian disuruh mengambil tempat di antara para gadis perawat.

Chae Sun dipanggil maju ke depan dan ditegur karena senyam-senyum kepada para pria saat ia masuk ke departemen medis maupun saat ia pulang. Chae Sun mencoba membela diri, tapi Hong chun memarahinya lebih keras. Karena sikap Chae Sun yang seperti itu makanya kepala dayang di Paviliun Soo Sung Mama berkomentar tentang Chae Sun.  Chae Sun dihukum dipukul di betisnya Chae Sun meminta ampun selama dipukuli.

Doji memberitahu para dokter baru kalau tidak sembarang orang dapat menyentuh tubuh Raja, karena itu mereka harus dapat mengetahui kondisi badan seseorang tanpa memeriksa nadinya. Jang Hak Do bertanya bagaimana caranya mereka bisa tahu kondisi seseorang jika tidak memeriksa nadi. Doji meminta dokter Chung untuk menyuruh petugas yang menunggu di luar masuk ke dalam, dr. Chung bergegas melakukannya. Ia masuk kembali bersama seorang kasim yang membawa baskom emas dengan tutup berornamen naga.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Doji: Ini adalah Mae Woo Teul.

Lee Myung Won: Apa itu?

Doji: (pada dr. C) Kenapa tidak kau saja yang menjelaskannya?

Dr. Chung : Sebelum aku menjelaskannya, ada sesuatu yang perlu kalian ketahui dahulu. Ketika kalian menghadap pada Raja dan keluarga raja, kalian harus menggunakan tata krama dan cara bicara yang pantas. Kalian lebih baik mencatatnya.  (Semua dokter baru mengambil alat tulis mereka) Mata Raja disebut An Jung, alisnya An Jung Sup, air mata Ok Ru, tangannya Uh Soo / Ok Soo, jari-jari Soo Ji, dan kaki Jok Jang, keringat disebut Han Woo, darah adalah Hyul, air seni adalah Ji, tahi adalah Mae Woo.

Jang Hak Do: Kalau begitu Mae Woo Teul mungkinkah ….

Dr. Chung: Itu adalah baskom dengan Mae Woo Raja.

Doji: Kalian pasti menyadari sebagai dokter, kalau tahi seseorang berbeda berdasarkan dari kondisi kesehatannya. Salah satu cara untuk memeriksa kesehatan raja adalah ini. Jika kalian tidak bisa memutuskannya dari penampilan luarnya maka setiap komponennya harus diteliti. Dan jika itu masih belum cukup maka kalian juga harus dapat merasakannya juga. (Semua dokter baru tertegun) Aku akan pergi ke gudang obat untuk sementara. Kalian semua harus melihatl Mae Woo Raja dan beritahukan padaku mengenainya.

Dr. Chung dan Doji pergi ke luar ruangan.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Jang Hak Do: (berdiri dan mengintip baskom emas) Kupikir tahi Raja pastinya memiliki bau yang enak, tapi ternyata baunya sama dengan milik kita semua. Ah tidak, justru lebih tidak enak.  (Semua orang tertawa)

Hur June mengingat ajaran dr. Yoo

Dr. Yoo: Apakah kau sudah mengambil tahi pasien?

Ohgun: Ya.

Dr. Yoo: Bawa kemari!

Ohgun mengambil baskom kuningan berisi tahi pasien dan diletakkan ke depan dr. Yoo. Dr. Yoo kemudian membuka baskom itu.

Dr. Yoo: (pada Hur June) Lihatlah ke dalamnya.

Hur June: (sedikit ragu-ragu karena jijik) Baik … (Hur June mengintip isi baskom)

Dr. Yoo: Bagaimana?

Hur June: Warnanya merah kehitaman dan ia menderita diare.

 Dr. Yoo: Apa penyebabnya?

 Hur June: (menunduk) Aku tidak tahu.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

 Dr. Yoo memasukkan tangannya ke baskom dan merasakannya dengan tangan. Hur June tercengang, Ohgun mau muntah.

 Dr. Yoo: ini adalah Yulli, tergantung penyebab sakitnya, warna dari tahi bisa berubah. Jika diare seseorang berwarna keputihan atau kebiruan itu disebabkan karena tubuh bagian dalamnya dingin.  Jika kekuingan atau kemerahan atau kehitaman, itu karena panas. Jika kekuningan, itu karena hawa panas di limpanya. Kalau berwarna hitam itu karena tubuhnya mengalami panas yang hebat.

Yulli adalah sejenis disentri dikarenakan adanya Yuldok di usus besar.

Doji menemui dr. Chung dan bertanya bagaimana keadaan para dokter baru. Dr. Chung menjawab bagaimana para dokter bisa tahu kondisi kesehatan raja hanya dengan melihat Mae Woo Raja, dan kelihatannya mereka dalam kesulitan. Doji menyahut kalau itu pasti.  Dr. Yang diiringi dr. Kim dan dr. Song mengadakan inspeksi ke tempat pelatihan dokter baru. Dr. Yang betanya pada Doji  apakah pelatihan dokter baru berjalan dengan baik. Doji mengatakan kalau semuanya lancar dan sekarang sedang ia beri tugas untuk melihat Mae Woo Teul.  Dr. Yang sangat senang karena ini pasti sangat lucu jadi ia ingin melihatnya juga.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Semua dokter baru sedang kebingungan. Mereka berunding tapi tidak dapat menentukan jawabannya. Dr. Yang masuk ke dalam ruangan, semua berdiri untuk memberi hormat tapi dr. Yang menyuruh mereka untuk duduk, dan mengatakan pada Doji untuk melanjutkan dan tidak usah mempedulikannya. Doji kemudian bertanya pada para dokter apakah mereka sudah melihat Mae Woo Teul, dan adakah di antara mereka yang dapat memberitahu mengenai kondisi dari Raja. Mereka semua diam.

Dr. Chung kemudian menegur mereka karena tidak memberikan jawaban sedikitpun. Doji menunjuk pada Jang Hak Do yang kaget, ia kemudian mengatakan kalau ia tahu ini adalah tugas yang penting bagi mereka untuk menjaga kesehatan dari Raja.tapi ini keterlaluan kalau sampai mereka juga diharuskan untuk memeriksa Mae Woo nya juga. Jang melanjutkan kalau mereka masuk ke Istana bukan untuk memeriksa tahi. Dr. Chung sangat marah dan menyuruhnya tutup mulut, dr. Kim juga ingin menegur tapi dihalangi oleh dr. Yang. Doji segera menegur dengan mengatakan kalau kondisi kesehatan Raja sangat berkaitan erat dengan kesejahteraan negara, dan dengan berpikiran seperti itu bagaimana bisa ia berpikir untuk  menjadi seorang dokter Istana. . Jang Hak Do tertunduk. Doji melanjutkan kalau pelatihan ini menentukan karir mereka di masa yang akan datang jadi semuanya harus benar-benar mengingat itu.

Dr. Lee mencoba mencairkan suasana dengan mengatakan kalau ia juga sudah melihat tapi sulit untuk menentukan kondisi kesehatan raja jika hanya melihat Mae Woo nya saja.  Doji bertanya lagi pada semua dokter yang lain, apa mereka juga berpikiran sama dengan Lee. Doji menganggap kalau mereka memang tidak memiliki pengetahuan itu jadi akan menerangkannya, tapi Hur June menyelanya.

Hur June: Na Li, Sang Gwang Mama (Raja) kelihatannya memiliki gejala Seup Ri.

Seup Ri sejenis disentri yang disebabkan oleh Seup Sa.

Doji dan para dokter senior kaget, sedangkan para dokter baru hanya saling memandang. Dr. Yang mengawasi Hur June.

Doji: Kenapa kau berbicara begitu?

Hur June: Sang Gwang Mama memiliki diare seperti jus kedelai hitam. Dan berdasarkan yang kutahu, ini adalah gejala dariSeupRi.

Dr. Yang: Apakah kau juga tahu warna apa yang terlihat jika kau menderita penyakit yang lain?

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Hur June: Merah kehitaman jika Yulli, warna keputihan dan seperti tahi bebek jika menderita Halli, berwarna kebiruan jika menderita Poongli, seperti buih kepiting jikaJiRi, dan seperti air berwarna kekuningan kalau Jukli.

Yang Yesu mengangguk-angguk sangat puas, sebaliknya Doji sangat kesal.

Malamnya Doji dan dr. C minum-minum di gibang ditemani oleh 2 gisaeng. Dr. C dan Doji merasa terancam dengan keberadaan Hur June, yang mulai disukai oleh dr. Yang dan para dokter senior lainnya.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Lee Jung Myun mabuk di gibang yang sama dengan Doji dan dr. C, mereka bertemu di tengah jalan, Lee menyebut Doji sebagai seorang laki-laki yang jahat. Doji kaget dan mencoba untuk bertanya tapi Lee Jung Myun meninggalkannya sambil menyebutnya lagi kalau Doji adalah  orang yang sungguh jahat…..

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Chae Sun mengajak Ye Jin ke kamarnya yang sekarang juga menjadi kamar Ye Jin. Saat Ye Jin berkemas, Chae Sun bertanya mengenai pria tampan yang bersama Ye Jin tadi. Ye Jin tersenyum dan menjawab kalau itu adalah Tuan Lee Jung Myung, pejabat tingkat ke-6. Chae Sun sangat kagum, bukan saja dia tampan tapi juga berkedudukan tinggi. Chae Sun bertanya bagaimana Ye Jin mengenalnya, karena para tetua mengatakan kalau Tuan Lee itu ingin menjadikan Ye Jin sebagai istri kedua tapi tidak dapat jadi ia menyembunyikan Ye Jin di tempat ini. Ye Jin hanya tersenyum dan tidak menjawabnya. Chae Sun ternyata adalah biang gosip, ia memberitahu ini itu pada Ye Jin. Chae Sun juga memanggil Ye Jin dengan “Songnim” (kakak perempuan), Ye Jin terkejut dan menolak karena Chae Sun lebih senior darinya di tempat itu, tapi Chae Sun mengatakan kalau ia lebih nyaman menjadi yang lebih muda, jadi Ye Jin terpaksa meneerimanya.

Saat Chae Sun memaksa untuk menatakan bajunya, ia terjatuh dan merasa sakit di bagian betisnya yang bekas dipukuli. Ye Jin mencoba untuk mengobatinya, tapi Chae Sun mengatakan kalau ia tidak apa-apa, karena sepertinya setiap tiga hari ia selalu dipukuli jadi hanya dengan pasta kedelai yang dioleskan dilukanya nanti pasti akan sembuh. Ye Jin tersenyum mendengarnya, kemudian ia mengatakan kalau pasta kedelai memang bagus untuk mendinginkan lukanya, tapi untuk mencegah bernanah dan untuk memulihkan kulit seperti sedia kala, lebih bagus menggunakannya bersama dengan Oh Juk Gol atau madu.

Oh Juk Gol adalah tulang cumi-cumi kering yang dapat melancarkan peredaran darah dan menyembuhkan luka dengan cepat.

Tengah malam dua orang perawat mendatangi Ye Jin dan membangunkannya kemudian menyuruhnya mengikuti mereka. Ternyata sekelompok gadis perawat sudah menantinya. Pimpinan para gadis itu tidak terima jika seorang gisaeng, yang pandai memikat pria dengan wajah cantiknya, datang ke tempat mereka Apalagi mereka bekerja keras supaya dapat masuk ke tempat mereka sekarang sedangkan Ye Jin dengan mudahnya masuk begitu saja. Ye Jin tidak terima kalau dirinya disamakan dengan gisaeng, dan ia juga meminta maaf kalau tiba-tiba datang dan masuk di antara mereka seperti itu, tapi dia bukanlah seorang yang tidak terlatih dalam bidang medis. Pimpinan gadis itu ingin memelonco Ye Jin dengan menyuruh rekan-rekannya melepaskan baju Ye Jin.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Ye Jin berusaha mempertahankan diri tapi gagal, namun sebelum para gadis itu berhasil, seorang gadis perawat lainnya bernama Soo Yeon datang dan menegur mereka.  Salah satu gadis yang berusaha membuka baju Ye Jin mengatakan kalau mereka ingin memberikan pelajaran pada Ye Jin mengenai tata krama dan prinsip di tempat itu. Soo Yeon segera bertanya apa Hongchun tahu mengenai hal ini. Semua gadis termasuk pimpinan mereka terdiam. Soo Yeon kemudian membawa Ye Jin pergi. Saat di luar Ye Jin berterima kasih pada Soo Yeon, tapi Soo Yeon berkata kalau ia juga merasakan hal yang sama seperti mereka yang ada di dalam mengenai keberadaan Ye Jin.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Pagi hari di Istana, Hur June baru saja keluar dari departemen medis tiba-tiba seseorang memanggilnya. Hur June menoleh dan melihat seseorang yang dikenalnya sedang mendatanginya, siapa lagi kalau bukan Ohgun. Ohgun segera membuang barang bawaaanya dan berlari mendatangi Hur June. Hur June juga sangat senang bertemu dengan Ohgun. Ohgun mengatakan kala ia mellihat awan atau merasa kekosongan di hatinya, ia selalu teringat pada Hur June. Ohgun memeluk Hur June. Hur June tersenyum senang dan bertanya bagaimana Ohgun bisa ada di Istana. Ohgun mengatakan kalau cerita sesungguhnya pasti memakan waktu 2 hari penuh, tapi cerita singkatnya seperti ini, Ohgun menemui Tuan Jeon  dan memohon sangat keras padanya sehingga dia akhrinya memberikan posisi pada Ohgun sebagai asisten pengurus Gudang obat perkerjaan di ruang ramuan, dan itu juga mungkin karena disebabkan Ohgun lulus pada ujian pertama. Hur June sangat senang dan mengucapkan selamat padanya. Hur June bertanya apakah Ohgun bertemu dengan dr. Yoo (Doji), Ohgun menjawab kalau ia bertemu dengannya 2 hari yang lalu tapi Doji tidak menghiraukannya. Ohgun mengatakan karena ia sekarang adalah asisten yang kedudukannya lebih rendah maka mulai sekarang ia akan memanggil Hur June sebagai seorang yang lebih tingkatannya.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Dr. Lee dan dr. Jang mencari Hur June dan menemukannya sedang bercakap-cakap dengan Ohgun. Mereka berdua segera memberitahu Hur June kalau dokter pribadi Raja, dr. Yang, memanggil mereka untuk mengadakan rapat. Hur June memperkenalkan Ohgun pada kedua rekannya. Kemudian mereka bertiga pergi.

Semua dokter baru berkumpul dan beberapa dokter senior juga hadir. Dr. Yang memasuki ruangan dan segera memanggil Doji, kemudian mengumumkan kenaikan tingkat dari Doji ke posisi Jikjang (pejabat tingkat 7) karena telah merawat kesehatan Gong Bin Mama dan melatih para dokter baru.. Doji sangat senang. Tugas baru dari Doji adalah bertanggungjawab terhadap gudang obat dan ramuan., tapi juga masih harus merawat Gong Bin Mama.

Doji segera mulai melakukan tugasnya, ia pergi ke gudang obat dan bertemu dengan Ohgun, tapi Doji berpura-pura tidak mengenalnya. Hur June juga ada disanasedang membaca. Doji melihat beberapa karung obat dan bertanya untuk siapa. Ohgun menjawab kalau itu akan dikirimkan ke pusat pengobatan Hyemin (Rumah Sakit Umum Istana). Doji memeriksanya dan menemukan kualitas obat-obatan yang akan dikirim ternyata masih bagus jadi menyuruh Ohgun untuk menggantinya dengan yang lama. Doji kemudian menyuruh Hur June membantu Ohgun untuk membawa semua obat itu ke Hyemin. Hur June mengiyakannya.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Dalam perjalanan mengantarkan obat ke Hyemin, Ohgun bertanya pada Hur June apa ia pernah berkunjung ke Hyemin. Hur June menjawab kalau ia tak pernah kesana. Ohgun mengatakan kalau tidak ada tempat seperti Hyemin, di sanalah semua orang yang tak memiliki uang datang dan membuat pertengkaran seperti sedang ada perang.  Bahkan orang sehat yang masuk akan jadi sakit sekeluarnya darisana.  Ohgun meminta Hur June supaya berhati-hati dalam bertindak sehingga tidak dikirim ke Hyemin.

Ohgun dan Hur June masuk ke Hyemin dan melihat apa yang dikatakan oleh Ohgun tidaklah sepenuhnya salah, tak terhitung banyaknya orang yang ada disanasedang berteriak, memohon untuk diobati dahulu.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Pokoknya serba kacau dan menyedihkan seperti neraka layaknya. Hur June tertegun dan merasakan panggilan hatinya. Ohgun menunjuk pada seorang dokter dan mengatakan kalau melihat orang itu saja bulu kuduknya bisa berdiri, Ohgun kemudian mengambil bungkusan dari Hur June dan berjalan ke arah dokter itu.  Ohgun menyapa dokter itu dan mengatakan kalau obat-obatan yang ia minta sudah datang. Dokter itu menyuruhnya meletakkan di sebelah seorang pasien. Ohgun kemudain berpamitan, tapi belum 10 langkah ia sudah disuruh berhenti, dokter itu kemudian mencengkeram bajunya dan memakinya. Ohgun ketakutan dan bertanya mengapa ia melakukan ini.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Dokter galak itu mengatakan bagaimana bisa ia memberikan obat-obaran yang sudah lama pada pasien di tempatnya. Bahkan obat-obatan ini pun tidak layak diberikan pada babi. Hur June hanya mengamati dari samping.  Ohgun mengatakan kalau ia hanya mengirimkan apa yang diperintahkan oleh penanggung jawab gudang obat yang baru. Dokter itu bertanya siapa orangnya. Ohgun mengatakan kalau dia adalah dr. Yoo Doji. Dokter itu melepaskan cengkeramannya pada baju Ohgun sambil mendorongnya sampai jatuh.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Dokter itu segera memanggul karung obat dan pergi menuju gudang obat dengan berlari.  Hur June menolong Ohgun bangun. Ohgun kemudian mengajak Hur June untuk menyurusl dokter galak tadi.

Huh Joon - Sinopsis Drama Korea - https://sinopsisdramakorea.wordpress.com

Melihat ada sedikit ribut-ribut, Ye Jin yang sedang membawakan ramuan obat untuk pasien di Hyemin, menoleh dan hanya melihat punggung dari Ohgun dan Hur June. …

7 comments on “Hur June / Huh Joon [The Way Of Medicine] – Episode 33

  1. Gt aja repot, Yulli=tuli=pnyakit telinga, poongli=pungutan liar=pnyakit hati, hilli=darahnya hilir mudik=darah kotor, jiri=iri hati=pnyakit hati jg tp krönis, hehe

Jangan lupa meninggalkan jejakmu ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s